hal lamaran kerja


KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
PENDAHULUAN
9
BAB
MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA DAN RIWAYAT HIDUP
Oleh: Aam Bastaman SE. M.Si
PENDAHULUAN
espsK
mampuan membuat surat lamaran kerja dan riwayat hidup angat diperlukan oleh setiap angkatan kerja, terlebih lagi buat ara lulusan perguruan tinggi baru (fresh graduates). Membuat urat lamaran kerja dan riwayat hidup merupakan langkah awal seorang calon professional mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
Surat lamaran kerja pada dasarnya merupakan surat permohonan untuk dipertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran kerja haruslah dapat menjual, karena mewakili diri sendiri dihadapan pihak pemberi kerja.
Surat lamaran kerja harus disertai resume atau riwayat hidup sebagai bagian yang tidak terpisahkan. Riwayat hidup berisi tentang uraian data pribadi, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, aktifitas sosial, penghargaan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi mengenai riwayat diri yang berkaitan dengan dunia profesional.
9.1. 1
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
Seperti halnya surat lamaran kerja, riwayat hidup mewakili diri kita sendiri. Menjelaskan gambaran mengenai siapa kita secara professional. Riwayat hidup yang baik adalah yang bersifat informatif, jelas, dapat menggambarkan diri secara positif dan jujur, sehingga diharapkan dapat “menjual”.
Untuk itu dengan pembahasan topik ini para mahasiswa dapat mempunyai nilai tambah dan sebagai bekal dalam melakukan lamaran kerja sehingga mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk diterima.
Modul ini akan membahas mengenai teknik-teknik membuat surat lamaran kerja dan menulis riwayat hidup yang efektif, sehingga bisa “menjual” diri si pelamar, yang akan dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan belajar, yang terdiri atas:
1) Teknik-teknik membuat surat lamaran kerja, sehingga bisa menjual.
2) Menulis riwayat hidup yang efektif.
Dengan mempelajari modul ini dengan baik dan benar, diharapkan Anda dapat memahami teknik-teknik dalam membuat surat lamaran kerja dan riwayat hidup secara efektif, sehingga memberikan peluang yang lebih besar untuk dipanggil dalam proses seleksi berikutnya, antara lain wawancara kerja. Setelah mempelajari modul ini diharapkan anda dapat:
a. Memahami dan menguasai teknik-teknik penulisan surat lamaran kerja yang efektif.
b. Mampu dan menguasai teknik penulisan berbagai jenis daftar riwayat hidup yang efektif dalam rangka melamar pekerjaan.
c. Mampu menulis surat lamaran dan riwayat hidup yang dapat “menjual”.
9.1. 2
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
Menguasai
Membuat Surat Lamaran Kerja
TOPIK1
A. PENGERTIAN SURAT LAMARAN KERJA
Surat lamaran kerja adalah surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan dan biasanya dilengkapi dengan riwayat hidup. Dalam surat lamaran kerja yang harus anda tulis dan jelaskan adalah kemampuan–kemampuan yang dimiliki oleh pelamar sesuai dengan posisi atau jabatan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam surat lamaran anda hanya menuliskan poin-poin penting yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan.
Dalam menulis surat lamaran juga dapat dilakukan dengan pendekatan AIDA, yaitu: Attention, Interest, desire, dan Action, dengan perincian sebagai berikut:
1. Attention (perhatian).
Prinsip pertama dalam penulisan surat lamaran adalah menarik perhatian artinya pelamar kerja harus dapat meyakinkan kepada pembaca bahwa anda memiliki sesuatu yang bermanfaat atau dapat menumbuhkan rasa tertarik bagi pembacanya.
2. Interest (menarik)
Prinsip kedua dalam penulisan surat lamaran kerja adalah interest (menarik) artinya bahwa dalam penulisan surat lamaran kerja harus dapat menarik perhatian pembaca dengan menjelaskan relevansi pesan-pesan yang anda sampaikan dalam surat lamaran kerja kepada pembaca. Maksudnya pelamar
9.1. 3
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
menjelaskan relevansi kemampuan yang dimiliki dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.
