buku pedoman tpl ’07 di usu


Bab 1
Informasi Umum

1.1 Sejarah Singkat FMIPA USU

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara didirikan pada tanggal 25 Agustus 1965. Fakultas ini pada mulanya bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam, Universitas Sumatera Utara (FIPIA USU). Usaha pendirian FIPIA USU sudah dirintis sejak tahun 1959 melalui proses yang panjang dan berliku-liku dalam berbagai Rapat/sidang di Fakultas Teknik USU dan juga Rapat/Sidang pimpinan USU yang ketika itu disebut Rapat “Presiden dan Asesor”. Usaha untuk mendirikan FIPIA USU dilakukan oleh Bapak Prof. A.T. Barus yang menjadi staf pengajar di Fakultas Teknik USU.
Setelah terbentuknya Panitia “Pembentukan FIPIA USU”, maka nama-nama panitia dikirim kepada Kepala Biro Koordinasi Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Pengajaran (PP&K) di Jakarta dengan surat nomor D/3420/6/Upen/K tanggal 23 Desember 1959 oleh Prof. dr.A.Sofjan, waktu itu menjabat sebagai Presdien USU. Adapun susunan Pantia Pembentukan FIPIA USU tersebut adalah :

Ketua Umum : Prof. dr. A. Sofjan (Presiden USU)
Ketua : Prof. G.A. de Neve (Dosen Fakultas Teknik USU)
Sekretaris : A.T. Barus, M.Sc. (Dosen Fakultas Teknik USU)
Anggota :
1. Prof. S.K. Mukherjee (Guru Besar pada Fakultas Pertanian USU)
2. Lie Chien Chian (Apoteker pada Apotik Deli Medan)
3. Prof. Ir. F. Althusius (Guru Besar pada Fakultas Kedokteran USU)
4. Prof. Drs. C.H.D. Steinmetz (Guru Besar pada Fakultas Kedokteran USU)
5. Prof. J.C. van Meer Mohr (Guru Besar pada Fakultas Kedokteran USU)
6. Overste Nelang Sembiring (Asisten Peperda/Kepala Staf Pempen T & T I)
7. Prof. G.O.F. Dengel (Guru Besar pada Fakultas Pertanian USU)
8. Prof. J.E.W. Heubult (Guru Besar pada Fakultas Pertanian USU)
9. drs. C.C. Siregar (Lektor Muda pada Fakultas Kedokteran USU)
10. O..M. Lumbantobing (Inspektur Kepala Dinas Kehutanan Daerah Swatantara Tk-I Sumatera Utara, Daswati-I Sumut)
11. M. Sumardi (Inspektur Kepala Dinas Perikanan Darat Daswati-I Sumut)
12. R. Amin Katamsi (Inspektur Kepala Dinas Perikanan Laut Daswati-I Sumut)
13. Amiruddin Nasution (Inspektur Kepala Dinas Pertanian Daswati-I Sumut)
14. R. Suratman (Inspektur Kepala Dinas Kehewanan Daswati-I Sumut)
15. drs. Harmani Subandi, Apt. (Apoteker pada Apotek Subur di Medan)
16. Manis Manik (Ketua Gappersu Medan)
17. Rajamin Lubis (Ketua PPN Medan)

Kemudian Presiden USU meminta kepada Menteri PP dan K yang waktu itu dijabat oleh Prof. dr. Prijono melalui surat nomor D/526/Upen/K, tanggal 5 April 1960 agar menetapkan Panitia Pembentukan FIPIA USU tersebut di atas mulai tanggal 11 Januari 1960. Menteri PP dan K menanggapi usul tersebut dan suratnya nomor 714228/S tanggal 25 Agustus 1960, meminta agar Susunan Pimpinan Fakultas dan Daftar Nama Dosen-dosenya segera dikirim ke Jakarta. Panitia mulai menyusun program dan mencari calon staf dosen FIPIA USU, namun akibat terjadinya pergolakan di USU yang mengakibatkan pindahnya Prof. G.A. de Neve ke Bandung, berakibat kegiatan mempersiapkan berdirinya FIPIA USU terhenti buat sementara waktu.
Pada tahun 1962, datanglah tiga orang dosen ke USU yaitu drs. P.Siagian, drs.P.B. Simanjuntak (keduanya Jurusan Matematika), serta Ir. Kardi Yusuf (Jurusan Fisika), ketiganya bertugas di Fakultas Teknik USU. Dengan adanya ketiga orang ini, ide pembentukan FIPIA USU kembali dimunculkan dalam sidang-sidang Fakultas Teknik USU. Namun dengan adanya pergolakan baru di USU yang mengakibatkan jatuhnya Presiden USU Prof. dr. A. Sofjan yang kemudian digantikan oleh sebuah Presdium pada tahun 1963, maka rencana pendirian FIPIA USU kembali ditangguhkan (surat Presdium nomor D/97/O/Upen/K, tanggal 8 Januari 1964).
Pada awal tahun 1965, keadaan USU sudah stabil dan saat itu Rektor USU dijabat oleh drg. Nazir Alwi, persiapan untuk mendirikan FIPIA USU dirasa sudah cukup matang dan disepakati untuk membuka FIPIA USU dengan tiga jurusan sekaligus, yaitu Matematika, Fisika dan Kimia. Selanjutnya, rencana ini, diteruskan oleh Rektor USU drg. Nazir Alwi ke Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) yang saat itu dijabat oleh Brigjen dr. Syarief Thajeb untuk mendapatkan persetujuan. Akhirnya ditetapkanlah pendirian FIPIA USU pada tanggal 25 Agustus 1965 dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No.190/1965 tertanggal September 1965. Walupun SK pendirian baru dikeluarkan pada bulan September, namun pimpinan FIPIA USU telah dilantik oleh Menteri PTIP tanggal 25 Agustus 1965, dengan susunan sebagai berikut :

• Dekan : Andreas Teman Barus, M.Sc.
• Pembantu Dekan I : drs. Pemimpin Siagian (Alm)
• Pembantu Dekan II : drs. Djendaita Pinem (Alm)
• Pembantu Dekan III : drs. Raden Achmad Soekemi, Apt. (Alm)

Dengan berdirinya FIPIA USU, maka untuk tahun ajaran 1965/1966 dimulailah penerimaan mahasiswa baru untuk tiga jurusan, yaitu Jurusan Matematika (Ketua Jurusan drs. P.Siagian), Jurusan Fisika (Ketua Jurusan A.T. Barus, M.Sc), dan Jurusan Kimia (Ketua Jurusan drs. R.A. Soekemi, Apt.). Seluruh kegiatan termasuk proses belajar-mengajar dilakukan dengan menumpang di Gedung Fakultas Teknik USU yang berada di Jl.Sun Yat Sen No.52.

1.2 Sejarah Singkat Program Studi
Program Studi Teknik Perangkat Lunak Strata-1 (S-1) didirikan pada tahun 2007 melalui SK DIKTI No 1629/D/T/2007 tanggal 6 Juli 2007 yang dalam masa awal pembukaannya dikelola di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara (FMIPA USU). Program studi ini diharapkan menjadi cikal bakal bagi pembukaan satu fakultas tersendiri yang berkonsentrasi pada bidang ilmu komputer dan teknologi informasi. Sejalan dengan itu, pada masa mendatang akan dapat pula dibuka beberapa program studi baru yang berada di bawah Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi tersebut seperti program studi Sains Informasi, program studi Teknologi Multimedia, program studi Manajemen dan Administrasi Sistem Informasi, dan lain lain. Sementara itu, program studi Ilmu Komputer yang telah lebih dahulu dibuka dan sekarang ini sudah di bawah naungan FMIPA USU, dapat pula disatukan sebagai salah satu departemen pada Fakultas Sains dan Teknologi Informasi yang akan dibuka tersebut.

