TIF 203 MANAJEMEN INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI


NAMA: VASKO EDO GULTOM

NIM : 071402009

TIF 203 MANAJEMEN INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

TUGAS MINGGUAN II TANGGAL 16 SEPTEMBER 2008

*JAWABAN*

(1)…6 karakteristik perusahaan virtual serta contohnya!

Jawabè:^*

• menggunakan internet & itu memberikan perkomputeran & komunikasi resources

• IT memungkinkan pengaturan sejaringan orang, pengetahuan, keuangan & fisik resources

• Takes atau mengambil keuntungan secara kilat berganti markets.

• Kunci di pelanggan dan suppliers Rintangan

• key entry memasukkan vbagiasn perusahaan bagian di products

• investasi Pengungkilan di perusahaan

(2.).. Coba jelaskan bagaimana supply sub system memberi nilai kpd suatu perusahaan

Jawabè supply sub system Perkembangan teknologi (tele)komunikasi dan komputer menyebabkan terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Dalam era yang disebut “information age” ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. E commerce merupakan extension
t
dari commerce dengan mengeksploitasi media elektronik. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini.
Pendapat yang sangat berlebihan tentang bisnis ‘dotcom’ atau bisnis on-line seolah-olah mampu menggantikan bisnis tradisionalnya (off-line). Kita dapat melakukan order dengen cepat diinternet – dalam orde menit – tetapi proses pengiriman barang justru memakan waktu dan koordinasi yang lebih rumit, bisa memakan waktu mingguan, menurut Softbank;s Rieschel, Internet hanya menyelesaikan 10% dari proses transaksi, sementara 90 % lainnya adalah biaya untuk persiapan infrastruktur back-end, termasuk logistic. Reintiventing dunia bisnis bukan berarti menggantikan system yang ada, tapi justru komplemen dan ekstensi dari system infratruktur perdagangan dan produksi yang ada sebelumnya.

Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu integrasi rantai nilai dari infrastrukturnya, yang terdiri dari tiga lapis. Perama, Insfrastruktur system distribusi (flow of good) kedua, Insfrastruktur pembayaran (flow of money) Dan Ketiga, Infrastruktur system informasi (flow of information). Dalam hal kesiapan infrastruktur e-commerce, kami percaya bahwa logistics follow trade, bahwa semua transaksi akan diikuti oleh perpindahan barang dari sisi penjual kepada pembeli. Agar dapat terintegrasinya system rantai suplai dari supplier, ke pabrik, ke gudang, distribusi, jasa transportasi, hingga ke customer maka diperlukan integrasi enterprise system untuk menciptakan supply chain visibility

Karakteristik e-commerce adalah

1) mendefinisikan targer pasar,

2) menidentifikasikan kelompok untuk dijadikan pembelajaran.

3) indentity topk untuk discusi. Dalam tahap penunjungnya maka dapat diselidiki :

1) identity letak demografi website di tempat tertentu,

2) memutuskan focus editorialnya,

3) memutuskan isi dari contentnya,

4) memutuskan pelayanan yang dibuat untuk berbagai type pengunjung

)3)).. apa itu market place dan apa perbedaanya dengan industrial networks?

Jawabè Marketplace adalah lokasi di mana barang-barang dan servis ialah bertukaran. Bujur sangkar pasar tradisional adalah alun-alun kota di mana pedagang membentuk mogok dan pembeli melihat-lihat barang dagangan. Pasar seperti ini sangat tua, dan tak terbilang pasar seperti itu masih di pelaksanaan di seluruh dunia utuh. * In AS pasar seperti itu jatuh dari lebih menyukai, tetapi bunga yang diperbarui di makanan lokal sudah menyebabkan re-penemuan pasar sejenis ini, yang dianggap pasar petani, di banyak kota dan kota. * In Eropa kontinental, khususnya di Perancis dan Britania, pasar jalan, sebaik sebagai “marketplaces” (menutupi tempat di mana saudagar mempunyai kedai, tetapi tak ada toko seluruh) ialah yang biasa. Baik re-penjual dan produsen menjual mereka wares kepada publik. * Markets sering sementara, dengan kedai hanya sekarang selama satu dua hari seminggu (hari-hari pasar), tetapi beberapa (seperti Camden Market di London,

Perbedaanya adalah Jaringan-Jaringan industri, Ltd. menyediakan RFID, AEI dan sistem akuisisi data barcode untuk pembuatan dan mengapalkan perusahaan. Jaringan-jaringan tanpa kawat kami membolehkan klien kami secara efisien menyebarkan mesin scanner mudah dibawa dan tak bergerak pemantau itu inbound dan outbound railcars, truk dan tongkang. Integrasi mesin scanner ke dalam perkapalan/menerima proses membolehkan klien kami memperpanjang kontrol di balik pelaksanaan bidang, mengurangi kesalahan dan memperbaiki produktivitas keseluruhan.

