”ARSITEKTUR KOMPUTER”


UJIAN MID SEMESTER
”ARSITEKTUR KOMPUTER”

O L E H :

HERI HARDI
2005/66387
T. ELEKTRONIKA

FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2007
1. Apa yang dimaksud dengan
– Transistors and wires
Merupakan tingkatan system computer yang paling bawah atau low level.Dikatakan demiikian karena transistor dan wire ini merupakan komponen yang akan digabungkan menjadi suatu system yang membentuk system di atasnya atau demgan kata lain akan membentuk suatu system yang lebih tinggi tingkatannya.
– Logic gates
Gerbang dasar merupakan system yang terbentuk dari gabungan sistem-sistem transistor.Suatu gerbang dasar terbentuk lebih dari satu transistor,yang mana transistor-transistor tersebut akan memiliki operasi yang memenuhi operasi logika dari suatu gerbang dasar.
– Functional units(memory,alu,etc)
Functional unit juga memiliki keterikatan dengan system logic gates,karena system ini merupakan gabungan dari system logic gate yang membentuk system yang sangat kompleks .Sebagai contoh konstruksi dasar dari suatu memory adalah rangkaian flip-flop ,yang mana rangkaian flip-flop ini dibentuk dari sekumpulan logic gates yang membentuk system flip-flop tersebut.
– Microprogramed
Merupakan sekumpulan algoritma yang membentuk suatu system yang mampu atau berfungsi sebagai control dari hardwired yang terdapat dalam suatu system computer yang utuh.Microprogrammed ini akan berfungsi mengatur lalu lintas data juga instruksi yang akan melewati (keluar/masuk) system functional units
– Assembly Languague
Assembler menyediakan banyak fasilitas yang dapat menolong pemrogram misalnya kemampuasn untuk memakai program yang pernah ditulis sebagai bagian dari program baru dan kemampuan untuk memakai berbagai rutin dari program-program itu sebagai bagian dari program baru.
Ini berrti bahwa program yang tertulis dalam bahasa assembly daapt disambung dengan berbagai cara.

– High Level Languange
Adalah merupakan bahasa tersederhana yang dipakai dalam banyak pemecahan persoalan dan tersederhana untuk dipelajari namun sering kali bahasa ini menunjukan sedikit sekali tentang mesin digital yang merupakan alat untuk menjalankannya.perancangan ini memusatkan pikiran dalam cara spesifikasi bahasa pemrograman yang cukup sederhana untuk pemakai yang umum,tetapi mempunyai fasilitas yang cukup sehingga membuat bahasa dan compiler yang bersangkutan berharga untuk pemrogram profesioanal.Program ayng ditulis dalam bahasa ini dapat dijalankan pada computer mana saja yang memiliki compiler atau penerjemah untuk bahasa itu.
– User level: application programs
User level adalah level tertinggi dari tingkatan system computer.System ini merupakan suatu program yang dapat diakses langsung oleh user untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan user tersebut.

2. Proses reperentasi data yang terjadi pada saat suatu input diberikan pada suatu perangkat input, hingga diperoleh suatu keluaran yang dapat dimengerti oleh user.

Di bagian ini, perangkat keras komponen yang utama memerlukan untuk komunikasi antara dan pengolah Sarana I/O. Protokol ini harus diprogramkan dalam wujud rutin yang mengalir dibawah kendali dari CPU. Pertimbangkan untuk contoh, suatu operasi masukan dari Alat 6 ( bisa menjadi papan tombol) di dalam kasus I/O yang bersama Pengaturan. Mari kita juga berasumsi bahwa ada delapan I/O berbeda alat menghubungkan kepada pengolah dalam hal ini ( lihat Buah ara. 8.4).
protokol Langkah-Langkah berikut ( program) harus diikuti:

1. Pengolah melaksanakan suatu instruksi masukan dari alat 6, sebagai contoh,input 6. Efek pelaksanaan instruksi ini akan mengirimkan ke peralatan alamat Nomor jumlah kepada Decoder untaian alamat pada setiap alat masukan dalam rangka mengidentifikasi alat masukan yang spesifik untuk dilibatkan. Dalam hal ini, keluaran dari Decoder di Alat # 6 akan diaktifkan, sedang keluaran dari semua Decoder lain akan dinon aktifkan.
2. Penyangga yang di contohkan ada delapan penyangga/bantalan seperti itu pemilikan data dalam alat masukan yang ditetapkan ( Alat # 6) akan diaktifkan oleh keluaran tentang Decoder untaian alamat.
3. data Keluaran dari Buffer akan tersedia pada data bus.
4. instruksi akan Memecahkan kode data yang tersedia pada data bus ke dalam
masukan daftar tertentu di (dalam) CPU, yang secara dinormal Accumulator.

keluaran Operasi dapat dilakukan dengan cara serupa kepada operasi masukan yang diterangkan di atas. Satu-Satunya perbedaan akan menjadi arah perpindahan data, yang akan terjadi dari suatu CPU spesifik mendaftarkan kepada keluaran mendaftarkan di keluaran yang ditetapkan alat Operasi . I/O dilakukan pada cara ini disebut I/O terprogram Itu semua dilakukan di bawah kendali CPU. Suatu instruksi lengkap mengambil, memecahkan kode, dan melaksanakan siklus akan harus dieksekusi untuk tiap-tiap masukan dan tiap-tiap operasi keluaran.I/O Yang terprogramkan adalah digunakan padasuatu kasus satu karakter dalam satu waktu karakter serentak yang ditransfer, sebagai contoh, papan tombol dan Saat memprintf. Walaupun sederhana,I/O yang diprogramkan lambat.

