Management Ekonomi dan Teknik (TIF 201)


NAMA : VASKO EDO GULTOM
NIM : 071402009

Management Ekonomi dan Teknik (TIF 201)
Tugas II tanggal 08 SEPTEMBER 2008
*JAWABAN*
SOAL-SOAL

WEEK 3 (14 soal) (45%)
Bahan dari chapter 7
(1)..Sebutkan perbedaan antara informal planning dengan formal planning dan sebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis planning tersebut!
Jawab”pertama adalah pengertian dari planning yaitu: Merencanakan di organisasi dan kebijakan umum ialah baik organizational proses menciptakan dan memelihara rencana; dan proses psikologis memikirkan aktivitas diperlukan untuk menciptakan masa depan yang diinginkan atas suatu skala. Sebagai seperti itu, adalah tanah milik pokok cerdas kelakuan. Proses ini yang dipikirkan esensial sampai ciptaan dan pengilangan rencana, atau integrasi itu dengan rencana lain, bahwa ialah, menggabungkan ramalan perkembangan dengan persiapan skenario bagaimana caranya untuk bereaksi terhadap mereka.
Dan bentuk kata informal adalah tidak resmi apabila di gabung menjadi rencana yang tidak resmi dan lebih mencakup terhadap Biasa untuk sedikit rencana resmi untuk dibuat sebagai gagasan abstrak, dan tinggal di bentuk itu sewaktu mereka dipelihara dan diserahkan kepada penggunaan. Rencana yang lebih resmi sebekas untuk bisnis dan maksud militer, sedangkan awalnya menciptakan dengan dan sewaktu abstrak berpikir, mungkin dituliskan, disusun atau lain disimpan di bentuk yang dapat dicapai kepada orang lipat ganda di seberang waktu dan angkasa. Ini membolehkan kerjasama yang lebih dapat diandalkan di pelaksanaan rencana.

#formal planning adalah rencana resmi lebih menekankan kepada Rencana biasanya prosedur yang mana pun dulu biasa mencapai tujuan Yang pasti
Contoh formal planning*pengembangan control dalam kerajaan inggris
*penataan tata kota di inggris dsb.
Contoh informal planning*belanja untuk keperluan suatu lembaga
*rencana pembuatan berupa anggaran dalam instansi

(2).. Sebutkan hubungan antara planning dengan organizational performance
Jawabplanning>>: Merencanakan di organisasi dan kebijakan umum ialah baik organizational proses menciptakan dan memelihara rencana; dan proses psikologis memikirkan aktivitas diperlukan untuk menciptakan masa depan yang diinginkan atas suatu skala. Sebagai seperti itu, adalah tanah milik pokok cerdas kelakuan. Proses ini yang dipikirkan esensial sampai ciptaan dan pengilangan rencana, atau integrasi itu dengan rencana lain, bahwa ialah, menggabungkan ramalan perkembangan dengan persiapan skenario bagaimana caranya untuk bereaksi terhadap mereka.
Dan pengertian
organizational performance adalah : Perbuatan Organizational terdiri dari hasil atau hasil sebenarnya, organisasi seteratur pada hasilnya yang dimaksudkan (atau cita-cita dan tujuan). Spesialis di banyak bidang dikenai dengan organizational perbuatan termasuk perecana strategis, pelaksanaan, keuangan, hukum, dan organizational perkembangan.
Dan hubungan antara planning dan organizational planning terciptanya dua hubungan yang saling mendukung satu sama lain missal pada bidang hokum,keuangan dll.

(3).. Sebutkan dan jelaskan dengan singkat tipe-tipe dari ’goal’ dan ’plan’
Jawabtipe-tipe dari goal dan plan
Tipe-tipe goal: Cita-cita jangka-pendek Cita-cita jangka-pendek mengharapkan prestasi pada periode pendek waktu, seperti mencoba membuat sehelai rekening dibayar di yang berikutnya sedikit hari. Definisi cita-cita jangka-pendek tidak perlu berhubungan dengan lamanya spesifik waktu yang mana pun. Di kata lain, sesuatu mungkin mencapai (atau gagal untuk mencapai) cita-cita jangka-pendek pada sehari, minggu, bulan, tahun, dll. Waktu-bingkai karena cita-cita jangka-pendek berhubungan dengan konteksnya di garis waktu keseluruhan bahwa dimohon. Untuk kejadian, sesuatu bisa mengukur cita-cita jangka-pendek untuk proyek bulan-panjang pada hari-hari; sedangkan sesuatu mungkin mengukur cita-cita jangka-pendek untuk someone’s hidup pada bulan-bulan atau pada tahun-tahun. Perecana biasanya perlu menegaskan cita-cita jangka-pendek di kerabat sampai cita-cita jangka panjang atau cita-cita. cita-cita Proyek Goal-setters mungkin membuat cita-cita/tujuan lebih gamblang dengan mengikuti garis pedoman yang dihubungkan dengan yang PINTAR ; sesuatu secara persis sebaiknya menegaskan tujuan atau cita-cita agak(ragu)
Tipe dari planadalah breadth=>strategi=>operasional=>bingkai waktu=>masa panjang=>masa pendek=>spesifik=>direksi=>spesifik=>penggunaan waktu=>penggunaan tunggal=>berdiri

(4).. Apa itu MBO (management by bojectives), sebutkan elemen-elemen dari MBO dan problem-problem dari MBO
Jawab** MBO adalah Pimpinan oleh Tujuan (MBO) adalah proses setuju pada tujuan dalam organisasi agar pimpinan dan pegawai setuju sampai tujuan dan mengerti apa mereka di organisasi.
Masalah dari MBO adalah:
Masalah dalam MBO adalah Top of Form Kalau pendekatan ini dengan semestinya tidak ditentukan, diakuri dan dikelola oleh organisasi, di pegawai berpikir yang egosentris, mungkin memicu kelakuan tidak etis mengubah sistem hasil dan bilangan keuangan untuk dengan palsu mencapai sasaran yang ditetapkan di jangka-pendek, sempit, terbawah-garis fasion. [dubious – membicarakan] Kritik yang lebih pokok dan berwenang terdapat dari Walter A. Shewhart/W. Edwards Deming, bapak Pimpinan Mutu yang Modern, untuk yang MBO adalah lawan Filsafat pendiri mereka Kontrol Proses Statistik Penggunaan MBO perlu dengan cermat dicocokkan dengan kebudayaan organisasi. Sedangkan MBO tidak sengetrend sebagai itu ialah pre ’empowerment’ mode, masih mempunyai tempatnya di pimpinan hari ini. Perbedaan pokok adalah itu daripada ‘ditentukan’ tujuan dari proses riam, tujuan dibicarakan dan setuju, berdasarkan gambar yang lebih strategis yang ada kepada pegawai. Pertempuran pegawai di tujuan