(5))… . bagaimana internet membantu kepuasaan pelanggan

Jawabèinternet adalah Internet adalah sistem global interconnected jaringan-jaringan komputer data pertukaran itu dengan bongkos mengganti memakai Protokol Internet yang distandarisasi Sederetan (TCP/IP). Adalah sejaringan “jaringan-jaringan” bahwa terdiri jutaan pribadi dan umum, akademis, bisnis, dan jaringan-jaringan pemerintah bius lokal ke global jangkauan yang dihubungkan oleh kawat tembaga, kabel serat-optik, hubungan tanpa kawat, dan teknologi lain. Internet melancarkan berbagai sumber penghasilan informasi dan servis, seperti pos elektronik, online obrolan, menyimpan memindahkan dan berbaris membagikan, berjudi online, dan menguburkan-menghubungkan dokumen hyper-teks dan sumber penghasilan lain World Wide Web (WWW).

Dengan adanya penemuan web oleh team bernes lee sangat membantu sekali da;lam urusan marketing dan online data terutama seperti perusahaan besar dan maju .

Contoh nyata kepuasan oleh para pelanggan dalam bidang internet ini adalah yaitu belanja secara online tanpa harus bertemu pihak penjual dan pembeli ,hanya dalam dunia maya daja berhtemu melalui perjanjian dan sejumlah peratuaran yang dibuat oleh kedua belah pihak ataua benntuk perusahaan besar dan menengah yang menggunakan layanan obelanja online.

Barang yang kita pesan dikirim oleh pihak yang menjkual barang ,an kita membayrnya dengan kartu kredit,

(6))… bagaimana internet mengubah informasi dan bisnis model di sebuah perusahaan

Jawabèdengan sejumlah argument-argumen yang mampu mengubah layanan internet jadi lebih baik kedepanya ,saya rasa internet dapat mengubah informasi dan bisnis model di sebuah perusahaan

Dengan sebuah fakta yang sangat logis dan dapat diterima oleh akal sehat kita dengan acuan sebuah system pengubahan model perusahaan maupun informasi yang terdahulu menjadi lebih baik aakn sangat mungkin meniru model yang lain yang ada di internet untuk lebih maju lagi perusahaan tersebut dalam bidang pengembangan produk yang dihaisllkan

(7).. . bagimana internet mengubah informasi kegiatan ekonomi yg ada pada suatu perusahaan

Jawab è pertama itu akan sulit ketika sebuah perusahaan berubah misi ataupun visi

Internet itu dapat mengubahnya sesuai dngan perkembangan dari internet itu sendiri sejauh man kecanggihan dan pengolahan data oleh organisasi yang ada.terutama hal yang akan mengubah kegiatan ekonomi dalam suatu perusahaan itu sendiri.

Missal ; sisitem belanja online

à tidak akan lagi menggunakan mdistribusi system jumpa

Tawar menawar di pasar

Sangat membuang waktu kita

Jadi dengan adanya system online akan sanganmembantu sekali dalam penjualan dan pembelian barang.