1.3 Pimpinan Program Studi
Ketua : Dr. Opim S. Sitompul, M.Sc.
Sekretaris : Drs. Sawaluddin, M.IT.
Kepala Laboratorium : –
Kepala Sub Bag. Tata Usaha : –
PUMC : Sakino

Bab 2
Visi, Misi dan Tujuan Program Studi

2.1 Visi dan Misi Universitas Sumatera Utara
Pembukaan Program Studi Teknik Perangkat Lunak Strata-1 (S-1) USU adalah dalam rangka mendorong tercapainya visi dan misi Universitas Sumatera Utara.
2.1.1 Visi Universitas Sumatera Utara
Visi Universitas Sumatera Utara adalah: The University for Industry.
2.1.2 Misi Universitas Sumatera Utara
Untuk mencapai visi tersebut, USU mengemban misi sebagai berikut:
 Menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat akademik dan atau profesional dengan kemampuan menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya ilmu penge-tahuan, teknologi dan seni;
 Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, dan pengembangan penerapannya untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan mem-perkaya kebudayaan nasional;
 Memperluas partisipasi dalam pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan nasional dalam pembelajaran, dan pemodernisasian cara pembelajaran.
2.2 Visi dan Misi Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak USU
Sejalan dengan visi dan misi Universitas Sumatera Utara, Program Studi Teknik Perangkat Lunak Strata-1 (S-1) mempunyai visi dan misi yang secara umum bertujuan meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan Universitas Sutara Utara.
2.2.1 Visi
Menjadi penyelenggara pendidikan yang profesional dan pusat pengembangan ilmu pengatahuan dalam bidang ilmu dan Teknik Perangkat Lunak di Sumatera khususnya, dan di Indonesia umumnya.

2.2.2 Misi
Untuk mencapai visi tersebut, maka dirumuskanlah misi Program Studi Teknik Perangkat Lunak Strata-1 (S-1) USU sebagai berikut:
 Menyelenggarakan pendidikan yang efektif, efisien dan berkesinambungan dalam bidang ilmu Teknik Perangkat Lunak yang mendukung peningkatan sumber daya manusia di lingkungan industri, pendidikan, jasa dan layanan masyarakat.
 Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagaimana dituntut oleh pasar kerja dan masyarakat serta memiliki moral yang tinggi.
 Menumbuhkan dan mengembangkan pengalaman meneliti dalam bidang ilmu Teknik Perangkat Lunak serta menyebarluaskan hasilnya melalui publikasi dan pertemuan ilmiah.
2.3 Tujuan Pembukaan Program Studi Teknik Perangkat Lunak
Pendidikan Program Studi S1 Teknik Perangkat Lunak yang dibuka ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar tenaga kerja global, serta memiliki pengetahuan yang cukup untuk melanjutkan studi dalam bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Kemampuan yang dimiliki oleh para lulusan berupa pengetahuan dan ketrampilan dalam memanfaatkan komputer dalam proses rekayasa, menguasai teknik dan metode penyelesaian masalah (problem solving) berbantuan komputer, serta mampu mengembangkan kegiatan penelitian terpakai dan mampu meneruskan studi lanjutan.
Lulusan Program Studi Teknik Perangkat Lunak, diharapkan juga memiliki kemampuan berfikir dan menulis secara jelas, efektif dan kritis, serta dapat berkomunikasi dengan tepat, meyakinkan dan berbobot. Lulusan juga harus mempunyai pemahanan dan pengalaman yang memadai dalam berfikir secara sistematis mengenai persoalan-persoalan moral dan etika.
Pendidikan Program Teknik Perangkat Lunak FMIPA USU menawarkan jumlah kredit semester sebesar 144 SKS, yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu 4 (empat) tahun. Mahasiswa yang telah memperoleh 144 SKS dan tidak memiliki nilai D dan E, serta telah memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan, akan dinyatakan lulus sebagai Sarjana Teknik Perangkat Lunak dengan gelar S.Kom.

2.4 Perkiraan Lapangan Pekerjaan Lulusan
Lulusan Program Studi S1 Teknik Perangkat Lunak yang dihasilkan, diharapkan menjadi tenaga profesional TI yang berkualifikasi sebagai sistem engineer, sistem analis, sistem desainer dan/atau programmer teknologi informasi dalam lapangan pekerjaan sebagai berikut:
1. Departemen Komunikasi dan Informasi pada instansi-instansi pemerintahan.
2. Departemen Teknologi Informasi pada lembaga-lembaga BUMN.
3. Lembaga-lembaga perbankan dan keuangan lainnya yang memerlukan dukungan teknologi informasi.
4. Lembaga-lembaga yang berkecimpung dalam teknologi multimedia.
5. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia layanan media informasi elektronik.
6. Perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang teknologi informasi.
7. Perusahaan-perusahaan atau lembaga swasta lainnya yang membutuhkan tenaga profesional teknologi informasi.
8. Menjadi wiraswasta profesional yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru di bidang teknologi informasi.

Bab 3
Kurikulum

3.1 Kompetensi Lulusan

Teknik Perangkat Lunak (Software Engineering) bertujuan untuk menerapkan sebuah pendekatan yang sistematik, berdisiplin dan terukur terhadap pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan perangkat lunak. Disiplin ilmu teknik perangkat lunak meliputi pengetahuan, perkakas (tools) dan metode untuk menentukan kebutuhan perangkat lunak, serta melaksanakan tugas-tugas desain, pembangunan, pengujian, dan perawatan perangkat lunak. Teknik perangkat lunak menerapkan prinsip-prinsip dan praktek-praktek keteknikan terhadap pembuatan perangkat lunak yang handal, efisien dan ekonomis. Akar dari disiplin ilmu ini adalah teori dan matematika yang diterapkan dalam ilmu komputer. Akan tetapi, pengetahuan ini dibawa lebih jauh ke arah aplikasi-aplikasi kreatif antara lain seperti: sistem kendali untuk kenderaan, pesawat udara, proses-proses industri; animasi, video interaktif, virtual reality, sistem-sistem komersial untuk perbankan dan analisis finansial; dan sistem kesehatan untuk analisis sistem biologi dan pengendalian sistem terapi. Teknik perangkat lunak juga memerlukan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu lain seperti teknik komputer, ilmu komputer, manajemen, matematika, manajemen proyek, manajemen mutu, ergonomi perangkat lunak, dan teknik sistem.
Lulusan program studi ini (disebut software engineer) dapat bekerja sebagai pegawai atau kontraktor yang bekerja dalam bidang bisnis, agen pemerintah (sipil atau militer), dan organisasi-organisasi non-profit. Selain itu, lulusan program studi ini juga dapat bekerja mandiri sebagai tenaga-tenaga freelance. Sebagian organisasi memerlukan spesialis untuk melaksanakan masing-masing tugas dalam proses pengembangan perangkat lunak. Spesialisasi ini meliputi: bidang industri (analis, arsitek, pengembang, penguji, dukungan teknis dan manajer) dan dalam bidang akademis (tenaga pendidik, dan peneliti).

