TPL usu jarinagan komputer (tigas mingguan )


JAWABAN
TUGAS MINGGU I

TIF 205 JARINGAN KOMPUTER

KELOMPOK III :

1. Sebutkan apa itu M-commerce dan kemudian beri tiga contoh dari M-commerce lalu jelaskan dengan singkat fungsi, cara kerja dan kegunaan dari 3 produk tersebut !
Jawaban :
E-commerce merupakan bisnis proses yang dijalankan melalui melalui internet, misalnya transaksi jual-beli barang dan jasa secara online. Bisnis proses ini mungkin dalam bentuk B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to Customer). Defenisi umum ini, tidak membatasi jenis alat yang digunakan oleh end user untuk memperoleh akses ke internet. Oleh karena itu, mobile commerce merupakan bagian dari e-commerce, yang memanfaatkan perangkat mobile atau terminal untuk melakukan transaksi bisnis melalui jaringan teknologi komunikasi mobile.
Jadi mobile commerce merupakan semua transaksi (yang memiliki nilai uang) baik secara langsung maupun tidak langsung melalui jaringan komunikasi nirkabel.
Contoh-contoh dari mobile e-commerce

•SIM Application Toolkit (SAT)
SIM misalnya pada GSM menyimpan data personal pemilik kartu dan dapat diimplementasikan dalam bentuk kartu cerdas (smart card) yang sering disebut kartu SIM. SIM toolkit merupakan spesifikasi SIM dan fungsionalitas terminal yang memungkinkan SIM mengendalikan perangkat mobile untuk beberapa fungsi tertentu. SIM Application Toolkit (SAT) digunakan untuk membuat aplikasi mobile commerce berbasis Short Message Service (SMS).
Dalam sistem berbasis SAT komunikasi antara mobile client dan penyedia layanan dilakukan melalui SMS. SMS digunakan untuk mengidentifikasi dan mengotorisasi pembayaran. Pengguna diidentifikasi dan diotentikasi oleh layanan otentikasi GSM sehingga operator seluler GSM bertindak sebagai perantara antara mobile client, server untuk pembayaran, dan penjual layanan.
SAT menyediakan layanan kerahasian, otentikasi, message replay protection, integritas, tetapi tidak menjamin nirpenyangkalan. Hal ini adalah yang menjadi faktor kelemahan utama pada aplikasi mobile commerce berdasarkan SAT. SAT dapat mendukung standar enkripsi termasuk triple DES. Penyedia layanan menempatkan kunci enkripsi pada SIM sebelum diberikan kepada pengguna. Hal ini memastikan kunci rahasia tidak pernah dikirim melalui saluran komunikasi. Otentikasi dapat dilakukan melalui algoritma enkripsi yang dapat dipilih oleh penyedia sistem pembayaran. Integritas data dijamin melalui pesan ringkas (message digest) seperti SHA dan MD5.
Selain tidak mampu menjamin nirpenyangkalan, SAT juga memiliki kelemahan karena penggunaan kode PIN pada perangkat mobile client. Kode PIN ini biasanya berupa angka 4 dijit yang dapat ditebak dengan relatif mudah oleh pencuri perangkat mobile.
•WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)

WiMAX mempunyai kemampuan dalam transfer data jarak jauh secara wireless, akses
point to point untuk dukungan penuh akses mobile phone, sehingga dapat menjadi
alternatif dari jaringan broadband dengan kabel dan DSL. WiMAX dapat menyesuiakan
dengan jaringan standar IEEE 802.16 ( untuk WiMAX standar IEEE 802.16e).
WiMAX menggunakan frekuensi mulai dari 3.3 GHz, 3.5 GHz, 2.3/2.5 GHz, atau 5 GHz WiMAX secara teori dapat mengirim data sampai kecepatan 70 Mbps dengan jarak 48 km, tetapi pada
prakteknya WiMAX hanya dapat mengirim data pada kecepatan 10 Mbps untuk jarak 10
km untuk daerah yang bebas dari gangguan (di luar kota) dan 10 Mbps untuk jarak 2 km didaerah urban (perkotaan).