(8).. sebutkan dan jelaskann jenis2 pembayaran pada e-commerce

1. Jawabè Electronic Payment
Pembayaran dengan menggunakan media elektronik merupakan sebuah masalah yang belum tuntas. Ada berbagai solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah electronic payment, antara lain:
􀂃 Standards: SET, Mondex
􀂃 Electronic money: e-cash digicash, CyberCash, iKP
􀂃 Virtual wallet, EMV electronic purse
􀂃 Credits and debits on the Internet, First Virtual.
􀂃 Internet banking beserta group yang terlibat di dalamnya, seperti kelompok OpenFinancial Exchange (OFX) yang dimotori oleh CheckFree Corporation Intuit, dan Microsoft beserta institusi finansial lainnya.
􀂃 Stocks and trading
􀂃 Smartcards: introduction, CLIP, ISO 7816 (beserta seluruh bagian/part-nya) Java Card, Open Card Framework. e-Payment
9
􀂃 Regulatory issues
􀂃 Internet economics, digital money
􀂃 Internet payment protocol, ePurse protocol
􀂃 Micropayments, yaitu pembayaran dalam jumlah yang sangat kecil (misalnya untuk membaca web site dichage 0.25c/halaman): Millicen r
t
􀂃 Electronic check: FSTC Electronic Check Project4
􀂃 Limitatitions Of Traditonal Payment Instrument.
􀂃 Security requirement (Authentications, Privacy, Integrity, Non-repudiation, Safety).
􀂃 Single-Key (Symentric) Encryption.
􀂃 Public/Private Key System.
􀂃 Electronic Credit Card (payment using unencypted, encrypted payments, high level security and privacy).
􀂃 Electronic CASH.
􀂃 Electronic Pyment Card (smart card).
􀂃 Three Party Payment System.

(9).. .apa itu struktur managemen ilmu pengetahuan

Jawabèmanagemen ilmu pengetahuan adalah

Agar SDM dapat memainkan peran strategis dalam membangun budaya yang berpusat pada pengetahuan, maka salah satu hal yang penting adalah menggunakan dan menerapkan alat-alat yang tepat. Beberapa alat-alat dasar itu adalah sebagai berikut :

o Siklus konsultansi – dengan langkah-langkah : Memperoleh entri, melakukan kontrak, mengumpulkan data, menganalisis data, menumbuhkan opsi perencanaan untuk perubahan, dan melaksanakannya.

o Siklus perubahan – terdiri dari : reluktansi, kesadaran, minat, uji coba mental, praktek dalam kehidupan nyata, pelaksanaan, komitmen, dan integrasi

o Cara-cara berfikir dalam situasi menantang – menggunakan enam topi berfikir dari De Bono

o Pertanyaan-pertanyaan untuk memfasilitasi belajar transformatif melalui teknik bertanya divergensi untuk menumbuhkan kesadaran, memunculkan pilihan, membuat hubungan baru, dan mendorong berfikir bebas

Adapun alat-alat untuk membuka dialog adalah :

o Model belajar yang dikelola sendiri

o Inkuiri apresiatif – seni tentang hal yang tidak mungkin. Menurut Cooperrider (1998) perubahan yang sukses memerlukan : kebaruan, kesinambungan, dan transisi.

Alat-alat untuk memfasilitasi sharing pengetahuan tacit yaitu :

o Review sesudah kegiatan

o Review pembelajaran sesudah proyek berakhir

o Bercerita

Alat-alat untuk mengidentifikasi sumberdaya pengetahuan kunci dan para pemainnya adalah melalui Analisis jejaring sosial

q Menggunakan teknologi secara bijak

Meskipun diakui bahwa teknologi berperan penting dalam mengelola pengetahuan, namun hal itu bukanlah suatu solusi total. Menurut Rob Van der Spek dan Jan Kingma (1999) strategi organisasi dalam mengelola pengetahuan hendaknya mencakup/memperhatikan dua bidang yaitu :

o Eksploitasi dan aplikasi pengetahuan yang ada, dan

o Menciptakan pengetahuan baru, termasuk membangun kapabilitas menciptakan pengetahuan baru yang lebih cepat dibanding masa lalu

Oleh karena itu penggunaan teknologi bukanlah segalanya, penggunaan teknologi perlu dilakukan secara hati-hati dan bijaksana. Ada beberapa tip penting untuk para praktisi berkaitan dengan penggunaan teknologi yaitu :

o Fahami nilai informasi yang dimiliki

o Jadilah pengelola yang lebih baik dalam mengelola informasi

o Sederhanakanlah

o Perlakukan mengelola pengetahuan sebagai tugas yang dapat dialihkan, oleh karenanya diperlukan alokasi waktu

o Sediakan alat-alat dasar dan latihlah orang cara menggunakannya

o Kaji kemungkinan mengadaptasi sistem yang ada untuk menyediakan pengetahuan tepat waktu pada saatnya

o Yakinlah bahwa sistem manajemen pengetahuan merupakan kebutuhan nyata

o Cobakan sistem baru pada kelompok kecil yang representatif sebelum menerapkannya lebih luas

o Belajarlah dari kesalahan orang lain

o Yakinlah bahwa sistem manajemen pengetahuan berinteraksi dengan sistem yang ada

Dalam konteks tersebut penggunaan teknologi harus diarahkan pada upaya untuk menghubungkan orang-orang dalam organisasi agar kinerja organisasi makin efektif, untuk itu pilihan teknologi harus mengacu pada kepentingan tersebut.