(5).. Sebutkan karakteristik dari ’well-designed goals’
JawabCita-cita atau karakteristik bisa mempengaruhi perbuatan dalam tiga cara: 1. Cita-cita perhatian sempit dan usaha langsung sampai aktivitas cita-cita-relevan, dan jauh dari merasa tak diinginkan dan tindakan cita-cita-tidak relevan 2. Cita-cita bisa memimpin ke lebih banyak usaha; misalnya, jika sesuatu biasanya menghasilkan 4 widgets sejam, dan mempunyai cita-cita menghasilkan 6, sesuatu mungkin berjalan lebih intens daripada sesuatu akan lain untuk mencapai cita-cita 3. Cita-cita pengaruh persistence Satu menjadi lebih banyak prone untuk menyelesaikan kemunduran atau untuk menjadi lebih sukar jika mengejar goal. Ada 4 faktor yang mempengaruhi usaha yang ditujukan oleh cita-cita. Cita-cita kesukaran ialah kadar kesukaran untuk mencapai cita-cita. Janji cita-cita adalah banyak sedikitnya ke yang membuat orang tertarik untuk mencapai cita-cita. Alat kekhususan cita-cita cita-cita sebaiknya menjadi secara relatif kejernihan dan ketepatan sampai sasaran. Penerimaan cita-cita adalah banyak sedikitnya ke yang orang mengambil cita-cita sebagainya atau karakteristik.

(6).. Sebutkan dengan ringkas langkah-langkah penyusunan ’goal’
Jawablanhkah-langkah penyusunan dari ‘goal’ Mencapai cita-cita kompleks sangat sulit memerlukan fokus, ketekunan jangka panjang dan effort atau usaha . Keberhasilan di bidang mana pun akan memerlukan arahan tidak bisa menyalahkan, alasan dan pembenaran untuk perbuatan buruk atau kekurangan perencanaan memadai .keberhasilan memerlukan emosional maturity. Ukuran kepercayaan bahwa orang di kemampuan mereka untuk mencapai cita-cita pribadi juga mempengaruhi prestasi itu. [2] Prestasi jangka panjang mengandalkan di jangka-pendek achievements kontrol mengharukan dalam pentingnya kecil hari satu pun membuat perbedaan besar di yang panjang term Dengan menyetujui tingkat realisme dalam cita-citanya sendiri, sesuatu membolehkan oneself untuk tidak mengubah kenyataan untuk membandingkan impiannya sendiri oleh usahanya sendiri seorang diri, tetapi untuk menyetujui bagaimana itu sampai tertentu degree. tingkat “kemalasan” ini bisa mencegah sesuatu menyesuaikan diri dengan ketidakbahagiaan dengan tidak terlalu banyak menguasai hidup dengan mencoba berspesialisasi dalam bidang yang sangat kecil dan ketepatan itu sangat dibutuhkan sama sekali dalam sasaran yang akan dituju.

(7).. Cari dua organisasi yang menampilkan ’goal’ organisasi mereka di website (organisasi tersebut dapat bersifat profit atau non-profit), tuliskan masing-masing ’goal’ yang ada dan evaluasi dari ’goal’ tersebut yang masuk dalam
Jawab’1.’KASUS DARI GOAL PADA PERUSAHAAN INTEL Kasus di Point MBO di Tindakan di Intel Pemandu seorang Manajer di Intel menyediakan petunjuk berikut. 1. Mulai dengan sedikit tujuan mengesampingkan yang dipilih baik. 2. Tetapkan tujuan bawahan anda yang cocok dengan tujuan mengesampingkan anda. 3. Bolehkan bawahan anda menetapkan akibat pokok mereka sendiri untuk memungkinkan mereka mendapat tujuan mereka.

2. ’KASUS DARI GOAL PADA PERUSAHAAN CANNONFive-S approach “5S” merujuk pada lima asas Jepang bagi pimpinan tempat kerja untuk menambah efisiensi. 1. Seiri (Menyortir): melakukan hal di perintah daksa. Hapuskan barang yang tak perlu dari tempat kerja. Simpan minimum keras. 2. Seiton (mengental di urutan): menetapkan lokasi untuk segalanya. Hal yang ditempatkan di mana mereka kepunyaan. Mengental di urutan dan kenali barang berguna untuk menemukan mereka lebih mudah. “Tempat untuk segalanya dan segalanya di tempatnya.” Tunjuk Lokasi oleh bilangan, warna yang membubuhi kode, name. dll. 3. Seiso (Bersinar): menetapkan prosedur yang dianjurkan untuk cleanup. Ikuti prosedur. Sungguh bersih bidang kerja atau tempat tampat kerja. 4. Seiketsu (Menstandarisasi): menstandarisasi latihan terbaik di bidang kerja. Simpan perlengkapan dan tempat kerja di kondisi mungkin yang terbaik. 5. Shitsuke (Menahan): memeriksa latihan; membuka yang salah; mempelajari latihan benar dan meyakinkan anda memakai mereka. Atau produk dari canon tersebut

Goal yang adalah sbb: 1. Perangsang Terus-menerus untuk Gagasan Cita-cita yang sangat diinginkan, nyata-nyata ditegaskan dengan rencana terperinci untuk perbuatan prestasi mereka sebagai perangsang terus-menerus untuk gagasan untuk mencapai mereka. 2. Visualize Your Goals Untuk memicu imajinasi anda, menulis deskripsi jelas hasil akhir atau cita-cita ideal anda. Bening tentang cita-cita, fleksibel tentang proses. Pikirkannya, visualize itu sedisadari lebih dan lebih. Proyek pemain depan pikiran anda ke gambar cita-cita yang disadari dan lalu menoleh ke belakang ke hadiah. 3. Tetapkan Goals Clearly Anda Pikirkan di atas kertas. Buat rencana dan lalu mengerjakan rencana, mengabarinya, bergantinya, menambahnya sewaktu anda memikirkan cara baru untuk kerja toward cita-cita. Lebih jelas ditegaskan dan dengan antusias diinginkan cita-cita anda, bagian lain daya cipta alami anda akan dilepaskan untuk pencapaian cita-cita. 4. Pendekatan Daksa sampai Masalah Perangsang kedua ke