2. Sebutkan tiga contoh dari ‘a virtual community, internet community, e-community’ yang 1merupakan contoh dari peer-to-peer system yang berkembangan di internet dan jelaskan fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangan dari contoh-contoh tersebut !

3. Apa itu WAP? Jelaskan dengan singkat. Kemudian sebutkan perkembangan generasi dari WAP hingga saat ini dan jelaskan perbedaan dan perkembangan teknologi yang ada dari masing-masing versi pengembangan tersebut !
Jawaban :
Wireless Application Protocol (WAP) adalah sebuah protocol bagi teknologi untuk menghubungi internet dengan ponsel anda. Teknologi WAP ini sendiri merupakan seperangkat spesifikasi berdasarkan HTML yang memungkinkan data internet untuk bekerja di alat wireless. WAP programming bekerja seperti halnya aplikasi situs web yang diformat khusus untuk peralatan wireless seperti ponsel.
Sejarah WAP dimulai pada awal tahun 1990-an. Beberapa perusahaan yang memproduksi ponsel menyadari bahwa teknologi suara dan komunikasi data wireless akan berkaitan langsung dengan internet. Pada tahun 1997, tiga perusahaan ponsel –Ericsson, Motorola, dan Nokia — dan Unwired Planet memperkenalkan WAP Forum (www.wapforum.com), sebuah organisasi nirlaba untuk menetapkan standar dalam memberikan akses internet ke kelas konsumen melalui alat wireless. Standar ini membantu platform global untuk menciptakan jalur yang berbeda tetapi sejalan dengan internet.

Teknologi WAP memungkinkan layanan informasi bisa menjangkau masyarakat luas. Layanan informasi antara lain perijinan, memberikan masukan berupa respon layanan, keluhan, DLL. Informasi ini dapat diakses melalui HP dengan cepat, mudah dan murah. Dengan teknologi WAP mampu mengatasi keterbatasan yang dimiliki HP dan PDA antara lain kemampuan CPU yang rendah, memori yang kecil, display yang terbatas,(baterai) yang minimal dan juga input device yang berbeda
WAP menggunakan bahasa komputer mirip dengan HTML yang dinamakan Wireless Markup Language (WML). Bahasa komputer yang pintar ini, mengubah informasi berupa teks dari halaman situs dan menampilkannya di layar ponsel anda. Anda juga dapat mencari jadwal kereta api ketika sedang duduk di kedai kopi, mendapatkan skor sepak bola ketika sedang berjalan-jalan di taman, dan memantau harga saham tanpa televisi atau komputer di depan Anda.
Keuntungan lain dalam mengakses internet lewat WAP ini menyebabkan anda dapat memperoleh informasi tentang kurs valuta asing, memesan kamar hotel, memesan tiket pesawat, tetap up-to-date dengan berita aktual, membaca e-mail anda dan masih banyak lagi.
Dilihat dari segi positifnya teknologi WAP memudahkan kita untuk mengakses data. Terlebih saat ini di mana perkembangan dunia informatika sangat pesat. Di satu sisi perkembangan tersebut menyebabkan kita mesti terus terkoneksi. Namun, di sisi lain tidak akan mungkin terus berada di depan komputer untuk mengakses fixed internet. Teknologi WAP menjadi pilihan pertama di dalam menyebarkan informasi, komunikasi, berita aktual, harga saham dan masih banyak lagi.
MANFAAT WAP
Sebagai media layanan 24 jam dan mudah mengakses, hanya melalui Handphone, sekalipun daerah terpencil asalkan telah terjangkau layanan HP. Biaya akses murah, hanya Rp10/kb -Rp20/kb, sudah dapat menerima informasi yang lengkap. Biaya SMS 100 perpesan. Informasi yang diberikan lebih banyak dibandingkan SMS yang hanya 160 karakter.
JENIS HP dan PDA:
Prinsipnya semua HP sudah mulai menuju layanan GPRS dan akan mengarah ke 3G. melalui (hampir semua) jenis operator yaitu Telkomsel, Indosat, Xlcomindo, IM3, mobile-8, dll.
Perkembangan Model Pemrograman WAP