Meningkatkan aset intelektual dalam organisasi menjadi konsern strategi kunci bagi banyak pemimpin bisnis, dan akan menjadi salah satu prioritas berkaitan dengan SDM. Kebutuhan akan pengelolaan pengetahuan telah punya dampak langsung bagi beberapa jenis bisnis. Namun demikian mengelola pengetahuan telah berkembang menjadi agenda yang lebih tinggi, organisasi publik pun ddidorong untuk berorentasi kinerja dalam menjalankan organisasinya dengan pendekatan yang lebih berfokus pada pelanggan.

Dalam kontek perkembangan organisasi SDM dapat membantu organisasi mengembangkan dan mempertahankan asetpengetahuannya melalui :

o Membantu organisasi mencapai kejelasan berkaitan dengan budaya yang berorientasi pengetahuan

o Fokus pada apa yang benar-benar dibutuhkan untuk berubah/dirubah

o SDM perlu mereview peranannya dan tanggungjawabnya berkaitan dengan pembangunan budaya yang berpusat pada pengetahuan

o Membantu organisasi meninjau kembali asumsi tentang belajar dan bagaimana memfasilitasi belajar dalam bisnes berbasis pengetahuan

o SDM perlu mengkaji ulang praktek intinya untuk menjamin hal itu terkait dengan pendekatan manajemen pengetahuan organisasi

o SDM perlu mengkaji ulang kompetensi yang dimilikinya untuk menjamin telah cukup dikembangkan guna melengkapi mereka dengan peran dan tanggungjawab baru dalam era pengetahuan

Akhirnya SDM perlu mengembangkan inat, pemahaman dan keakhlian dalam menerapkan peralatan temasuk yang bersifat teknologi untuk membantu mereka mencapai tujuan manajemen pengetahuan strategis organisasi. Ini berarti bahwa SDM perlu melakukan investasi untuk perkembangan dirinya sendiri, dan kini waktunya telah tiba bagi SDM untuk menunjukan kapabilitas dan memerankan model prilaku yang dibutuhkan untuk survive dalam ekonomi pengetahuan.

(10).. .bagaimana internet mengubah hubungan antara suplyer dan konsumen

Jawabèpengubahanya terlihat pada cara belanja online yang tidak perlu lagi untuk jumpa saling tawar-menawar barang ,tetapi dalam dunia maa yaitu internet dalam computer yang sangat memudahkan segala pekerjaan kita saat ini

Supplyer dan konsumen tidak mesti harus jumpa lagi cukup dengan aturan belanja yang dibuat dan sesuai antara dua belah pihak dan transaksi pun jadi