Bahan dari chapter 6
(7).. Jelaskan dengan singkat delapan proses dari decision-making dan sebutkan sebuah contoh untuk menggambarkan cara kerja dari masing-masing proses tersebut
Jawab Decision Making Decision Making adalah koleksi baru penelitian baru saja yang menggairahkan ke dalam proses sebenarnya yang dipakai oleh orang kalau membuat keputusan di jiwa sehari-hari mereka. Daripada memakai teori matematis yang lebih tradisional yang jarang sebanding sebenarnya kelakuan, penyumbang mempergunakan teknik psikologis yang kognitif untuk memerinci proses dan set unsur pokok mereka di konteks sosial mereka. Berisi sumbangan dari peneliti internasional yang dihormati dengan baik ke dalam keputusan membuat, buku menawarkan peninjauan luas dan evaluasi kritis studi baru saja yang penting. Memeriksa sifat proses psikologis mendasari keputusan membuat, dan menanggapi tingkat nada topik penting termasuk tugas emosi, menolak kewajiban-kewajiban dengan ketidaktentuan, tekanan waktu dan keyakinan di keputusan. Juara pertama Pembuatan keputusan pendekatan proses sampai penelitian keputusan di konteks sejarah dan teoretis dan memberikan evaluasi kritis metode penelitian pokoknya. Penyumbang kemudian mempertimbangkan pengaruh nilai, keterlibatan dan emosi di atas keputusan membuat dan
8 proses langkah-langkah tersebut
1.identifikasi problem
2.identifikasi criteria
3.alokasi daripada keberadaan criteria
4.pengembangan alternative
6.analisis alternative
7.seleksi alternative
8.implementasi alternatif

(9).. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud ’assumptions of rationality’, ’bounded rationality’, ’satisfice’ dan ‘escalation of commitment’ dalam decision making
Jawabassumption of rationality adalahadalah asumsi yang rasional dan masuk aka; sehat.
Bounded rationality Beberapa model manusia kelakuan di ilmu pengetahuan sosial mengasumsikan bahwa manusia bisa layak approximated atau digambarkan sebagai entitas “rasional” (melihat misalnya teori terpilih yang rasional). Banyak model ilmu ekonomi mengasumsikan bahwa orang hiper-rasional, dan tidak akan pernah melakukan apa saja untuk melanggar pilihan mereka. Konsep rasionalitas yang dibatasi merevisi asumsi ini untuk menerangkan fakta bahwa keputusan yang rasional dengan sempurna ialah sering tidak mungkin dalam prakteknya karena yang terbatas computational sumber penghasilan yang ada karena membuat mereka

Escalation of commitmentPeningkatan janji terlebih dulu digambarkan oleh Barry M. Staw di kertasnya 1976, “Lutut dalam di yang berlumpur yang besar: penelitian janji naik ke jalan tindakan yang dipilih”. [1]. Lebih baru-baru ini masa tenggelam berharga kekeliruan, sudah dipergunakan untuk menggambarkan gejala di mana orang membenarkan investasi bertambah di keputusan, berdasarkan investasi sebelumnya yang kumulatif, meskipun ada bukti baru yang mengusulkan agar keputusan salah mungkin.
Decissionmaking adalah Keputusan membuat bisa dianggap sebagai hasil proses jiwa (kognitif proses) menyebabkan seleksi jalan tindakan di antara beberapa pilihan. Setiap proses pembuatan keputusan menghasilkan pilihan terakhir. [1] hasil bisa menjadi tindakan atau pendapat terpilih.

(10).. Apa itu ‘instuition’ dan jelaskan dengan singkat bagian-bagian dari ‘instuition’ dalam decision making.
Jawab Intuisi adalah metode filosofis Perancis filsuf Henri Bergson. Di Perkenalan sampai Metafisika, Bergson memperkenalkan dua cara di yang benda bisa diketahui: secara absolut dan relatif. Menyinggung masing-masing cara pengetahuan adalah metode lewat yang bisa didapat. Latter’s metode adalah menilpon Bergson yang mana analisa, sedangkan metode intuisi kepunyaan dahulu yang
Bagian –bagian dari institusi :
1.institusi dan kerelatifan
2.institusi dan kewenangan

(11).. Jelaskan dengan singkat apa itu ’well-structured problems’ dan ’programmed decisions’ serta poorly structured problems’ dan ’nonprogrammed decision’s
Jawabwell-structured problemsadalah Menyusun menyusun bisa dilihat sebagai sub-set atau sub-disiplin prosedur pennyusunan, salah satu paradigma pemrograman utama. Paling terkenal karena menghilangkan atau mengurangi ketergantungan atas pernyataan GOTO. Menurut sejarah, beberapa teknik atau metodologi menyusun berbeda sudah diperkembangkan karena tulisan menyusun program. Yang paling biasa ialah: 1. Edsger Dijkstra disusun menyusun, di mana logika program adalah struktur yang terdiri dari sub-struktur mirip di jumlah terbatas cara. Ini mengurangi pengertian program untuk pengertian setiap struktur dinya sendiri, dan di kerabat kepada yang menahannya, pemisahan berguna keprihatinan. 2. Pandangan mendapat dari Dijkstra ‘s yang juga menganjurkan pemisahan program ke dalam sub-bagian-bagian dengan satu titik tempat masuk, tetapi dengan kuat menentang konsep satu titik jalan keluar. 3. Data Structured Programming, yang didasarkan di mencocokkan struktur data dengan struktur program. Pendekatan ini mempergunakan struktur pokok usulan
Setelh penyusunan daripada program yang terstruktur tersebut maka masalah struktur terjadi apabila tidak ada manejemen yang baik,

Programmed decision Memprogram keputusan. Keputusan yang disusun dibuat di situasi yang disusun dengan baik yang berulang yang rutin dengan peraturan keputusan pra-gigih. Yang ini mungkin berdasarkan kebiasaan, atau kebijakan, peraturan dan prosedur mapan dan berasal dari pengalaman sebelumnya atau pengetahuan teknik sekitar karya yang mana atau tidak menyisipkan situasi yang diberi.

Poorly structured problems adalah

NonProgrammed decisionN on-memprogram keputusan. Keputusan yang non-disusun adalah keputusan unik yang memerlukan ‘adat membuat’ pemecahan. Ini ialah kalau seorang manajer dihadapi dengan berbangunan sakit atau baru masalah dan tidak ada ‘luka dan pemecahan kering’. Ciptaan strategi pemasaran untuk servis baru melambangkan contoh keputusan yang non-disusun. Perkenalan IBM Australia komputer pribadi di 1980s tidak seperti keputusan lain yang mana pun perusahaan dulunya sudah membuat.

(12).. Jelaskan perbedaan antara procedures, policies dan rules
Jawab Prosedur adalah rentetan tindakan, perbuatan atau pelaksanaan yang paksa dilaksanakan di cara sama yang ditetapkan untuk selalu mendapatkan hasil sama di bawah situasi sama (misalnya, prosedur keadaan darurat). Lebih tidak secara persis berkata, kata ini bisa menunjukkan urutan aktivitas, tugas, langkah, keputusan, perhitungan dan proses, bahwa kalau dilakukan di urutan bulu burung yang diletakkan menghasilkan hasil, produk atau hasil yang digambarkan. Prosedur biasanya menyebabkan ganti.