3. Desire (hasrat)
Prinsip ketiga dalam penulisan surat lamaran kerja adalah desire (hasrat)
artinya bahwa dalam penulisan surat lamaran kerja anda harus dapat menumbuhkan hasrat pembaca untuk dapat mengetahui lebih jauh terhadap apa yang sudah pelamar tuliskan dalam surat lamaran kerja.
4. Action (tindakan)
Prinsip ke empat dalam penulisan surat lamaran kerja adalah action (tindakan) artinya bahwa dalam penulisan surat lamaran kerja pelamar harus dapat memberikan saran kepada pembaca untuk mengambil suatu tindakan tertentu yang berkaitan dengan harapan pelamar kerja dalam menulis surat lamaran kerja.
1. Pengorganisasian Surat Lamaran Kerja
Secara umum pengorganisasian penulisan surat lamaran kerja memiliki tiga bagian utama, yaitu: paragraf pembuka, paragraf pertengahan dan paragraf penutup. Masing-masing paragraf tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
.
1) Paragraf pembuka
Surat lamara kerja harus menyatakan secara jelas bahwa anda sedang
melamar suatu pekerjaan, karenanya dalam surat lamaran anda perlu mengidentifikasikan jenis pekerjaan yang anda minati. Surat lamaran yang baik perlu mencamtumkan hal-hal sebagai berikut dalam bagian pembukaannya:
a. Rangkuman
Pada bagian awal surat lamaran kerja kemukakan kualifikasi yang anda
miliki, yang paling relevan dengan jabatan atau posisi yang diinginkan dan
jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan menguntungkan/ memberikan
manfaat bagi perusahaan atau lembaga yang anda lamar.
9.1. 4
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
b. Nama referensi
Anda dapat menyebutkan nama seseorang yang sudah dikenal oleh
pembaca (yang menawarkan kerja) atau seseorang yang menyarankan
anda untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau lembaga tersebut.
c. Sumber publikasi
Sebutkan dari mana anda mendapatkan informasi tentang adanya
lowongan kerja di perusahaan tersebut. Sumber informasi ini antara
lain: surat kabar, majalah, radio, dan lain-lain.
d. Pertanyaan
Gunakan kalimat tanya pada awal paragraf untuk menarik perhatian pembaca yang menunjukkan bahwa anda mengetahui masalah, kebutuhan, dan tujuan suatu organisasi, dan anda mempunyai keinginan untuk membantu memecahkan masalah tersebut. Hal ini akan memberikan manfaat bagi pembaca.
e. Cuplikan berita
Dalam kalimat pembuka anda dapat mengambil cuplikan berita surat kabar atau majalah dimana suatu perusahaan sedang merencanakan membuka kantor cabang atau memperkenalkan produk baru atau memerlukan tenaga operator dan sebagainya.
2) Paragraf pertengahan
Dalam paragraf pertengahan anda perlu menyajikan kualifikasi diri anda untuk suatu pekerjaan yang anda inginkan. Kemudian usahakan kejelasan dalam paragraf ini benar-benar diminati (interest) dan sangat diharapkan (desire) oleh pembaca. Penyajian kualifikasi diri melihat dari sudut pandang yang mencakup:
9.1. 5
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
a. Pendidikan
Pada bagian pendidikan menunjukkan bahwa anda mempunyai latar belakang dalam dunia bisnis yang cukup luas serta bidang tertentu yang cukup luas, kemudian menjelaskan bagaimana pendidikan kita relevan dengan perkerjaan yang anda cari.