(11).. .apa tantangan perusahaan menggunakan e-commerce

Jawabè maslah keamanan

salah satu komponen atau servis yang dibutuhkan untuk menjalankan eCommerce. Beberapa bagian dari keamanan ini sudah dibahas di atas dalam bagian tersendiri, seperti Infrastruktur Kunci Publik (IKP), dan privacy. Untuk menjamin keamanan, perlu adanya kemampuan dalam bidang ini yang dapat diperoleh melalui penelitian dan pemahaman. Beberapa topik (issues) yang harus dikuasai antara lain akan didaftar di bawah ini.
Teknologi Kriptografi. Teknologi kriptografi menjelaskan bagaimana mengamankan data dengan menggunakan enkripsi. Berbagai sistem sudah dikembangkan seperti sistem privae key dan public key. Penguasaan algoritma-algoritma populer digunakan untuk mengamankan data juga sangat penting. Contoh algoritma ini antara lain DES, IDEA, RC5, RSA dan ECC (Ellliptic Curve Cryptography). Penelitian dalam bidang ini di perguruan tinggi merupakan suatu hal yang penting. Salah satu masalah dalam mengamankan enkripsi adalah bagaimana memastikan bahwa hanya sang penerima yang dapat mengakses data. Anda dapat menggembok data dan mengirimkannya Security
bersama kuncinya ke alamat tujuan, tetapi bagaimana memastikan kunci itu tidak dicuri orang di tengah jalan? Salah satu cara untuk memecahkannya adalah bahwa si penerima yang mengirimkan gemboknya, tetapi tidak mengirimkan kuncinya. Anda menggembok data dengan gembok yang dikirim olehnya dan mengirimkannya. Si penerima kemudian akan membukanya dengan kunci miliknya yang tidak pernah dikirimkannya ke siapa-siapa. Kini masalahnya bila data yang digembok itu dicuri orang, tetapi dengan enkripsi yang kompleks akan sangat sulit bagi orang itu untuk mengakses data yanmg sudah digembok itu.
One Time Pasword. Penggunaan password yang hanya dapat dipakai sebanyak satu kali. Biasanya password angka digital yang merandom angka setiap kali transaksi.
Konsultan keamanan. Konsultan, organisasi, dan institusi yang bergerak di bidang keamanan dapat membantu meningkatkan dan menjaga keamanan. Contoh organisasi yang bergerak di bidang ini adalah IDCERT.
Kerangka kerja eCommerce
Kerangka kerja (framework) dari eCommerce memiliki beberapa komponen, antara
lain:
1. Naional Inormation Technology Committee (on eCommerce). Komite ini bertanggung jawab untuk memformulasikan Information Technology, speciically eCommerce, di Indonesia. Komite ini dapat membuat working group untuk meneliti penggunaan teknologi informasi lebih lanjut. Berbagai pihak yang terlibat dalam bidang commerce dan electronic commerce sebaiknya terwakili dalam komite ini, misalnya adanya wakil dari Perbankan.
t f
f
2. Communication Infrastructure
3. EC/EDI standards / infrastructure. Menentukan standar yang dapat diterima oleh semua pihak merupakan salah satu kunci utama.
4. Cyberlaw: EC laws, Electronic Security laws.
5. Customers & related organizations

*teriam kasih*

NAMA : VASKO EDO GULTOM

NIM :071402009

DEPARTEMEN TEKNIK PERANGKAT LUNAK

F-MIPA

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

2008

Balas

Teruskan

Jendela baru
Cetak semua
Link Sponsor
Internet 3G Termurah
Email, browse, chatting kapan saja Cuma Rp1.600/jam atau Rp300.000/bln
http://www.mobilequ.web.id
Trading Forex yg Aman?
Pilihlah yg benar berijin Sekuritas dan Bukan hanya akta pendirian saja
http://www.GainScope.com
Telepon GSM terenkripsi
Terenkripsi dengan tingkat militer Enkripsi dua layer AES/RSA
http://www.gold-lock.com
Investasi 80 ribu di BCA
Pasif Income Jutaan bahkan Milyaran mudah dan pasti, Mau Bukti !
http://www.asiabersama.com
Solusi Bisnis-Teknologi
Konsultan bisnis dan teknologi We help your busines to excel!
http://www.gemaconsulting.co.id
Universitas Australia
Tanya langsung ke universitas terkemuka di Australia
http://www.universitasaustrali.com.au
Absensi Sidik jari
Cuma Kami Yang bergaransi 2 tahun Bonus Acriliq case, UPS+AVR 600VA
http://www.interactive.co.id
Aneka Bisnis Internet
Dapatkan Aneka Peluang Bisnis Inter net. Pelajari Ilmu dan Raih Uangnya
http://www.ObralPlus.com
Selengkapnya tentang…
Jurnal Ekonomi Dan Bisnis »
MP3 Indonesia »
Bisnis Sambilan »
Artikel Bisnis »
Tentang link ini
« Kembali ke Pesan Terkirim
Tindakan Lebih Lanjut
‹ Lebih baru 5 dari 36 Lebih tua ›
Gunakan akses gratis ke POP server untuk mengunduh email Anda ke Outlook atau perangkat yang mendukung POP. Selengkapnya
Anda saat ini menggunakan 16 MB (0%) dari jatah 7189 MB.
Aktivitas account terakhir: 5 hari yang lalu pada IP 203.130.206.47. Rincian
Tampilan Gmail: standar | matikan chatting | HTML dasar Pelajari selengkapnya
©2008 Google – Persyaratan – Halaman Muka Google

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s