Policies Kebijakan adalah rencana sengaja tindakan untuk menuntun keputusan dan mencapai rasional hasil (S). Masa mungkin mohon pemerintah, organisasi sektor pribadi dan kelompok, dan individu. Presiden perintah eksekutip, kebijakan kebebasan pribadi bisnis, dan peraturan parlementer urutan adalah semua contoh kebijakan. Kebijakan berbeda dengan peraturan atau undang-undang. Sedangkan undang-undang bisa memaksa atau melarang kelakuan (e.g. undang-undang yang menghendaki bayaran dari pajak atas penghasilan) kebijakan tindakan pemandu saja toward yang paling mungkin mencapai hasil yang diinginkan.

Rule hukum yang berlaku Explict pernyataan bahwa batas apa apa yang bisa atau tidak bisa dilakukan oleh seorang manajer atau pegawai

(13).. Jelaskan dengan singkat tiga kondisi dalam decision making
Jawab DecisioDecision-Makiing Condiitiions
• Certainty ;A situasi di yang seorang manajer bisa membuat accurate keputusan karena hasil setiap alternative terpilih diketahui.
• Risk ;A situasi di yang manajer dapat ke estimate kemungkinan (kemungkinan) hasil bahwa result dari pilihan pilihan khusus.
• Uncertainty Limited atau batasan informasi mencegah penilaian outcome kemungkinan untuk pilihan digaul dengan the masalah dan mungkin memaksa manajer untuk mengandalkan di intuition, firasat, dan “gut feelings”. Maximax: yang optimis manager’s terpilih ke maximize the maksimum payoff Maximin: yang pesimis manager’s terpilih ke maximize the minimum payoff Minimax: manager’s terpilih ke minimize sesal maksimum.

(13).. Jelaskan dengan singkat empat ’decision making styles’
Jawab DecisioDecision-Makiing Stylles
• Dimensions of Decision-Making Styles Ways of thinking Rational, tertib, dan consistent Intuitive, kreatif, dan unique Tolerance for ambiguity Low toleransi: memerlukan ketetapan dan order High toleransi: pikiran lipat ganda simultaneously
• Types of Decision Makers Directive Use informasi minimal dan mempertimbangkan sedikit pilihan. Analytic Make keputusan hati-hati di situasi unik. Conceptual Maintain pandangan luas dan mempertimbangkan banyak pilihan di making keputusan. Behavioral Avoid konflik dengan menjadi baik dengan orang lain dan reseptif sampai saran.

WEEK 4 (10 soal) (30%)
Bahan dari chapter 9

(14)..apa yang dimaksud dengan ’environmental scanning’ dan ’competitor intelligence’
Jawab environmental scanning ;Lingkungan memindai adalah proses pengumpulan, analyzing, dan membagikan informasi untuk maksud taktis atau strategis. Yang lingkungan memindai proses meliputi mendapatkan baik informasi faktual maupun subjektif atas lingkungan perusahaan di yang perusahaan membedah atau mempertimbangkan masuk.

competitor intelligence;;Saingan atau Intelijen Bersaing adalah bentuk asli intelijen perusahaan yang mengorientasikan secara eksternal yang mendahului Pimpinan Pengetahuan atau Pertambangan Data sebagai keprihatinan pokok eksekutif bertanggung jawab karena bertambah pasar membagikan.

(15).. jelaskan step-step dari benchamrking process
Jawab Benchmarking adalah proses membandingkan biaya, waktu atau kualitas apa yang dilakukan oleh satu organisasi pada apa yang dilakukan oleh organisasi lain. Hasil adalah sering kasus perusahaan karena mengadakan perubahan untuk membuat perbaikan. Juga merujuk sepaling pada “latihan benchmarking” atau “proses benchmarking”, adalah proses yang dipakai di pimpinan dan pimpinan benar-benar strategis, di organisasi yang mana menilai berbagai aspek proses mereka di kerabat untuk mengalahkan latihan, biasanya dalam sektor mereka sendiri. Ini kemudian membolehkan organisasi memperkembangkan rencana di bagaimana caranya untuk membuat perbaikan atau mengambil latihan terbaik, biasanya agar menambah suatu aspek perbuatan. Benchmarking mungkin satu-dari peristiwa, tetapi sering dianggap sebagai proses terus-menerus di organisasi yang mana secara terus-menerus mencoba menantang latihan mereka.
Step-step dari benchmarking:
Macam Benchmarking
* Process benchmarking – perusahaan pemrakarsa memusatkan pengamatan dan pemeriksaannya proses perusahaan dengan cita-cita mengenali dan mematuhi latihan terbaik dari satu atau lebih benchmark perusahaan. Analisa aktivitas akan diperlukan di mana tujuan akan benchmark berharga dan efisiensi; semakin terapan sampai proses kantor punggung di mana penyewaan tenaga luar mungkin menjadi pertimbangan.
* Financial benchmarking – melakukan analisa keuangan dan membandingkan akibat di usaha untuk menilai daya saing keseluruhan anda
. * Performance benchmarking – membolehkan perusahaan pegambil inisiatif menilai posisi bersaing mereka dengan membandingkan produk dan servis dengan yang dipunyai perusahaan sasaran.
* Product benchmarking – proses produk atau peningkatan baru mendesain ke yang sekarang. Proses ini kadang-kadang bisa memerlukan teknik kebalikan yang mengambil berpisahan produk saingan untuk menemukan kekuatan dan kelemahan.
* Strategic benchmarking – melibatkan melihat bagaimana orang lain bersaing. Macam ini adalah biasanya tak ada industri spesifik

(16).. jelaskan apa yang dimaksud dengan ’resources’ dan list empat teknik dari ’allocating resources’
Jawab Sumber penghasilan adalah entitas fisik atau betul-betul ketersediaan terbatas yang mana pun, atau apa saja dulu biasa menolong sesuatu mendapat living. [kutipan perlu] di kebanyakan kasus, komersial atau malah ethic faktor memerlukan jatah sumber penghasilan lewat pimpinan sumber penghasilan.
Empat teknik dari allocating resource:
1.finansial
2.phisisk
3.sumber daya manusia
4.ketahanan

(17).. jelaskan empat tipe dari budgeting
JawabAnggaran (dari bahasa Prancis bougette, dompet) secara umum merujuk pada daftar semua ongkos dan pendapatan berencana. Anggaran konsep penting di mikro-ilmu ekonomi, yang menggunakan garis anggaran untuk menghiasi perdagangan-offs di antara dua atau lebih barang-barang. Di syarat-syarat lain, anggaran organizational rencana diberitahukan di syarat-syarat keuangan. Di ringkasan, maksud penganggaran ialah yaitu:
1. Sediakan ramalan pendapatan dan expenditures i.e. membuat model bagaimana perusahaan kami mungkin melakukan secara finansial berbicara jika strategi, peristiwa dan rencana tertentu dilancarkan ke luar.
2. Mungkinkan pelaksanaan keuangan sebenarnya perusahaan diukur melawan ramalan.