3.2 Daftar Mata Kuliah

Daftar dan distribusi mata kuliah untuk program studi S1 Teknik Perangkat Lunak FMIPA USU adalah sebagai berikut:

Semester 1
No Kode Mata Kuliah SKS
1 UNI107 Bahasa Indonesia 2
2 UNI108 Bahasa Inggris I (Percakapan) 2
3 UNI109 Ilmu Alamiah Dasar 2
3 TIF101 Pengantar Teknologi Informasi 3
4 TIF102 Dasar-Dasar Web 3
5 TPL101 Dasar-dasar Pemrograman 3
6 MAT101 Pengantar Kalkulus 3
7 TPL104 Praktikum Dasar-dasar Pemrograman 1
8 TIF104 Praktikum Dasar-Dasar Web 1
Sub Total Semester-1: 20

Semester 2
No Kode Mata Kuliah SKS
1 UNI10x Pendidikan Agama 2
2 UNI106 Pendidikan Kewarganegaraan 2
3 UNI110 Bahasa Inggeris II (Writing) 2
4 MAT102 Probabilitas dan Statistika 3
5 MAT103 Matematika Diskrit 3
6 TPL102 Pemrograman Berorientasi Objek 2
7 TPL103 Sistem Database 2
8 TIF103 Sistem Operasi Linux 2
9 TPL105 Praktikum PBO 1
10 TPL106 Praktikum Sistem Database 1
11 TIF105 Praktikum Linux 1
Sub Total Semester-2: 21

Semester 3
No Kode Mata Kuliah SKS
1 MAT201 Metode Numerik 3
2 MAT202 Aplikasi Persamaan Differensial Biasa 3
3 TIF201 Prinsip-prinsip Manajemen Teknik & Ekonomi 3
4 TIF202 Dasar-dasar Arsitektur Komputer 2
5 TIF203 Manajemen Informasi dan TI 2
6 TPL201 Pemrograman Java 2
7 TPL202 Struktur Data dan Algoritma 2
8 TPL206 Praktikum Pemrograman Java 1
9 TPL207 Praktikum Struktur Data dan Algoritma 1
Sub Total Semester-3: 19

Semester 4
No Kode Mata Kuliah SKS
1 MAT203 Coding Theory 2
2 MAT204 Teori Graph 3
3 TIF204 Pengantar Teori Automata 2
4 TIF205 Jaringan Komputer 2
5 TPL203 Teknologi Pengembangan Aplikasi Web 2
6 TPL204 Pengukuran dlm Pengembangan Perangkat Lunak 3
7 TPL205 Proses Perangkat Lunak 3
8 TIF206 Praktikum Jaringan 1
9 TPL208 Praktikum Teknologi Aplikasi Web 1
Sub Total Semester-4: 19

Semester 5
No Kode Mata Kuliah SKS
1 UNI301 Etika Profesi 2
2 TIF301 Kecerdasan Buatan dan Sistem Cerdas 2
3 TPL301 Keamanan Sistem Informasi 3
4 TPL303 Kebutuhan dan Spesifikasi Perangkat Lunak 3
5 TPL302 Bahasa-bahasa Query 2
6 TPL304 Desain Perangkat Lunak 2
7 TIF304 Praktikum AI 1
8 TPL309 Praktikum Bahasa Query 1
9 TPL310 Praktikum Desain Perangkat Lunak 1
Sub Total Semester-5: 17

Semester 6
No Kode Mata Kuliah SKS
1 TIF302 Teknik Penulisan Karya Ilmiah 2
2 TIF303 Pengantar Komputer Grafik 2
3 TPL305 Pemrograman .NET 2
4 TPL306 Prinsip-prinsip Kompiler 2
5 TPL307 Arsitektur Perangkat Lunak 3
6 TPL308 Desain Antarmuka Pemakai 3
7 TPL35x Pilihan 1: 2
8 TPL311 Praktikum .NET 1
9 TIF305 Praktikum Komputer Grafik 1
10 TPL312 Praktikum Kompiler 1
Sub Total Semester-6: 19

Semester 7
No Kode Mata Kuliah SKS
1 TPL401 Pengenalan Multimedia: Internet dan Web 2
2 TPL402 Teknologi XML 2
3 TPL403 Sistem Database Client-Server 2
4 TPL404 Semantic Web 2
5 TPL405 Manajemen dan Kendali Mutu dalam Pengemb. s/w 3
6 TPL410 Seminar Proposal 2
7 TPL45x Pilihan 2: 2
8 TPL407 Praktikum Multimedia 1
9 TPL408 Praktikum XML 1
10 TPL409 Praktikum Client-Server 1
Sub Total Semester-7: 18

Semester 8
No Kode Mata Kuliah SKS
1 TPL406 Proyek Desain dan Pengembangan s/w 3
3 TPL46x Pilihan 3: 2
4 TPL411 Tugas Akhir 6
Sub Total Semester-8: 11

Mata Kuliah Pilihan
Kode Nama Mata Kuliah Pilihan 1 (2 sks)
TPL351 Pemrograman Visual LISP
TPL352 Implementasi Semantik Web
TPL353 Desain dan Analisis Algoritma

Kode Nama Mata Kuliah Pilihan 2 (2 sks)
TPL451 Data Warehouse
TPL452 Information Retrieval systems
TPL453 Neural Networks

Kode Nama Mata Kuliah Pilihan 3 (3 sks)
TPL461 Database Multimedia
TPL462 Web Mining
TPL463 Pengenalan Komputasi Bioinformatika

3.3 Deskripsi singkat Mata Kuliah

TIF101 – Pengantar Teknologi Informasi ( 3 SKS )

Deskripsi: Pengenalan kepada teknologi informasi meliputi pengertian dan penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan, skenario perkembangan terkini teknologi informasi di dunia, khususnya di Indonesia. Topik-topik yang dibahas di antaranya perangkat keras komputer, perangkat lunak, pembangunan sistem informasi, jenis-jenis sistem informasi, isu-isu dalam peluang, etika, keselamatan, kesehatan, sosial, dan perkembangan teknologi untuk masa mendatang.

SKS: 3
REFERENSI:
1. Shelly, G.B., Cashman, T.J., Vermaat, M.E., & Walker, T.J. 2003. Discovery Computer, ITP, Singapore.
2. Sitompul, Darwin. 1994. Pengenalan komputer dan dasar-dasar DOS. Intermasa, Jakarta.
3. Turban, E.,R. Kelly Rainer, J.R, Richard E.Potter, 2002, Introduction to Information Technology, John Wiley, USA.

TIF102 – Dasar-Dasar Web ( 3 SKS )

Deskripsi: Pengenalan Internet dan dasar-dasar web termasuk komunikasi dan informasi elektronik, HTML dasar dan editor WYSYWYG, desain halaman web, imej digital, serta implementasi dan perawatan situs web. Kuliah disertai dengan praktikum di laboratorium Internet.
SKS: 3/1
REFERENSI:
1. Deitel, H.M., Deitel, P.J. & Nieto, T.R., 2002, Internet & World Wide Web: How to Program, Prentice Hall, New Jersey.

TPL101 – Dasar-dasar Pemrograman ( 3 SKS )

Deskripsi: Kuliah pertama dalam runtunan pengenalan kepada pemrograman yang diperlukan untuk semua mahasiswa teknologi informasi. Topik-topik yang dibahas meliputi jenis-jenis data dasar, operasi aritmatika dan logika, struktur kendali dan penanganan error, metode dan fungsi, serta pengenalan pada desain dan implementasi pemrograman berorientasi-objek. Penekannannya adalah pada pengembangan keahlian penyelesaian masalah. Kuliah ini disertai dengan praktikum bahasa pemrograman C/C++ di laboratorium pemrograman dan pemberian proyek-proyek pemrograman.

SKS: 3/1
REFERENSI:
1. Sitompul, O. S. 2007. Pemrograman C di Lingkungan Linux. USU Press, Medan, Indonesia.
2. Deitel, H.M., Deitel, P.J, 2005, C: How to Program, Prentice Hall, New Jersey
3. Kernighan, B. W., Ritchie, D. M., 1988, The C Programming Langguage 2nd Ed., Prentice Hall, New Jersey.