b. Pengalaman kerja
Berbagai jenis pekerjaan yang anda pernah lakukan terutama yang berhubjngan dengan pekerjaan yang anda lamar, akan membantu memperkuat kualifikasi anda. Dalam hal ini, pelamar perlu menyatakan secara jelasberbagai fungsi atau kegiatan yang dapat plamar lakukan. Atas dasar itu pelamar dapat menunjukkan kepada calon pemberi kerja, bahwa:
-Anda memperoleh suatu pengalaman yang dapat membantu mempercepat penyelesaian pekerjaan
-Anda akan dapat melakukan adaptasi dengan lingkungan baru anda dan bekerja sama dengan mereka
-Anda dapat memikul tanggungjawab suatu pekerjaan dengan baik
-Anda adalah orang yang mampu bekerja keras
c. Sikap, minat dan kualitas
Disini anda dapat memberikan informasi tambahan bahwa anda dapat bekerja sama dengan orang lain, kemudian sikap anda terhadap bidang pekerjaan, perusahaan, suasana kerja dan kualitas personal (kegiatan ekstra kurikuler dan sebagainya).
3) Paragraf penutup
Pada paragraph terakhir dari surat lamaran kerja anda umumnya berisi harapan tindakan dari pembaca atau perusahaan. Jelaskan pada paragraf penutup bahwa anda dapat melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang telah disediakan oleh organisasi perusahaan atau lembaga yang dilamar.
9.1. 6
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
B. BEBERAPA SARAN DALAM MENULIS LAMARAN KERJA
Ada hal dimana pelamar tidak boleh lupa adalah bahwa pelamar sedang “menjual potensi diri” kepada calon pemberi kerja (perusahaan) secara tertulis, mencakup kepribadian, kualifikasi diri, pelatihan yang pernah diikuti, pengalaman kerja, dan hobi pelamar. Oleh karena itu surat lamaran kerja dapat juga dikatakan sebagai surat penjualan. Sebagai surat penjualan, paling tidak harus mudah dipahami, jelas, ringkas, tepat atau sesuai dengan pekerjaan, dan rapih dalam penampilan.
1. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Pelamar
Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan pelamar dalam menulis surat lamaran kerja:
1) Pelamar harus mempunyai pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dikehendaki.
2) Bangkitkan minat pembaca terhadap kualifikasi yang pelamar miliki.
3) Tonjolkan hal-hal positif
4) Usahakan surat lamaran kerja rapih dan menarik
5) Tulislah surat dari sudut pandang pembaca, bukan penulis
6) Tekankan hal-hal yang membedakan pelamar dengan pelamar-pelamar lainnya
2. Hal-Hal yang Harus Pelamar Hindari
Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari pelamar dalam menulis surat lamaran kerja:
1) Jangan melamar pekerjaan diluar kemapuan si pelamar sendiri
2) Jangan mengirimkan surat lamaran foto copy
3) Jangan mengatakan bahwa anda menerima pekerjaan apa saja
4) Hindari kata-kata bombastis
5) Jangan meminta belas kasihan dari calon pemberi kerja (perusahaan)
6) Hindari untuk mempertanyakan gaji duluan
7) Jangan memberi komentar langsung tentang karakter anda
9.1. 7
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
3. Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja
Berikut ini disampaikan beberapa contoh surat lamaran kerja, yang biasa dipakai secara umum (terlampir):
1) Contoh surat lamaran dalam bahasa Indonesia
2) Contoh surat lamaran dalam bahasa Inggris
9.1. 8
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
1) Contoh surat lamaran dalam bahasa Indonesia:
Tangerang, 2 Juli 2005
Kepada Yth.
Manager HRD
PO BOX 007
Jakarta, 10100
Dengan hormat,
Iklan Bapak/Ibu di Kompasiana tanggal 30 Juni 2005 mengenai lowongan untuk posisi Sales Manager di perusahaan Bapak/Ibu menarik perhatian saya, karena saya memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan untuk posisi tersebut. Disamping mempunyai latarbelakang pendidikan yang mendukung, saya juga mempunyai pengalaman 3 tahun sebagai seorang Sales Manager.