Adapun tipe dari budget yakni:1. anggaran cash
2.penerimaan anggran
3.pengeluaran anggaran
4.keuntungan anggaran

(18).. jelaskan perbedaan atanra ’gant chart’ dengan ’load chart’

JawabSehelai grafik Gantt adalah sejenis grafik bar yang menjelaskan jadwal proyek. Grafik Gantt menghiasi teman kencan permulaan dan cat penutup elemen penghabisan dan elemen ringkasan proyek. Elemen penghabisan dan elemen ringkasan terdiri dari struktur kemacetan kerja proyek. Beberapa grafik Gantt juga menunjukkan ketergantungan (i.e, prioritas jaringan) hubungan aktivitas. Grafik Gantt bisa terbiasa dengan sandiwara status jadwal sekarang menggunakan persen-lengkap bayangan dan vertikal “HARI INI” garis sediperlihatkan di sini.
Load chart ::
Load chart 
(19)..jelaskan apa yang dimaksud dengan PERT network analysis, event, activities, slack time dan critical path dalam PERT network analysis serta jelaskan langkah-langkah dari menentukan PERT network
Jawab Program (atau Proyek) Teknik Evaluasi dan Tinjauan, secara umum menyingkatkan PERT, adalah model karena pengaturan proyek mendesain untuk menganalisa dan melambangkan tugas yang dilibatkan dalam menyelesaikan proyek yang diberi.
*event:pertandingan atau musim kompetisi
*aktivitas adalah beruapa kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
*slack time Debu batu bara: kekenduran peristiwa adalah ukuran waktu kelebihan dan sumber penghasilan yang ada dalam mencapai peristiwa ini. Debu batu bara positif (+) akan menyalakan lampu sein di depan jadwal; akan tunjuk debu batu bara negatif di belakang jadwal; dan akan tunjuk debu batu bara nol di jadwal.
* Critical Path: jalan setapak terus-menerus yang mungkin yang paling panjang yang dikeluarkan dari peristiwa pertama sampai peristiwa penghabisan. Menentukan jumlah waktu kalender yang diperlukan untuk proyek; dan, oleh karena itu, kelambatan waktu yang mana pun sepanjang garis edar kritis akan menunda mencapai pertandingan penghabisan oleh sedikitnya jumlah sama.
jelaskan langkah-langkah dari menentukan PERT network

The activity name
The normal duration time
The early start time (ES)
The early finish time (EF)
The late start time (LS)
The late finish time (LF)
The slack
(20)..tentukan gambarkan sebuah PERT network dari tabel kegiatan dibawah ini dan tentukan critical pathnya, tabel predecessor dan gant chartnya, dari kegiatan desain sistem di bawah ini:
KEGIATAN RELASI NODE KEG. SEBELUMNYA WAKTU
A. Survey 1-2 – 4
B. Studi kelayakan 2-4 A 20
C. Analisa sistem existing 2-3 A 10
D. Meninjau sistem 4-5 B.C 5
E. Menyiapkan spec. file yang rinci 5-7 D 10
F. Menyiapkan kebutuhan I/O 5-6 D 7
G. Spesifikasi program 7-9 E, F 12
H. Membuat prosedur manual 6-8 F 10
I. Siap untuk diprogram 8-10 dan 9-10 G,H –
Jawab

(21).. apa itu Break event point (BEP) dan sebutkan rumusan dari BEP tersebut
Jawab bep-malah titik disetel atas pembangkitan keuntungan dari usaha keras perusahaan. Pada hakekatnya, banyaknya pendapatan yang ditimbulkan oleh usaha menghasilkan, memasarkan, dan menjual baik atau industri jawa adalah cukup untuk menutupi semua ongkos
Rumus bep= total fixed cost
Unit price –uniy variable

(22). jelaskan dengan ringkas apa itu project manajement, kenapa project management menjadi sebuah teknik perencanaan yang popular, jelaskan
.jawabprojek manajemen adalah  Pengaturan proyek adalah disiplin perencanaan, penyelenggara, dan mengelola sumber penghasilan untuk menghasilkan penyelesaian berhasil cita-cita proyek dan tujuan spesifik. Proyek adalah usaha keras terbatas (mempunyai teman kencan permulaan dan penyelesaian khas) dilakukan untuk membuat produk atau servis unik yang menghasilkan uang kembalian bermanfaat atau tambahan nilai
Projek manajemen manjadi sangat popular itu dapat disebabkan oleh salah satu bemtuk pengaturan yang sangat baik dan tertata dengan rapi sekali.
Dengan kata lainya sebelum mancapai kesuksesan yang diinginkan akan swlalu erusaha sekerasd mungkin tentunya.

(23).. list step-step dari project planning process
JawabPerencanaan proyek memasang yayasan untuk keberhasilan pengaturan proyek anda. Perencanaan proyek mutu memungkinkan manajer proyek mendapat informasi berguna karena membuat keputusan untuk mencapai cita-cita keamanan, waktu dan anggaran. Perencanaan proyek buruk menjadikan pengaturan proyek tidak berdaya dari mempergunakan proses analitik yang mana pun untuk mencapai cita-cita sama. Adalah “sampah di, sampah ke luar” aksioma di kerja. Oleh karena itu, tahap perancang untuk proyek yang mana pun sebaiknya diberi sebanyak perhatian semungkin.
Perencanaan Proyek manual Perencanaan proyek di banyak industri masih adalah “permulaan dari luka garukan”, kerja intensif usaha untuk setiap proyek baru. Perecana menganalisa masing-masing elemen kerja logis dengan menegaskan langkah perlu (tugas), menaksir syarat lamanya dan sumber penghasilan mereka dan memaparkan jaringan logika untuk mengurutkan (menjadwalkan) mereka. Diberi cukup waktu, personalia berpengalaman bisa menghasilkan rencana mutu yang paling tinggi dengan proses perancang yang manual. Sayangnya, tekanan perusahaan dan keterbatasan waktu selalu tidak membolehkan perecana kemewahan secara manual merencanakan ke yang terbaik dari kemampuan mereka. Perencanaan proyek dengan Kerangka Proyek Dengan munculnya komputer dan perangkat halus pengaturan proyek, berkas proyek dapat dipakai kembali (kerangka proyek) sudah menjadi alat berharga bagi perecana proyek. Kerangka proyek menambah produktivitas perecana dan pertolongan menstandarisasi perkiraan dari proyek untuk memproyeksikan. Mayoritas peserta data, menaksir dan menjadwalkan usaha sudah dilakukan. Perecana bisa menumpukan di membuat menurut pesanan sebelumnya (sejarah) usaha.
(24).. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
JawabKomunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
Perbedaan antara komunikasi interpersonal dan komunikasi organisasi adalah:
Komunikasi inter[ersonal adalah komuikasi kita terhadapa sesame dan kerabat kita sehari-hari,yang saling mengerti maksud dan tujuan tertentu.
Sedangkan komiunikasi organisasi yaitu komunikasi yang formal yang didalam penggunaan kata maupun kalimat haruslah terarah dan punya arti yang penting dan dapat dimengerti maksudnya,logis,akurat dan tidak ambigu pemakaiaan kata tersebut