WAP 1
Model pemrograman untuk World Wide Web dimulai dengan beberapa permintaan
(request) dari sebuah client dengan cara menyertakan sebuah URL kepada server melalui
sebuah aplikasi web browsing. Server menerima URL tersebut dan melakukan sejumlah
pengolahan terhadap informasi yang diterimanya sebelum menghasilkan isi yang cocok
dengan permintaan client, dan mengirimkan isi yang telah dihasilkannya tersebut kepada
client. Model pemrograman untuk WAP 1 ini masih didukung oleh WAP 2 yang sekarang
digunakan. Di antara device nirkabel dan web server terdapat sebuah proxy atau gateway.
Gateway ini memiliki dua tugas. Pertama, menerima informasi dari device nirkabel dan mendecode informasi tersebut. Decoding ini perlu dilakukan karena device nirkabel menyimpan
data dalam sebuah format kompak untuk menghemat bandwidth.
Begitu melakukan decode, maka gateway memiliki sebuah permintaan (request),
yang diinformasikan menggunakan konvensi-konvensi dari model WAP (WDP, WTP, WSP).
Gateway sekarang harus menerjemahkan permintaan ini kedalam format yang dimengerti oleh
web server, yakni dipahami oleh TCP/IP dan HTTP. Permintaan yang telah diterjemahkan ini
dikirim ke web server, dan dijawab dengan cara yang biasa (seperti menjawab permintaan
dari internet client), dan gateway mengeksekusi tugas menerjemahkan dan meng-encode
sekali lagi. Dengan menggunakan gateway antara client dan server maka para developer
aplikasi dapat tetap menggunakan tool yang sama seperti yang biasa mereka pakai (web
server, Java Server Page, XML, database conectivity) dan geteway akan bertindak sebagai
sebuah translator antara server dan client.
WAP 2
Model pemrograman untuk WAP 2 lebih mendekati model pemrograman internet,
dimana client dapat secara langsung meminta isi dari server. Sebagai tambahan, WAP juga
memperluas arsitektur Web dengan mendukung layanan telepon dengan WTA (Wireless
Telephony Application) dan memungkinkan model “Push”, dimana server dapat secara
proaktif mengirim isi kepada client. WAP 2.0 tidak mensyaratkan adanya proxy WAP
seperti pada WAP 1, karena komunikasi antara client dan server dapat dihubungkan
menggunakan HTTP1.1. Namun sebuah proxy WAP dapat juga dipakai untuk mengoptimasi
proses komunikasi dan mungkin untuk meningkatkan fitur layanan mobile, seperti layanan-layanan yang dipengaruhi lokasi/wilayah, memerlukan privacy, dan bersifat up to date (seperti informasi indeks saham).

4. Jelaskan dengan ringkas dan singkas tentang Wide Area Networks dan cara kerjanya dalam bentuk flow chart dan gambar-gambar, beri keterangan untuk menjelaskan flow chart dan gambar-gambar tersebut !
Jawaban :
Subnet Router

Host

LAN

Gambar : Flowchart sistem kerja World Area Network

5. Jelaskan dengan singkat fungsi dan pembagian layer dari OSI reference system dan TCP/IP. Kemudian jelaskan perbedaan keduanya disertai dengan contoh dari masing-masing sistem yang ada di dunia !

6. Internet telah menggabungkan berbagai jaringan yang ada di dunia. Gunakan search engine dan cari berbagai bentuk dari internet topology yang anda temukan, berikan dua contoh dan jelaskan dengan ringkas !

7. Gambarkan topology jaringan yang ada di ruangan kaca komputer yang ada di lingkungan PSI !

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s