Saya berusia 26 tahun, menikah, dan memiliki kesehatan yang sangat baik yang memadai. Saya lulusan STEKPI School of Business and Management dengan IPK 3.99. Disamping itu saya telah menyelesaikan pendidikan bahasa Inggris saya di English Learning sampai tingkat advance English.
Pada saat ini saya adalah seorang Sales Manager di sebuah perusaahan nasional yang bergerak dibidang kosmetik dan sudah bekerja selama 2 tahun. Saya mencari kesempatan kerja yang lebih menantang, untuk memperluas wawasan dan pengalaman sebagaimana yang ditawarkan oleh perusahaan Bapak/Ibu.
Saya sangat gembira jika Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan prestasi dan kualifikasi saya. Saya bersedia untuk diwawancarai kapan saja sesuai dengan waktu Bapak/Ibu.
Hormat saya,
Wira Kusumah
9.1. 9
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
2) Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris:
Jakarta, August 2, 2005
Ms. Marilyn Summer
Director of Administration
PT. Circle Indonesia
Jakarta.
Dear Ms. Summer,
Based on several years of marketing experience, I wish to apply for the position of regional sales manager. My back ground includes sales and administration knowledge that would benefit your organization.
During my year at PT Doran Indonesia, sales in my territory expanded at an annual rate of ten percent. After four years of the job, I was given the additional responsibility of training our new sales personnel. This experience has prepared me to coordinate the effort of the entire West Java sales force.
I hope we can meet in the immediate future to discuss my qualifications in detail. Please contact me during business hours at 021-554433. I lookforward to contributing my knowledge and expertise to the continued success of your organization.
Sincerely,
Kusuma Dimaja
9.1. 10
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
LATIHAN
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, silakan anda mengerjakan latihan berikut ini !
1) Apa yang dimaksud dengan surat lamaran kerja?
2) Jelaskan bagaimana organisasi sebuah surat lamaran kerja!
3) Apa saja yang disampaikan dalam bagian paragraf pembuka?
4) Apa saja yang harus dituliskan pada paragraph pertengahan!
5) Apa saja yang harus dituliskan pada paragraf penutup?
6) Sebutkan beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja !
7) Sebut dan jelaskan hal-hal yang perlu anda hindari dalam menulis surat lamaran kerja ?
8) Apa yang dimaksud dengan menulis surat lamaran dan resume pada dasarnya anda menjual “potensi diri anda”!
Oleh karena itu pembuatan surat lamaran kerja harus dilakukan secara professional, karena dapat mencerminkan pribadi si pembuatnya.
RANGKUMAN
Surat lamaran kerja dan riwayat hidup (resume) merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan professional anda. Surat lamaran kerja merupakan langkah awal untuk memasuki dunia kerja professional. Oleh karena itu membuat surat lamaran kerja harus dilakukan secara baik, karena surat lamaran dapat mencerminkan profesionalitas pembuatnya.
Surat lamaran kerja yang baik umumnya terdiri dari tiga bagian, yaitu: paragraf pembuka, paragraf pertengahan dan paragraf penutup.
Pendekatan AIDA (attention, Interest, desire dan action) juga dapat digunakan dalam membuat surat lamaran kerja, supaya surat lamaran kerja kita dapat “menjual”, menarik perhatian dan dengan penuh minat dibaca oleh calon pemberi kerja. 9.1. 11
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
TESFORMATIF1
Pilih salah satu jawaban yang paling tepat dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan !
1) Dalam menulis surat lamaran kerja perlu ditulis dan dijelaskan kualifikasi, sebagai berikut:
A. Kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh pelamar sesuai dengan posisi atau jabatan yang ditawarkan*
B. Riwayat pekerjaan secara detail
C. MInat dan harapan pekerjaan
D. Permintaan untuk dapat diterima
2) Prinsip pertama dalam menulis surat lamaran kerja adalah menarik perhatian (attention), artinya:
A. Pelamar memoles kualifikasinya sesuai dengan permintaan
B. Pelamar harus dapat meyakinkan bahwa ia memiliki sesuatu yang bermanfaat sehingga menumbuhkan rasa tertarik bagi penerima *
C. Pelamar menulis sesuatu yang dapat menarik perhatian, kalau perlu berbohong
D. Pelamar menuliskan apa adanya
3) Menyebutkan referensi dalam lamaran kerja artinya:
A. Anda menyebutkan nama seseorang diluar keluarga inti yang dapat memberikan keterangan mengenai hal-hal positif mengenai diri anda*
B. Anda menyebutkan nama atasan anda
C. Anda menyebutkan nama dosen anda
D. Anda menyebutkan seseorang yang mengenal anda
4) Berikut ini beberapa rekomendasi dalam menulis surat lamaran kerja, kecuali:
A. Harus mudah dipahami
9.1. 12
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
B. Jelas dan ringkas
C. Tepat atau sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan
D. Memuat gaji yang diharapkan*
5) Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pelamar, kecuali:
A. Harus mempunyai pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar
B. Meminta diterima karena akan menunjukkan komitmen dan dedikasinya*
C. Menonjolkan hal-hal positif mengenai diri anda
D. Tekankah hal-hal yang membedakan pelamar dengan pelamar lainnya
6) Berikut ini beberapa hal yang harus pelamar hindari dalam menulis surat lamaran kerja, kecuali:
A. Jangan melamar pekerjaan diluar kemampuan
B. Bersikap profesional
C. Jangan mengatakan anda akan menerima pekerjaan apa saja yang ditawarkan perusahaan
D. Jangan meminta belas kasihan*
7) Pelamar perlu menyatakan secara jelas pengalaman kerja sebelumnya. Dalam rangka memulai karir yang baru anda perlu menekankan beberapa hal berikut ini, kecuali:
A. Anda akan dapat melakukan adaptasi dengan lingkungan baru
B. Anda dapat melakukan kerjasama
C. Anda dapat memikul tanggungjawab pekerjaan dengan baik
D. Anda dapat mengatakan harapan gaji yang diminta*
8) Perusahaan akan mempertimbangkan dengan lebih seksama pelamar yang mempunyai kualifikasi dibawah ini, kecuali:
9.1. 13
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
A. Mempunyai kualifikasi pengalaman kerja yang sesuai dengan persyaratan yang diminta
B. Mempunyai kualifikasi pendidikan dan kecakapan yang sesuai dengan persyaratan yang diminta
C. Mempunyai sifat ambisius dan bekerja secara individual*
D. Mempunyai kualifikasi keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh pelamar lainnya
9) Organisasi surat lamaran kerja yang efektif dapat terdiri dari sebagai berikut, kecuali:
A. Paragraf pembuka, pertengahan, dan penutup*
B. Rangkuman, maksud dan tujuan, dan kesimpulan
C. Rangkuman, uraian, dan penutup
D. Maksud dan tujuan, rangkuman, dan kesimpulan
10) Pada paragraf pertengahan menyajikan kualifikasi diri, kecuali:
A. Pendidikan
B. Pengalaman kerja
C. Sikap, minat dan kualitas diri
D. Posisi yang diminati*
Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban Tes Formatif 1 yang terdapat di bagian akhir modul ini, dan hitunglah jumlah jawaban Anda yang benar. Kemudian gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda dalam materi Kegiatan Belajar 1.
Rumus
Tingkat penguasaan = x 100 %
Jumlah jawaban Anda yang benar
10
Arti tingkat penguasaan yang Anda capai:
9.1. 14
KODE MK 106201 / STEKPI / BAB 1X
80 % – 100 % = baik sekali
70 % – 79 % = baik
56 % – 69 % = sedang
< 55 % = Kurang
Kalau Anda mencapai tingkat penguasaan 80 % ke atas, anda dapat meneruskan dengan Kegiatan Belajar 2. Bagus! Tetapi kalau nilai Anda di bawah 80 %, Anda harus mengulangi Kegiatan Belajar 1, terutama yang belum Anda kuasai.
9.1. 15

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s