Satu hal yang itu dilewatkan di atas uraian I/O terprogram adalah bagaimana cara menangani perbedaan kecepatan yang substansiil antara Sarana I/O dan pengolah. Suatu mekanisme harus diadopsi dalam rangka memastikan bahwa suatu karakter mengirim untuk daftar keluaran dari suatu alat keluaran, seperti suatu layar, bukanlah overwritten oleh pengolah (processor’s kecepatan tinggi) yang ditunjukkan dan bahwa suatu karakter berada di daftar masukan suatu papan tombol adalah dibaca hanya sekali ketika oleh pengolah. Ini mendidik isu dari menyangkut alat keluaran dan masukan. Suatu mekanisme bahwa dapat diterapkan memerlukan ketersediaan suatu Status dalam alat penghubung dari tiap alat masukan dan Status Bit dalam alat penghubung dari tiap alat keluaran .
3. Kosep logika yang ada pada Basic logic gate
• Gerbang AND :dalam konsep logikanya bisa diartikan sebagai proses perkalian

A B OUT
0 0 0
0 1 0
1 0 0
1 1 1
• Gerbang OR :dalam konsep logikanya dapat berarti proses penjumlahan

A B OUT
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 1
• Gerbang NOT :dalam konsep logikanya adalah negasi/lawan/kebalikan

A OUT
0 1
1 0

4. Metoda yang digunakan untuk pengukuran kinerja computer
Pertama, menggunakan parameter sistem itu sendiri misalnya laju detak prosesor atau jumlah instruksi yang dapat diproses tiap satuan waktu. Jumlah instruksi yang diproses dalam satuan waktu tertentu diekspresikan dalam ‘satuan’ MIPS (millions instruction per second). Ukuran ini menjadi tidak adil digunakan pada komputer yang menggunakan prosesor dengan arsitektur berbeda. Prosesor berarsitektur RISC misalnya, memerlukan lebih banyak instruksi untuk menjalankan suatu tugas (task) tertentu dibandingkan dengan prosesor berasitektur CISC. Dengan ukuran MIPS, prosesor RISC akan tampak bekerja jauh lebih cepat (menjalankan lebih banyak instruksi per satuan waktu) dibanding prosesor CISC meskipun lama waktu yang digunakan untuk menyelesaikan satu tugas bisa jadi sama.
Kedua adalah dengan menggunakan benchmark sintetis. Whetstone dan Dhrystone merupakan contoh benchmark sintetis yang banyak digunakan untuk mengukur kinerja komputer. Benchmark sintetis berupa program pendek yang dibuat menyerupai tingkah-laku program aplikasi yang ada. Melalui kajian mendalam terhadap berbagai program aplikasi yang ada, dibuat suatu program pendek yang merupakan gabungan dari berbagai komputasi matematis, kalang (loop), pemanggilan fungsi, dan sebagainya. Terhadap pengukuran dengan benchmark sintetis terdapat dua kelemahan. Selain keraguan apakah program yang disusun benar-benar mewakili program aplikasi yang sebenarnya, keraguan hasil pengukuran juga disebabkan oleh mudahnya teknik pengukuran ini dimanipulasi dengan melakukan optimisasi kompilator
5. Arsitektur,set instruksi dan kelemahan dari mesin von newman
 Arsitektur
• Unit Input : unit ini menyediakan instruksi-instruksi dan data ke dalam system yang mana secara sub sequence tersimpan di dalam memory.
• Memory Unit : merupakan perangkat yang digunakan untuk menyimpan data/instruksi.
• Aritmathic Logic Unit : merupakan unit yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data dan instruksi yang pemrosesan ini di control oleh unit lain yang disebut unit control.
• Control Unit : merupakan bahagian yang berfungsi dalam mengatur lalu lintas data dan instruksi diantara komponen – komponen utama pemroses
• Unit Output : merupakan unit yang berfungsi untuk mererpresentasikan data hasil pemrosesan.
 Set Instruksi
• Data Transfer adalah memindahkan data diantara memory dengan register_register ALU atau antara dua register ALU
• Unconditional branch adalah control unit yang mengeksekusi instruksi- instruksi di dalam urutan memory .Urutan ini dapat diubah dengan instruksi percabangan
• Conditional Branch adalah caabng ayng dapt yang dibuat yang tergantung pada suatu persyaratan jadi memungkinkan titik –titik keputusan.
• Arimathic adalh operasi- operasi yang dibentuk oleh ALU
• Address Modify adalah memungkinkan alamt-alamat untuk dikomputasi di dalam Alu dan kemudian disisipankan ke dalam instruksi-instruksi yang disimpan didalam memory.
 Kelemahan mesin von Newman
• Von neuman mengembangkan mesinnya dengan membagi bus-bus system menjadi tiga bagian,yakni bus data ,bus alamat dan bus control. Oleh karena itu agar tidak terjadi kesalahan dalam mengidentifikasi masing masing komponen maka untuk itu dikembangkanlah dalam system computer modern yang disebut system pengalamatan untuk I/O dan untuk memory

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s