UNI10x – Pendidikan Agama ( 2 SKS )
UNI101 – Pendidikan Agama Islam

Deskripsi: Mata kuliah ini di samping untuk memberikan kekayaan pemikiran juga diharapkan dapat membekalkan kekayaan hati kepada mahasiswa dengan motivasi iman atas perlunya pengembangan sains dan teknologi bagi kemanusiaan. mata kuliah ini menguraikan: manusia dan agama: makhluk, khalik, risalah, arkanul Islam. Kepercayaan kepada Allah tidak melalui proses evolusi tetapi dari revelasi. Ekspresi keagamaan: akhlak dan ihsan. Pokok-pokok ajaran Islam: syariah dan ibadah, prinsip dan hukum Islam. Klasifikasi manusia menurut Al-Quran: Hubungan manusia dengan Allah, manusia, imamah, tasamuh. Sejarah perjuangan Muhammad saw. Tujuh golongan orang yang mendapat lingdungan Allah. Perekonomian Islam. Bubaya Islam: sains dan teknologi Islam, perkembangan ilmu pengetahuan dahulu dan sekarang, teknologi informasi dan keperluan bagi Islam

SKS: 2
REFERENSI:
1. Ali, M. 1975. Keesaan Tuhan dalam Al-Quran, Annida, Bandung.
2. Sjaltout, Syekh Mahmoud. 1980. Islam sebagai aqidah dan syariah. PT Bulan Bintang, Jakarta.
3. Rasjid, Sulaiman. Figh Islam, cetakan ke-17, Attahiriyah, Jakarta.

UNI106 – Pendidikan Kewarganegaraan ( 2 SKS )

Deskripsi: Mata kuliah ini memberikan pengertian dan pemahaman terhadap wawasan pembelaan negara melalui ilmu pengetahuan dan penciptaan karya-karya. Perkuliahan ini membahas Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan atau Pengantar pendidikan kewiraan, wawasan nusantara menurut TAP MPR No. II/MPR/1983 dan UU No. 20 tahun 1982. Ketahanan nasional, politik dan strategi HANKAMNAS, SISHANKAMRATA

SKS: 2
REFERENSI:
1. Lemhanas. 1982, Kewiraan untuk mahasiswa, Gramedia, Jakarta.
2. Lemhanas. 1978. Ketahanan nasional, LAMHANAS, Jakarta.
3. Lemhanas. 1978. Politik dan strategi pertahanan keamanan nasional, LEMHANAS, Jakarta.

TPL102 – Pemrograman Berorientasi Objek ( 2 SKS )

Deskripsi: Kuliah kedua dalam runtunan pengenalan pemrograman yang diperlukan untuk semua mahasiswa program studi teknologi informasi. Topik-topik yang dibahas meliputi peng-eksplorasian lebih mendalam mengenai kelas dan objek, pemrograman melalui komposisi dan inheritance, reusability, input/output, dan desain berorientasi-objek. Penekanan diletakkan pada pengembangan keahlian penyelesaian masalah. Kuliah disertai praktikum bahasa pemrograman C/C++ di laboratorium pemrograman dan pemberian tugas-tugas pemrograman yang cukup besar.

SKS: 3/1
REFERENSI:
1. Deitel, H.M., Deitel, P.J, 2005, C++: How to Program, Prentice Hall, New Jersey
2. Stroustroup, B, 1992, The C++ Programming Langguang, 2nd Ed, Addisin-Wesley: Massachussett.
3. Horton, I. 1998. Beginning Visual C++ 6, Wrox Press; 1st edition.
4. HoLzner, S., 2003, Teach Yourself Microsoft Visual Basic .NET 2003 in 21 Days, Sams: Indianapolis.

TPL202 – Struktur Data dan Algoritma ( 2 SKS )

Deskripsi: Memberikan keahlian dasar bagi mahasiswa tentang pengembangan perangkat lunak secara umum, dan pengembangan sistem aplikasi secara khusus dengan cara menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan input – proses – output. Kuliah ini difokuskan kepada pemrograman untuk penyelesaian masalah dan konsep-konsep yang berkaitan dengan algoritma penyelesaian masalah. Topik yang dibahas mencakup konsep-konsep struktur data dan algoritma, di antaranya jenis-jenis data dasar, array, rekord, stack, queue, linked list, tree dan dasar-dasar algoritma, aturan penulisan algoritma, algoritma sortir dan pencarian. Kuliah ini disertai dengan praktikum di laboratorium pemrograman.

SKS: 3/1
REFERENSI:
1. Gilberg, R.F. & Forouzan, B.A. 2001. Data Structures: A Pseudocode Approach with C++. Brooks/Cole: California.
2. Miller, R. & Boxer, L. 2000. Algorithms: Sequential & Parallel, A Unified Approach. Prentice-Hall: New Jersey.

TPL401 – Pengenalan Multimedia: Internet dan Web ( 2 SKS )

Deskripsi: Kuliah ini memberikan pengenalan kepada teknologi-teknologi kunci Internet, web, dan multimedia serta familiaritas kepada komputer berplatform grafik. Topik-topik yang dibahas diantaranya komunikasi bermediasi-komputer, aplikasi Internet dasar seperti telnet, ftp, dan WWW, imej digital dasar, teknik-teknik audio dan video, dan pengembangan dan penerbitan halaman web. Kuliah ini disertai dengan praktikum di laboratorium Internet.

SKS: 3/1
REFERENSI:
1. Maram R., Whitehead, P., 1999, Internet and World Wide Web Simplified, 3rd Edition, John Wiley, USA.

TPL103 – Sistem Database ( 2 SKS )

Deskripsi: Kuliah ini memperkenalkan proses pemodelan data dan dasar-dasar implementasi database. Topik-topik yang dibahas diantaranya pemodelan data, konsep-konsep relasional dasar, proses normalisasi, aljabar relasional, SQL, dan panduan pemetaan sebuah model data ke database relasional. Kuliah ini disertai dengan praktikum di laboratorium database. Mahasiswa dikehendaki merancang dan meng-implementasikan sebuah model masalah informasi berbasis muiltimedia atau hanya-teks dengan paket database komersial yang tersedia pada sebuah komputer standalone. Kuliah ini disertai dengan praktikum di laboratorium database.

SKS: 3/1
REFERENSI:
1. Connolly, T. & Begg, C. 2002. Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. Addison-Wesley: Massachussetts.
2. Elmasri, R. & Navathe, S.B. 2003. Fundamentals of Database Systems 4/e. Addison-Wesley: Massachussetts.
3. Kaufman, M., 2001, Information Modelling and Relational Database: From Conceptual Analysis to Logical Design.

TIF205 – Jaringan Komputer ( 2 SKS )

Deskripsi: Membahas konsep-konsep topologi jaringan dengan cakupan lapisan 1, 2, dan 3. Topik-topik yang dibicarakan meliputi kendali akses, framing, operasi protokol lapisan 2 seperti teknologi berkabel dan nir–kabel, protokol jaringan (IP dan IPX), protokol-protokol transport (TCP, UDP, dan SPX), sekuriti jaringan, subnetting, nomor-nomor port, hubs, switches, routers, dan topik-topik lain.

SKS: 3
REFERENSI:
1. Tanenbaum, A.S. 2003. Computer Networks 4/e. Prentice-Hall: New Jersey.
2. Russel, D., 1989, The Principles of Computer Networking, Cambridge University Press.

TPL351 – Pemrograman Visual LISP ( 2 SKS )

Deskripsi: Pengenalan pada bahasa pemrograman visual. Topik-topik yang dibahas meliputi lingkungan pemrograman, struktur-struktur kendali intrinsik, jenis data, struktur kendali, prosedur dan fungsi, array, user-defined types, dan penanganan file. Selain ini juga dibahas topik-topik perancangan pemrograman berorientasi objek, termasuk kelas dan objek, komposisi, inheritance, dan koleksi. Kuliah ini disertai dengan praktikum bahasa pemrograman Visual, seperti Allegro Commom LISP di laboratorium pemrograman dengan memberikan latihan-latihan pemrograman.

SKS : 3/1
REFERENSI:
1. Winston, P. 1989. LISP, Addison Wesley, USA. 3 Edition.