(25).. jelaskan proses dari interpersonal communication
Jawab Komunikasi antar perseorangan ditegaskan oleh sarjana komunikasi di banyak cara, meskipun kebanyakan definisi memerlukan peserta yang inter-dependen pada satu sama lain, mempunyai sejarah yang dibagikan. Saluran komunikasi adalah yang dipilih yang sedang untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke kurator. Saluran komunikasi bisa categorized ke dalam dua kategori utama: saluran Langsung dan tak Langsung komunikasi. Saluran langsung adalah yang nyata dan dengan mudah bisa dikenali oleh kurator. Mereka juga di bawah kontrol langsung pengirim. Di kategori ini adalah saluran lisan dan nonverbal komunikasi. Saluran komunikasi lisan adalah yang memakai kata di suatu cara, seperti komunikasi atau komunikasi diucapkan yang ditulis. Saluran komunikasi nonverbal adalah yang tidak memerlukan kata tolol, seperti ekspresi muka jelas tertentu, gerak-gerik badan dapat dikuasai (seperti bahwa dibuat oleh polisi lalu-lintas untuk menguasai lalu-lintas di persimpangan), warna (merah untuk bahaya, alat hijau pergi dll), baik (sirene,
(26).. jelaskan beberapa rintangan dalam effective interpersonal communication
Jawab Daya tarik antar perseorangan (dikenal sebagai daya tarik biologis di binatang) adalah daya tarik di antara orang yang menyebabkan persahabatan dan hubungan romantik. Penelitian daya tarik antar perseorangan adalah bidang utama belajar di psikologi sosial. Di pengertian sehari-hari, daya tarik antar perseorangan berhubungan dengan berapa kami sukai, cinta, ketidaksukaan, atau kebencian seseorang. Daya tarik antar perseorangan bisa dipikirkan sebagai akting angkatan perang di antara dua orang yang cenderung menggambar mereka bersama, dan menolak pemisahan mereka. Menurut seorang tokoh pandangan psikolog, daya tarik antar perseorangan adalah kualitas orang yang cenderung menarik oleh memohon sampai hasrat orang lain. [1] Kalau mengukur daya tarik antar perseorangan, sesuatu harus merujuk pada kualitas yang ditarik serta kualitas attractor untuk mencapai predictive ketepatan. Disarankan bahwa untuk menentukan daya tarik, kepribadian dan situasi harus diperhitungkan. Repulsion adalah juga faktor di proses daya tarik antar perseorangan, konsepsinya “daya tarik”
Rintanganya adalah terletaj terhadap pemakaiaan bahasa yang baik
(27).. sebutkan dan jelaskan dengan ringkas tipe dari komunikasi dalam organisasi
Jawab
Mendengar yang efektif dapat meningkatkan kualitas komunikasi, karena dengan mendengar yang efektif penerima berusaha bersikap empati, mencoba memahami apa yang disampaikan dengan baik, dan memberikan perhatian yang semestinya untuk tercapainya tujuan komunikasi.
Modul ini akan membahas mengenai Komunikasi bisnis yang efektif yang akan dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan belajar, yang terdiri atas:
1) Membangun komunikasi yang efektif dalam tim kerja
2) Mengasah kecakapan mendengar yang efektif
Dengan mempelajari modul ini dengan baik dan benar, diharapkan Anda dapat memahami dan mampu berkomunikasi dalam tim kerja dan membangun serta mengasah kecakapan mendengar yang efektif. Setelah mempelajari modul ini diharapkan anda dapat:
a. Menguasai konsep dan teknik dalam membangun komunikasi tim kerja yang efektif.
b. Mengusai kecakapan mendengar yang efektif untuk meningkatkan kinerja komunikasi kita.
c. Mengatasi hambatan dalam mendengar yang efektif

(27).. jelaskan dengan ringkas three common organizational communication netrworks
Jawab

(28). jelaskan dengan ringkas, bagaimana mungkin manajer dapat menggunakan ‘grapevine bagi keuntungan organisasi mereka
Jawabmunkin sang manejer aan sangat mungkin sekali berbagi graphvine dalam organisai mereka
Salah satu contoh yang sanga t kompleks dapat kita ketahui dari keuntungan yang diperoleh perusahaan pada saat tertentu,untung itu dapat berupa uang dan sejumlah hasil penjualan saham dan produk-produk yang laku pesat di kalangan masyarakat
(29).. apa itu e-mail, instant messaging, blogs dan wikis, voice mail, fax, EDI, teleconferencing, videoconferencing, intranet dan extranet, jelaskan dengan ringkas
Jawab:e-mail adalah== Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet.
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
*instant messaging:
Seketika messaging (IM) adalah bentuk komunikasi waktu sebenarnya di antara dua atau lebih orang mendasarkan di mengetik teks. Teks dibawa via komputer menyambung di atas satu jaringan seperti Internet.

