Definisi Dalam Arsitektur Komputer


Definisi Dalam Arsitektur Komputer

Definisi :
• Clock rate : Balikan dari clock cycle time, seringkali diukur dalam MHz.
• Penghitungan instruksi : Jumlah instruksi yang dieksekusi ketika menjalankan sebuah program.
• MIMD (multiple instruction stream, multiple data stream) : Sebuah multiprocessor atau multicomputer..
• SIMD (single instruction stream, multiple data stream) : Sebuah array processor.
• SISD (single instruction, single data stream) : Sebuah uniprocessor.
• Superscalar : Sebuah mesin yang mengeksekusi multiple instruksi per clock cyle dengan instruksi yang dikeluarkan kontroler secara dinamis oleh hardware.
• VLIW : Sebuah mesin yang mengeksekusi multiple instruksi per clock cycle dengan instruksi yang dikeluarkan kontroler secara statis oleh software.
• CPI : Clock cycles per instruksi.
• Antidependence :Hasil yang bergantung dari penggunaan kembali dari nama; bersesuaian dengan WAR hazard.
• ATM (Asynchronous transfer mode) : Sebuah switch berdasarkan standar jaringan.
• Big Endian : Byte dengan alamat biner “x…x100” dalam posisi yang paling signifikan (“big end”) dari 32 bit word.
• Data dependence : Ketergantungan yang nyata yang dihasilkan dari penggunaan nilai data yang dihasilkan oleh pernyataan yang baru; bersesuaian dengan sebuah RAW hazard.
• DSM : Distributed shared memory.
• Hit rate : Pecahan dari referensi memori yang ditemukan dalam cache, sam dengan 1 – Miss rate.
• Hit time : Waktu akses memori untuk sebuah cache hit , termasuk waktu untuk menentukan jaka hit atau miss.
• Little Endian : byte dengan alamat biner “x…x00” dalam posisi signifikan terkecil.
• Miss penalty : Waktu untuk memindahkan sebuah blok dalam level atas dari system cache dengan korespondensi blok dari level yang lebih bawah.
• Miss rate : Pecahan dari referensi memori yang tidak ditemukan dalam cache, sama dengan 1 – Hit rate.
• N1/2 : Panjang vector yang dibutuhkan untuk mencapai 1 setengah R∞.
• Nv : Panjang vector yang dibutuhkan sehingga mode vector lebih cepat dari mode scalar.
• Output dependance : Hasil yang bergantung dari dua penulisan ke nama yang sama; bersesuaian dengan WAW hazard.
• R∞ : megaFLOPS rate dari sebuah vector dengan panjang tak terbatas.
• RAW data hazard (membaca setelah menulis) : sebuah instruksi mencoba unruk membaca sumber sebelum instruksi yang lama menulisnya. Jadi tidak benar mendapat nilai yang lama.
• Spatial locality (locality dalam space) : Jika sebuah item direferensikan, item yang dekat akan cenderung direferensikan segera.
• Temporal locality (locality dalam waktu) : Jika sebuah item direferensikan, Hal ini akan berusaha direferensikan lagi segera.
• TCP/IP ( Transmission Control Protocol/Internet Protocol) : Standar protocol jaringan yang digunakan pada internet.
• WAR data hazard (menulis setelah membaca) : Sebuah instruksi yang mencoba untuk menulis tujuan sebelum ini dibaca oleh instruksi yang lama, jadi instruksi yang lama tidak benar mendapat nilai baru.
• WAW data hazard (menulis setelah menulis) : sebuah instruksi yang mencoba untuk menulis sebuah operand sebelum ini ditulis oleh sebuah instruksi yang lama. Penulisan dilaksanakan dalam order yang salah, tidak benar meninggalkan nilai dari instruksi lama dalam tujuan.

Referensi : John L Hennessy, David Patterson, Computer Architecture a Quantitative
Approach. Morgan Kaufmann Publisher,Inc 1996.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s