TPL403 – Sistem Database Client-Server ( 2 SKS )

Deskripsi: Dalam kuliah ini mahasiswa akan mengkonfigurasi, menguji dan menetapkan komunikasi klien-server dan komunikasi server – server dengan satu atau lebih server database. Mahasiswa akan mengkonfigurasi dan mendemonstrasikan komunikasi yang sukses antara server file database dan beberapa klien eksternal. Dalam kuliah ini juga akan di tinjau persamaan dan perbedaan di antara paket-paket konektifitas komersial yang ada. Demikian juga struktur data dan file level-rendah yang digunakan dalam implementasi database dan pengindeksan database. Kuliah ini disertai dengan praktikum di laboratorium database.
SKS: 3/1
REFERENSI:
1. Martin, J. & Lefoe, J. 1998. Client/Server Databases: Enterprise Computing, Prentice-Hall: New Jersey.
2. Johnson, E.J. 2001. The Complete Guide to Client/Server Computing, Prentice-Hall:New Jersey.

TIF103 –Sistem Operasi Linux ( 2 SKS )

Deskripsi: Dalam kuliah ini akan di-survey alat-alat dan teknik yang digunakan untuk membangun skrip tugas-tugas umum dalam lingkungan sistem operasi. Kuliah akan berfokus pada pemrograman shell skrip Unix. Mahasiswa akan memperoleh pengalaman dalam menulis skrip untuk Unix dan akan tertantang untuk mengarahkan paradigma pemrograman tradisional ke penulisan skrip-skrip dalam lingkungan sistem operasi. Kuliah ini dilakukan secara teori dan praktek di laboratorium Unix.
SKS: 3
REFERENSI:
1. Tanenbaum, A. 2001 Modern Operating Systems 2/e. Prentice-Hall: New Jersey.
2. Palmer, Michael & Walkers, 2004, Guide to Operating Systems: Course Technology.

TPL201 – Pemrograman Java ( 2 SKS )

Deskripsi: Dalam kuliah ini akan dilakukan survey secara intensif mengenai bahasa pemrograman Java untuk mahasiswa yang telah memiliki pengalaman pemrograman. Kuliah ini mencakup pembeuatan program-program aplikasi. Topik-topik yang dibahas antara lain konsep-konsep dasar bahasa seperti deklarasi dan evaluasi data, pernyataan, ekspresi, alur kendali, dan input/output, prinsip-prinsip orientasi-objek, antarmuka GUI, exeption handling, debugging, threads, dan lingkungan klien-server. Kuliah ini akan disertai praktikum di laboratorium pemrograman dan mahasiswa akan diberi proyek-proyek pemrograman.

SKS: 3/1
REFERENSI:
1. Deitel, H.M., Deitel, P.J, 2005, JAVA: How to Program, Sixth Edition, Prentice Hall, New Jersey
2. Standish, T.A. 1998. Data Structures in Java. Addison-Wesley: Massachusetts.

TIF303 – Pengantar Komputer Grafik ( 2 SKS )

Deskripsi: Dalam kuliah ini akan diperkenalkan konsep dan teori pengembangan istem berbasis grafik, terutama yang berkaitan dengan antarmuka pengguna. Topik-topik yang dibahas antara lain tinjauan sistem dan komponen-komponen grafik, metode input interaktif, kularan promitif dan atributnya, transformasi 2-dimensi, penjendelaan dan clipping, segmentasi, representasi dan transformasi objek 3-dimensi, tinjauan 3-dimensi, penyembunyian permukaan dan penyembunyian garis, model shading dan warna, serta pengantar perancangan antar muka. Kuliah ini disertai dengan praktikum di laboratorium grafik.

SKS: 3/1
REFERENSI:
1. Hearn, D. & Baker, M.P. 1993. Computer Graphics. Prentice-Hall India: New Delhi.
2. Xiang, Zhiqunge, Plastock & Roy, A., 2000, Computer Graphics 2/e, McGraw-Hill.

TIF301 – Kecerdasan Buatan dan Sistem Cerdas ( 2 SKS )

Deskripsi: Dalam kuliah ini akan diperkenalkan konsep kecerdasan buatan dan agen-agen cerdas dalam penyelesaian masalah. Topik-topik yang dibahas meliputi penyelesaian masalah, pengetahuan dan reasoning, bertindak logis, pengetahuan tak pasti dan reasoning, pembelajaran, komunikasi, persepsi dan tindakan.

SKS: 3
REFERENSI:
1. Russel, S. J. & Norvig, P. 2003. Artifial Intelligence A Modern Approach 2/e. Prentice-Hall: New Jersey.
2. Luger, G.F. & Stubblefield, W.A. 1998. Artificial Intelligence Structures and Strategies for Complex Problem Solving. Addison-Wesley: Massachussetts.

UNI301 – Etika Profesi ( 2 SKS)

Deskripsi: Etika dalam Teknologi Informasi dimaksudkan sebagai kuliah pengantar pada berbagai isu-isu etika yang dapat muncul dalam bidang konsentrasi kita: Faktor-faktor manusia, database, jaringan, multimedia, permainan, administrasi sistem, dan pemrograman. Kuliah akan dimulai dengan penelaahan historis tentang etika dan melalui riset, presentasi dan diskusi akan memberikan kesempatan untuk mempelajari mengapa hal itu penting untuk memahami implikasi etika dari aktifitas profesional kita. Topik-topik yang dibahas meliputi implikasi global teknologi, sekuriti, hukum hak kekayaan intelektual, dan tanggung jawab pesonal.

SKS: 3
REFERENSI:
1. Wolk, S.R & Luddy, W.J. 1986. Legal Aspects of Computer Use. Prentice-Hall: New Jersey.

TPL463 – Pengenalan Komputasi Bioinformatika ( 2 SKS )

Deskripsi: Kuliah ini akan memberikan studi teoritis dan praktis (berbasis-lab) tentang genomik komputasional. Teknik-teknik akan dipelajari untuk dapat secara cepat dan efektif menguasai sumberdaya komputasi dalam penyelesaian masalah yang timbul dalam bidang biologi. Untuk kuliah ini mahasiswa perlu memiliki pengalaman pemrograman terdahulu dan pengertian dasar mengenai biologi molekul (Central Dogma). Topik-topik yang dibahas meliputi tur cepat tentang beberapa sumberdaya-sumberdaya bioinformatika, pattern matching eksak dan aproksimasi, sequence alignment, prediksi gene, fragment assembly, multiple alignment, pendekatan-pendekatan statistik dan machine learning.

SKS: 2
REFERENSI:
1. Lesk, A. M. 2002. Introduction to Bioinformatics. Oxford University Press, USA.
2. Attwood, T. & Parry-Smith, D. 1999. Introduction to Bioinformatics. Prentice Hall, USA.

MAT201 – Metode Numerik ( 3 SKS )
Deskripsi: Pemodelan matematik dan penyelesaian masalah baik dalam matematik maupun keteknikan. Topik yang akan dibahas: Aproksimasi dan Round-Off Error, Truncation Error dan Deret Taylor. Differensial dan Integral Numerik: Trapezoidal rule, Simpson’s rule. Persamaan Differensial Biasa: Euler’s Methods, Pembaharuan terhadap metode Euler, Metode Runge-Kutta, Sistem Persamaan, Metode Adaptive Runge-Kutta.
SKS: 3
REFERENSI:
1. Chapra, S, C., Raymond, P, C., 1998. Numerical Methods for Engineers: With Programming and Software Applications 3rd. McGraw-Hill, New York.