*voice mail: Voicemail (or voice mail, voice-mail, vmail or VMS, sometimes called messagebank) is a centralized system of managing telephone messages for a large group of people.
*Wiki: Wiki adalah halaman atau koleksi Halaman Web mendesain untuk memungkinkan siapa saja yang akses itu untuk menyumbang atau mengubah isi, memakai bahasa kenaikan harga yang disederhanakan. [1] [2] Wikis sering dipakai untuk menciptakan collaborative situs web dan untuk menggerakkan situs web himpunan. Collaborative encyclopedia Wikipedia adalah salah satu yang diketahui terbaik wikis. [2] Wikis dipakai di bisnis untuk menyediakan intranets dan sistem Pimpinan Pengetahuan. Ward Cunningham, pengembang yang pertama wiki perangkat halus, WikiWikiWeb, semula menggambarkannya sebagai yang “online yang paling sederhana database itu mungkin bisa bekerja”. [3]
*Blog: Blog (kontraksi “batang kayu Jaringan” masa) kata Situs Web, biasanya oleh seorang individu [1], dengan peserta biasa ulasan, descriptions peristiwa, atau lain bahan seperti graphics atau video. Peserta secara umum ditunjukkan di urutan kebalikan-kronologis. “Blog” juga bisa dipakai sebagai kata kerja, bermaksud memelihara atau menambahkan rasa puas ke blog.
*Fax: Memfax fas (pendek untuk faksimile, dari bahasa Latin fac simile, “membuat mirip”, i.e. “Buat tiruan”) adalah teknologi telekomunikasi dulu biasa memindahkan tiruan (faksimile) dokumen, alat dapat diberi yang teramat menggunakan yang membedah tentang jaringan telepon. Kata telefax, pendek untuk telefacsimile, untuk “membuat tiruan dari jauh”, juga dipakai sebagai sinomin. Walaupun memfax tidak adalah akronim, sering secara salah ditulis sebagai seperti itu (“FAX”). Alat juga diketahui sebagai telecopier di industri tertentu. Kalau mengirim dokumen kepada orang di jarak besar, memfax mempunyai keuntungan jelas di balik pos pos di itu pengantaran hampir seketika itu juga, namun keadaan merugikannya di kualitas sudah memindahkannya sampai posisi di bawah email sebagai bentuk berlaku elektronik dokumen transferral.
*EDI: Menguburkan-perusahaan, lamaran-ke-penggunaan komunikasi data di format standar untuk transaksi perusahaan, Pertukaran Data Elektronik (Edi) adalah seset ukuran karena menyusun informasi bahwa akan secara elektronik bertukaran di antara dan dalam perusahaan, organisasi, entitas pemerintah dan kelompok lain. Ukuran menggambarkan struktur yang menandingi dokumen, misalnya perintah pembelian untuk mengotomatkan pembelian. Masa Edi juga dipergunakan untuk merujuk pada pelaksanaan dan pelaksanaan sistem dan proses untuk menciptakan, menularkan, dan menerima Edi dokumen.
Video conferencing: Videoconference (juga dikenal sebagai videoteleconference) adalah seset teknologi telekomunikasi interaktif yang membolehkan dua atau lebih lokasi saling mempengaruhi via dua jurusan video dan audio pengiriman secara bersamaan. Juga sudah dianggap kerjasama visual dan ialah sejenis groupware. Berbeda dari videophone di itu didesain untuk melayani konferensi daripada individu.
*intranet: Intranet adalah jaringan komputer pribadi yang memakai protokol Internet dan jaringan connectivity untuk dengan aman salingberbagi bagian informasi atau sistem cara bekerja organisasi yang mana pun. Kadang-kadang masa merujuk hanya pada situs web dalam organisasi, tetapi sering adalah sebagian prasarana komputer dan situs web pribadi organisasi yang lebih besar adalah bagian penting dan titik pusat komunikasi dan kerjasama dalam. Intranet dibuat dari konsep dan teknologi sama dipakai untuk Internet, seperti klien dan server yang mengenai Internet Protocol Suite (TCP/IP). Protokol Internet tenar yang mana pun mungkin ditemukan di intranet, seperti HTTP (servis jaringan), SMTP (mengirimkan e-mail kepada), dan FTP (menyimpan memindahkan). Ada sering percobaan untuk menggunakan teknologi Internet untuk menyediakan modern interfaces sampai sistem informasi warisan yang mengadakan data bisnis. Intranet bisa dimengerti sebagai versi pribadi Internet, atau sebagai
Ekstranet: Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

(30).. jelaskan dengan ringkas bagaimana information technology memberikan efek bagi organisasi
Jawab:sangat baik dan mendukung ,semua pekerjaan menjadi gampang dan terarah
Dampakny bagi organisasi adalah menjadikan perusahaan atau suatu organisasi menjadi sangat maju dan cepat berkembang pesat dan untuk itulah diciptakan informasi teknologi untuk kemajuan usaha dan mempermudah pekerjaan baik secara individu dan organisasi kecil dan besar.

(31),, apakah benar teknologi informasi memberikan efektifitas dan efisiensi bagi kinerja manajer, jelaskan dengan ringkas menurut pendapat anda.
Jawabbenar, Dampaknya bagi organisasi adalah menjadikan perusahaan atau suatu organisasi menjadi sangat maju dan cepat berkembang pesat dan untuk itulah diciptakan informasi teknologi untuk kemajuan usaha dan mempermudah pekerjaan baik secara individu dan organisasi kecil dan besar.
Atau
Setelah sekian tahun seekor kucing mengembara, akhirnya kucing itu berhasil ditemukan kembali berkat chip yang telah ditanamkan padanya yang memberikan informasi identitas pemiliknya.
Beberapa waktu yang lalu di sebuah surat kabar memasang foto sebuah keluarga yang bahagia lengkap dengan seekor kucing kesayangannya. Sepintas fotonya tersebut biasa-biasa saja karena hanya menceritakan sebuah keluarga. Tetapi kalo diteliti lebih lanjut, ternyata kucing kesayangan mereka itu baru saja ditemukan dari pengembaraannya sekian tahun. Kucing tersebut ditemukan berkat bantuan sebuah chip yang ditanam pada tubuh kucing tersebut yang memberikan informasi mengenai identitas pemiliknya. Ini contoh kecil dari dampak positif teknologi bagi kehidupan manusia.
Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi lainnya misalkan di bidang jasa pelayanan kesehatan. Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui internet. Contoh lain misalnya di bidang hiburan. Sekarang banyak bermunculan polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan.
Pernahkah kita sadari di lain sisi, kita mendengar dampak negatif dari pemanfaatan teknologi? Salah satu penelitian yang di lakukan di Universitas Tohoku Jepang menunjukan bahwa jika anak-anak dijejali aneka permainan komputer, maka lama-kelamaan akan terjadi kerusakan di sebagian otaknya (masih mau main game berlama-lama lagi?). Atau seperti kejadian di Thailand di mana seorang gadis remaja gantung diri karena frustasi tidak dapat menyelesaikan permaian bomber man. Di bidang kriminalitas, walaupun belum ada penelitian yang kongkret tapi dipercaya bahwa ada korelasi positif antara bermain permainan computer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya permaian komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan. Di bidang perbankan, lebih mengkhawatirkan lagi penggunaan kartu kredit illegal (carding). Belum lagi perseteruan antara pembuat virus dan antivirus yang tidak pernah berhenti sepanjang masa.
Fenomena seperti ini adalah sebagian kecil contoh yang dekat dengan kehidupan kita. Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah bagaimana kita harus menyikapi? Apakah kita berdiam diri? Atau ikut terlibat dalam perkembangan teknologi informasi? Dampak positif dan negative dari suatu perkembangan teknologi adalah pilihan di tangan kita.
Banyak literatur yang mendefinisikan teknologi informasi. Secara simpel, teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan berbagai bentuk media dan format (image, suara, text, motion pictures, dsb). Mari kita telusuri bagaimana dampak teknologi informasi terhadap kehidupan kita. Dari pengalaman dan pengamatan, tahapan pemanfaatan teknologi informasi dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus, tip-ex, proses editing, dsb yang cenderung tidak efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak (paperless). Lebih effisien dalam waktu dan tempat penyimpanan file. Makanya dahulu banyak kursus mengetik, sekarang sudah jarang kita temui kursus mengetik apalagi di kota-kota besar.
Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat menggantikan cara konventional yang memberikan benefit, maka orang mulai melihat kelebihan lainnnya, misalnya menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. Nah, dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang.
Orang sudah mau investasi dalam menyediakan perangkat keras dan lunak untuk mengelola data dan menghasilkan laporan secara lebih akurat dan menyeluruh. Dari level top management proses pengolahan data menjadi informasi dan akhirnya menjadi pengetahuan (knowledge) digunakan sebagai proses untuk mengambil keputusan sehingga keputusan yang diambil akan terstruktur dan terarah (Executive Decision Making). Tahapan terakhir dimana orang sudah berani menginvestasi secara optimal untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya manusia untuk mengoperasikan bisnisnya. Pemanfaatkan teknologi infomasi sudah secara menyeluruh dan terpadu untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dan meningkatkan effisiensi dan effektivitas perusahaan.
Kalau kita kaitkan perkembangan teknologi informasi dengan pemerintah saat ini yang lebih dikenal dengan e-government, tahapan penerapan teknologi informasi dikategorikan dalam tahapan persiapan, pematangan, pemantapan dan pemanfaatan. Menurut pengamatan dan penelitian yang dilakukan oleh Departmen Komunikasi dan Informasi, saat ini Indonesia baru memasuki tahapan persiapan dan menuju ke arah pematangan. Jadi masih banyak sekali pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh pemerintah untuk mensosialisaikan kepada masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi. Jika kita bergantung sepenuhnya kepada pemerintah, jelas kita akan tertinggal jauh dan memakan waktu yang lama. Disini dituntut peranan kaum professional yang aktif untuk mensosialisasikan pemanfaatan teknologi di segala bidang. Salah satu yang merupakan terobosan kreatif adalah pemanfaatan open source sebagai platform dalam menciptakan aplikasi. Contohnya seperti yang dilakukan tim SisFoKampus (www.sisfokampus.net) dalam mengembangkan penerapan komputerisasi dalam dunia pendidikan. Memang kendala yang utama dihadapi adalah bagaimana mengubah pola pikir dari institusi pendidikan dan menyiapkan infrastruktur yang mendukung. Yang jelas belajar dari pengalaman, jika masyarakat sudah merasakan penerapan SisFoKampus dapat menciptakan efisiensi dalam proses belajar mengajar, efisiensi biaya, dan mendorong terbentuknya komunikasi kampus secara terorganisir, maka dengan sendirinya sisfokampus akan berkembang dan dibutuhkan.