MAT103 – Matematika Diskrit ( 3 SKS )
Deskripsi: Pengenalan ke struktur matematika diskrit untuk ilmu komputer dengan penekanan pada Logika, Teknik Menghitung (counting techniques), teori Himpunan, Relasi, Algoritma, Matriks, Aljabar Bool, pengenalan ke teori Graph dan Tree, Rekursif dan Teknik matematik untuk analisis algoritma.
SKS: 3
REFERENSI:
1. Ross K, A., Charles, R, B., 1992. Discrete Matematics,3rd . Prentice-Hall: New Jersey.

Bab 4
Sarana Pendukung
Fasilitas Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak USU.
4.1 Fasilitas Ruang
Keadaan fasilitas ruang yang tersedia sesuai dengan peruntukannya adalah seperti terlihat pada Tabel 5.1 berikut:
Tabel 5.1. Ruangan Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak USU.
No Penggunaan Ruang Jumlah Ruang Kapasitas Lokasi Keterangan
1 Ruang Kuliah 2 40 mahasiswa Program Studi
2 Ruang Dosen 1 15 dosen Sda
3 Ruang Administrasi 1 5 pegawai Sda
4 Ruang Pimpinan 1 2 orang Sda
5 Ruang Rapat 1 20 orang Sda
6 Ruang Laboratorium 2 30 orang Sda
7 Ruang Multimedia Internet 1 20 orang Sda
8 Ruang Seminar 1 20 orang Sda
9 Ruang BEM 1 10 orang Sda
10 Ruang Sholat 1 10 orang Sda
11 Kamar Mandi (Toilet) 4 Sda
12 Halaman Parkir 1 60 kenderaan Sda

4.2 Peralatan Penunjang Kegiatan Akademik
Peralatan yang tersedia pada Program Studi S-1 Teknologi Informasi FMIPA USU untuk menunjang kegiatan akademik dapat dilihat pada Tabel 5.2 berikut.
Tabel 5.2. Peralatan Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak USU.
No Jenis Peralatan Jumlah Lokasi
1 PC Desktop 1 Ruang Ketua Program Studi
2 PC Desktop 30 Ruang Lab. Prog. Studi
3 Laptop 1 Ruang Program Studi
4 Infocus 2 Ruang Program Studi
5 Wireless Sound System 1 Ruang Program Studi
6 Printer 2 Ruang Program Studi
7 Meja Sidang (Besar) 2 Ruang Program Studi
8 Lemari 2 Ruang Program Studi
9 Kursi Kuliah 60 Ruang Program Studi
10 Papan Tulis (Whiteboard) 2 Ruang Program Studi
11 Papan Pengumuman 2 Ruang Program Studi

4.3 Tenaga Penunjang Akademik
Tenaga penunjang akademik yang diperuntukkan bagi pengelolaan Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak FMIPA USU dapat dilihat pada Tabel 5.3 berikut.
Tabel 5.3. Tenaga Penunjang Akademik
No. Komponen Pendidikan (orang) Jumlah
SMTA D3 S-1
1. Administrasi 1 – – 1
2. Teknisi 1 – – 1
Total: 2

Bab 5
Daftar Dosen
Daftar Staf Pengajar Program Studi Teknik Perangkat Lunak USU, adalah seperti ditunjukkan pada tabel berikut ini.
Tabel 6.1 Daftar Staf Pengajar Program Studi Teknik Perangkat Lunak USU, Tahun Akademi 2007/2008.
No Nama Staf
Pengajar Jenjang Pendidikan Jurusan Perguruan Tinggi
1 Prof. Dr. Ir. Darwin Sitompul, M.Eng. S1

S2

S3 Teknik Mesin

Teknik Industri

TeknikManajemen Industri Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Asian Institute of
Technology, Bangkok,
Thailand
Oregon State University,
Oregon, USA
2 Prof. Dr. Herman
Mawengkang S1

S3 Matematika

Matematika Optimasi Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
New South Wales, Australia
3 Dr. Opim Salim
Sitompul, M.Sc. S1

S2

S3 Matematika

Ilmu Komputer

Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Universitas Indonesia,
Jakarta, Indonesia
Universiti Kebangsaan
Malaysia, Bangi, Malaysia
4 Dr. M. Zarlis,
M.Kom. S1

S2

S3 Fisika

Ilmu Komputer

Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Universitas Indonesia,
Jakarta, Indonesia
Universiti Sains Malaysia,
Penang, Malaysia
5 Dr. Saib Suwilo,
M.Sc. S1

S2

S3 Matematika

Matematika

Combinatorics Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
University of Wyoming,
Wyoming, USA
University of Wyoming,
Wyoming, USA
6 Dr. Sutarman, M.Sc. S1

S2

S3 Matematika

Statistika

Statistika Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
University of Nothern
Illinois, Illinois, USA
Universiti Kebangsaan
Malaysia, Bangi, Malaysia
7 Drs. Sawaluddin,
M.IT S1

S2 Matematika

Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Universiti Kebangsaan
Malaysia, Bangi, Malaysia
8. Drs. Suyanto, M.Kom S1

S2 Matematika

Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Universitas Indonesia,
Jakarta, Indonesia
9 Drs. Mahyuddin,
M.IT S1

S2 Matematika

Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Universiti Kebangsaan
Malaysia, Bangi, Malaysia
10 Syahriol Sitorus, S.Si, M.IT S1

S2 Matematika

Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Universiti Kebangsaan
Malaysia, Bangi, Malaysia
11 Syahril Effendi, S.Si, M.IT S1

S2 Matematika

Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Universiti Kebangsaan
Malaysia, Bangi, Malaysia
12 Suharwinto, S.T, M.T S1

S2 Teknik Elektro

Teknik Elektro Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Institut Teknologi Bandung, Bandung, Indonesia
13 Drs. A. Ridwan
Siregar, SH, M.Lib. S1

S1

S2 Sastra

Hukum

Library Science Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
University of Kingston,
United Kingdom.
14 Dra. Mardiningsih,
M.Si S1

S2 Matematika

Matematika Universitas Sumatera Utara,
Medan, Indonesia
Institut Teknologi Bandung,
Bandung, Indonesia
15 Dra. Elly Rosmaini, M.S. S1

S2 Matematika

Matematika Aplikasi Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Universitas Sumatera Utara,
Medan, Indonesia
16 Zulkarnain Mahfudz, SH, CN. S1
S2 Hukum Perdata
Notariat Universitas Sumatera Utara,
Medan, Indonesia

17 Ir. Kasmir Tanjung S1 Teknik Elektro Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
18. Ir. Sufianto S1 Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan, Indonesia.

Bab 6
SISTEM PENDIDIKAN

6.1 Sistem Kredit Semester
Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak FMIPA USU adalah suatu program studi yang dalam penyelenggaraannya memberikan pengetahuan, keahlian, dan kemahiran/ketrampilan khusus yang meliputi ruang lingkup ilmu teknologi informasi, dengan berpedoman kepada ketentuan satuan sistem kredit semester (sks). Sistem kredit semester adalah merupakan penyelenggaraan pendidikan yang menetapkan bahwa beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, dan beban kerja penyelenggaraan pendidikan dinyatakan dalam SKS, yaitu angka yang diberikan berdasarkan pengukuran waktu kerja bagi seperangkat kegiatan yang diselesaikan dengan hasil baik dalam rangka program studi seorang mahasiswa.
Untuk kelancaran pengelolaan sistem kredit semester dan pemantauan kemajuan belajar mahasiswa, Program Studi menerapkan penggunaan formulir-formulir sebagai berikut.
6.1.1 Kartu Rencana Studi (KRS) Mahasiswa
Pada awal semester, setiap mahasiswa harus mengisi Kartu Rencara Studi (KRS), yang berisi rencana studi dari seorang mahasiswa untuk satu semester. Dalam KRS, setiap mahasiswa mencantumkan semua mata kuliah yang akan diikutinya selama satu semester yang akan berjalan. Pengisian KRS harus berpedoman kepada ketentuan akademik, terutama untuk mata kuliah prasyarat dan penentuan jumlah SKS yang dapat diambil seseuai dengan Indeks Prestasi (IP) mahasiswa pada semester berikutnya. Pengisian KRS dianggap sah setelah mendapat persetujuan dari Penasehat Akademik (PA). Besarnya jumkah SKS yang dapat diambil oleh seorang mahasiswa diatus sebagai berikut.
a. Bagi mahasiswa baru (bukan mahasiswa pindahan), besarnya SKS yang dapat diambil adalah sejumlah SKS seluruh mata kuliah semester-1 yang ada pada kurikulum jurusan/program studi yang dipilihnya.
b. Bagi mahasiswa lama (yang akan mengikuti kegiatan akademik mulai semester-2 sampai semester akhir), jumlah SKS yang dapat diambil bergantung kepada prestasinya dari semester sebelumnya. Ketentuan jumlah SKS maksimum yang diizinkan untuk diambil oleh mahasiswa lama diperlihatkan pada tabel 4.1.
Tabel 7.1. Jumlah SKS maksimum yang diizinkan
No. Indeks Prestasi (IP) Semester Beban SKS Maksimum yg diizinkan
1. ≥3.00 24
2. 2.50 – 2.99 22