Komputer Bagi Anak

Selain memiliki manfaat, komputer juga menyimpan mudhorot. Keterlibatan orangtua amat diperlukan untuk mencegah anak mengambil manfaat dari kotak ajaib ini.
Ibu Endang merasa beruntung anak-anaknya ‘bersahabat’ dengan komputer sejak dini. Fatih (9), anaknya yang pertama, tak hanya senang bermain games, namun juga lancar mengoperasikan berbagai program olah kata dan angka. Sementara adiknya, Nadia (4) yang baru belajar mengenal komputer, sudah asyik menjajal program pendidikan dalam mengenal warna dan bentuk saja. Fatih kini pintar matematika lantaran sering berlatih dengan bantuan komputer. Sementara Nadia punya banyak kosakata bahasa Inggris juga lantaran sering bermain komputer.
Tetapi, Ibu Rahmi justru merasa punya masalah dengan ‘keakraban’ anaknya dengan komputer. Menurutnya, Rizki (7 tahun) kini lebih sukai ‘bermain’ dengan komputernya daripada dengan teman-temannya. Rizki bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain games. Ia juga malas bila diajak menulis atau menggambar. Tak heran, tugas menggambar di sekolah tidak pernah dikerjakannya sampai tuntas. Tetapi, untuk menggambar di komputer ia sangat pandai. Maklum, dengan satu dua klik-an saja, ia sudah dapat menggambar dan mewarnai dengan sempurna.
Pernah punya pengalaman senada?
Positif-Negatif
Nina Armando, Staf Pengajar Jurusan Komunikasi FISIP UI, mengatakan bahwa kemunculan teknologi komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.
Senada dengan Nina, Muhammad Rizal, Psi, Psikolog di Lembaga Psikologi Terapan UI, mengatakan banyak manfaat dapat diambil dari penggunaan komputer, namun tak sedikit pula mudhorot yang bisa ditimbulkannya.
Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.
Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play).
Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Namun, sisi mudhorot penggunaan komputer tak juga bisa diabaikan. Salah satunya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.
Akses negatif lewat internet
Pengaruh negatif lain, disepakati Nina dan Rizal adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.
Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Nina mengungkapkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran seks, saat tengah berselancar di internet.
Meski demikian, baik Nina maupun Rizal sepakat bahwa mengajarkan internet bagi anak, di zaman sekarang merupakan hal penting. Hanya saja, demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua.
Pertama, orangtualah yang seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet. Karena itu, ujar Nina, orangtua terlebih dahulu harus ‘melek’ media dan tidak gatek.
”Sayangnya, seringkali anaknya sudah terlalu canggih, sementara orangtuanya tidak tahu apa-apa. Tidak tahu bagaimana membuka internet, juga tidak tahu apa-apa soal games yang suka dimainkan anak. Nanti ketika ada akibat buruknya, orangtua baru menyesal,” sesal Nina.
Kedua, gunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan.
Ketiga, letakkan komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Meletakkan komputer di dalam kamar anak, menurut Nina akan mempersulit orangtua dalam hal pengawasan. Anak bisa leluasa mengakses situs porno atau menggunakan games yang berbau kekerasaan dan sadistis di dalam kamar terkunci. Bila komputer berada di ruang keluarga, keleluasaannya untuk melanggar aturan pun akan terbatas karena ada anggota keluarga yang lalu lalang.
Cegah kecanduan
Pengaruh negatif lain bagi anak, menurut Rizal, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, menurut Rizal, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer sepulang sekolah setelah selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang lebih longgar dapat diberikan pada hari libur.
Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik bagi anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.
Peran penting orangtua
Menimbang untung ruginya mengenalkan komputer pada anak, pada akhirnya memang amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua orangtua, Rizal kembali mengingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi anak.
Pertama, berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang.
Kedua, perhatikan bahwa komputer juga punya efek-efek tertentu, termasuk pada fisik seseorang. Karena perhatikan juga amsalah tata ruang dan pencahayaan. Cahaya yang terlalu terang dan jarak pandangan terlalu dekat dapat mengganggu indera penglihatan anak.
*TERIMA KASIH*
NAMA: VASKO EDO GULTOM
NIM : 071402009
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
DEPARTEMEN TEKNIK PERANGKAT LUNAK
-FMIPA-
2008

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s