3. 2.00 – 2.49 20
4. 1.50 – 1.99 17
5. ≤ 1.50 15
c. Bagi mahasiswa pindahan maupun mahasiswa lanjut dari program Diploma, nilai dan jumlah mata kuliah yang disetujui ditentukan oleh hasil konversi nilai yang akan dilakukan oleh Team Konversi Nilai Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak FMIPA USU. Jumlah SKS tahun pertama bagi mahasiswa pindahan dan mahasiswa lanjut ditetapkan sebanyak 20 SKS. Untuk semester selanjutnya, jumlah SKS maksimu yang diizinkan untuk diambil ditentukan oleh Indeks Prestasi (IP) semester sebelumnya.
Mahasiswa dapat mengambil formulir KRS dari Bagian Administrasi Akademik dengan menunjukkan bukti pembayaran SPP, serta penyelesaian masalah administratif lainnya. KRS harus diserahkan kembali ke bagian Administrasi Akademik sesuai jadwal yang telah ditentukan.
6.1.2 Daftar Hadir Mahasiswa dan Dosen
Dalam rmengikuti setiap kegiatan akademik terjadwal seperti kuliah., praktikum, seminar dan proyek teknologi informasi, mahasiswa dan dosen harus mengisi daftar hadir mahasiswa dan dosen yang telah disediakan. Setiap mahasiswa dan dosen diharuskan hadir minimum 75% dari 16 pertemuan tatap muka setiap mahasiswa, dan menandatangani daftar hadir mahasiswa dan dosen yang disediakan.
6.1.3 Daftar Peserta dan Nilai Akhir Ujian
Hasil evaluasi keberhasilan belajar yang meliputi nilai tugas-tugas, kuis, ujian tengah semester (UTS), dan ujian akhir semester (UAS), diisi oleh setiap dosen untuk setiap mata kuliah dalam formulir daftar peserta dan nilai ujian (DPNA) yang disediakan. DPNA diserahkan kepada Ketua Program Studi selambat-lambatnya satu minggu setelah UAS dilaksanakan.
6.1.4 Kartu Hasil Studi (KHS) Mahasiswa
Pada akhir semester, setiap mahasiswa akan menerima laporan hasil studinya dalam bentuk Kartu Hasil Studi (KHS). KHS tersebut berisi nilai hasil ujian dari semua mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa pada suatu semester sesuai dengan KRS sebelumnya. Pada KHS juga tercantum Indeks Prestasi Semester.
6.2 Beban dan Lama Studi
Beban studi kumulatif bagi pendidikan Sarjana Teknik Perangkat Lunak adalah 144 SKS dan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.00.
Program Pendidikan Sarjana Teknik Perangkat Lunak dirancang untuk diselesaikan oleh mahasiswa dalam masa studi 8 (delapan) semester atau 4 (empat) tahun, dan selambat-lambatnya 12 (dua belas) semester atau 6 (enam) tahun.
6.3 Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
6.3.1 Bentuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Kegiatan belajar mengajar terdiri dari kuliah, praktikum, seminar dan proyek teknologi informasi. Bentuk kegiatan belajar mengajar ditentukan oleh pengajar yang bersangkutan. Seluruh kegiatan belajar mengajar akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Bagian Akademik Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak USU.
6.3.2 Evaluasi Keberhasilan Belajar
Nilai SKS diperoleh melalui proses evaluasi yang dilakukan terutama melalui Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhirs Semester (UAS). Mahasiswa diizinkan mengikuti UAS, jika telah mengikuti sekurang-kurangnya 75% dari seluruh kegiatan suatu mata kuliah yang dipilihnya. Hasil evaluasi adalah berupa nilai yang diberikan dalam bentuk huruf, dengan penggolongan prestasi seperti Tabel 7.2.

Tabel 7.2. Penggolongan Prestasi Keberhasilan
Nilai Prestasi Bobot Prestasi Golongan Prestasi
A 4.00 Sangat Baik
B 3.00 Baik
C 2.00 Cukup
D 1.00 Kurang
E 0.00 Gagal
Mahasiswa yang gagal memperolah SKS suatu mata kuliah (mendapat nilai E) diwajibkan untuk mengulangi seluruh kegiatan belajar-mengajar mata kuliah tersebut pada kesempatan kuliah berikutnya. Mahasiswa tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah lain yang prasyaratnya adalah mata kuliah yang mendapat nilai E tersebut. Mahasiswa yang mendapat nilai D pada suatu mata kuliah diperbolehkan mengambil mata kuliah lain yang prasyaratnya adalam mata kuliah tersebut. Namun, ia diperbolehkan mengulang mata kuliah yang mendapat nilai D tersebut pada kesempatan kuliah berikutnya. Nilai yang diperhitungkan dalam perbaikan nilai suatu mata kuliah adalah nilai tertinggi.
6.3.3 Penasehat Akademik (PA)
Keberhasilan mahasiswa menyelesaikan studinya tidak semata-mata hanya didasarkan kepada kemampuan akademiknya saja, tetapi juga ditentukan oleh strategi belajar, dan kesanggupannya untuk menghadapi berbagai masalah yang dapat mengganggu studinya. Oleh karena itu, agar program pendidikan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka kepada setiap mahasiswa diberikan bimbingan studi. Bimbingan studi ini adalah bantuan berupa nasihat dan pengarahan yang diberikan oleh dosen Penasehat Akademik (PA) kepada mahasiswa. PA adalah dosen yang tugas utamanya adalah, memberikan pengarahan yang tepat kepada mahasiswa dalam memilih dan menetapkan beban studi yang akan diambilnya, serta menyetujui dan menanda-tangani KRS dari mahasiswa yang dimbimbingnya.
Tujuan bimbingan studi ini adalah, agar mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dalam waktu yang telah ditetapkan. Melalui bimbingan studi ini, mahasiswa juga diharapkan mampu mengembangkan daya nalarnya.
Bimbingan studi mencakup sisi akademik, dan non-akademik. Segi akademik berkenaan dengan pengarahan dan bimbingan mengenai cara mahasiswa menyusun rencana studi dan menempuh pendidikannya. Segi non-akademik berkenaan dengan pengarahan dan bimbingan mengenai cara mahasiswa mengatasi hal-hal di luar studi yang menghambat pendidikan. Untuk menyelesaikan tugas ini, Ketua Program Studi akan menetapkan PA untuk setiapa mahasiswa.
6.4 Praktikum, Seminar dan Proyek Teknologi Informasi (TI)
Praktikum adalah kegiatan belajar mengajar dalam bentuk pelatihan ketrampilan yang dilakukan di ruang praktikum/laboratorium. Untuk praktikum yang mendukung mata kuliah mata kuliah dasar, kegiatannya dilaksanakan di laboratorium aplikasi komputer. Sedangkan praktikum penunjang mata kuliah keahlian dilaksanakan di laboratorium keahlian dan multimedia. Seluruh praktikum dilaksanakan secara terjadwal sehingga pelaksanaan satu praktikum tidak berbenturan jadwalnya dengan praktikum lain. Pelaksanaan praktikum diawasi oleh dosen mata kuliah yang bersangkutan dengan dibantu oleh beberapa orang laboran.
Proyek Teknologi Informasi adalah, kegiatan belajar mengajar dalam bentuk tugas khusus berupa perancangan, analisis dan desain, dan implementasi keilmuan dalam bidang teknologi informasi, baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Pelaksanaan kegiatan ini diatur oleh Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak FMIPA USU secara terjadwal dalam satu semester, dibimbing oleh seorang dosen, dan dilaksanakan di laboratorium pengembangan teknologi informasi. Hasil akhir proyek ini akan diseminarkan dalam suatu forum seminar khusus yang dihadiri oleh dosen-dosen dan mahasiswa-mahasiswa, terutama mahasiswa tingkat akhir.
6.5 Tugas Akhir (TA) dan Sidang Meja Hijau Mahasiswa
Dosen (staf pengajar), sebagai salah satu unsur pada suatu perguruan tinggi dalam dunia pendidikan, di satu pihak, berkewajiban untuk melakukan penelitian disamping pengajaran. Demikian pula, mahasiswa sebagai objek pengajaran pada suatu bidang studi berhak mendapat bimbingan untuk melakukan penelitian. Di pihak lain, mahasiswa sebagai calon ilmuwan berkewajiban menerapkan ilmu yang didapatnya selama di bangku kuliah maupun melalui pengalaman belajarnya ke dalam suatu bentuk pembelajaran penelitian dalam suatu kegiatan yang disebut tugas akhir.
Tugas akhir adalah suatu karya ilmiah yang memiliki Satuan Kredit Semester (SKS) dan memiliki nilai ujian, di dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Tugas akhir ini merupakan wujud akhir kristalisasi sikap, kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam upaya berfikir untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah dipelajarinya di bangku kuliah, serta sebagai salah satu syarat untuk mencapai penyelesaian jenjang pendidikan pada suatu bidang studi dengan sebutan skripsi, tesis, atau disertasi.
Tugas Akhir ini, diajukan dalam bentuk sebuah Proposal Tugas Akhir oleh mahasiswa yang akan menyelesaikan perkuliahannya ke Program Studi bila telah memenui syarat-syarat yang ditentukan oleh Program Studi. Proposal ini akan diperiksa dan dinilai kelalayakannya oleh Program Studi, dan selanjutnya proposal tersebut akan diseminarkan dalam Seminar Proposal Tugas Akhir. Tugas Akhir ini dibimbing oleh sekurang-kurangnya satu orang dosen berkwalifikasi S-2 dalam bidangnya, atau dua orang dosen yang ahli dalam bidangnya masing-masing.
Tugas Akhir yang telah selesai dilaksanakan oleh mahasiswa, akan ditindak-lanjuti dengan melaksanakan Seminar Hasil Tugas Akhir yang dihadiri oleh Calon Penguji, Pembimbing, dan Mahasiswa serta dipandu oleh seorang moderator.
Bilamana Tugas Akhir telah selesai diseminarkan, maka mahasiswa tersebut berhak mengajukan diri untuk mengikuti Ujian Meja Hijau. Ujian ini dilaksanakan dalam suatu forum tersendiri yang disebut Sidang Meja Hijau Mahasiswa, yang diikuti oleh beberapa orang dosen Penguji, dosen Pembimbing, dan mahasiswa bersangkutan. Hasil Sidang Meja Hijau Mahasiswa disajikan dalam bentuk nilai sesuai Tabel Penggolongan Prestasi Keberhasilan.
6.6 Sistem Seleksi Calon Mahasiswa
Seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk program studi ini diberlakukan sama seperti program studi lainnya di lingkungan Universitas Sumatera Utara, yaitu melalui jalur Sistem Penerimaan Mahasiswa baru (SPMB), jalur Sitem Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP) yang dilaksanakan bersama-sama sebelum awal tahun ajaran. Seleksi dilaksanakan dalam bentuk ujian tertulis.
Calon mahasiswa yang diterima di Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak adalah mereka yang lulus ujian seleksi.
6.7 Awal Tahun Akademi
Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak USU ini dimulai pada awal tahun akademi. Pendaftaran untuk seleksi dilaksanakan mulai pada bulan Juni-Juli, dan perkuliahan diselenggarakan pada bulan Agustus.

6.8 Biaya Pendidikan
Untuk mengikuti Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak ini dibebankan biaya untuk pendaftaran dan seleksi penerimaan, perkuliahan, praktikum, seminar dan proyek teknologi informasi, ujian-ujian dan kegiatannya. Sistem atau bentuk pembayarannya dapat dilaksanakan per semester maupun per kegiatan. Besarnya biaya pendidikan ini ditetapkan oleh universitas pada waktu pemberitahuan penerinaan mahasiswa baru melalui pengumuman atau promosi.

Bab 7
Organisasi Kemahasiswaan
Organisasi kemahasiswaan pada program studi Teknik Perangkat Lunak masih dalam tahap pengajuan pendirian dengan nama Himpunan Mahasiwa Teknik Perangkat Lunak (HIMATEL). Organisasi ini sepenuhnya dikelola oleh mahasiswa-mahasiswa Teknik Perangkat Lunak dengan draft kepengurusan sebagai berikut.

Struktur kepengurusan Himatel

Ketua : Muhammad Romy Elmaco
Ketua I : Muhammad Fadhli A. Noor
Ketua II : Muhammad Musyafa Hutagalung
Sekertaris : Ridha Apriani
Wakil Sekretaris : Khairunnisa
Bendahara : Steffi Andina Sebayang
Wakil Bendahara : Marischa Elveny

Divisi
1. Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang)
Koordinator : Boy Utomo Manalu
Sekretaris : Faisal Amri
Anggota : Erlin Umar Dani
Yudi Darmawan
Hendrik Tampubolon

2. Divisi Multimedia
Koordinator : Polin Saut Patogu Pardede
Sekretaris : Ardani Dwi Atmojo
Anggota : Agnes Margaretha
Azaria Tarigan
Bambang Kurniawan

3. Divisi Administrasi dan Kesekretariatan
Koordinator : Nurul Hayati
Sekretaris : Masyita Oktaviani
Anggota : Tika Yunita

4. Divisi Humas
Koordinator : Sadewa
Sektretaris : Nurul Dwi Rahma Putri
Anggota : Adfriansyah
Fanindia
Ita Deniska Simamora
Nurul Masithah Guchi

5. Divisi Minat dan Bakat
 Bidang Olahraga
Koordinator : Aulia Rahman Dalimunthe
Sekretaris : Andra Apriansyah
Anggota : Heldi Ramadhan

 Bidang Kesenian
Koordinator : Arief Affandi
Sekretaris : Adinda Reni S
Anggota : Muhammad Reza
Nurlailatussifah
Sabrina Pratiwi

6. Divisi Publikasi dan Dokumentasi
Koordinator : Aminah Rizki Lubis
Sekretaris : Anandia Zelvina
Anggota : Karina Lolo Manik
Raja Prananta
R.M. Irfan Ridho
R.M. Khalil Prasetyo
Rudolf Alekzandro

7. Divisi Rohani
 Bidang Agama Islam
Koordinator : Dandung Tri Setiawan
Sekretaris : Anna Kesuma Daulay
Anggota : Mega kartika
Muhammad Ridwan Fachni

 Bidang Agama Kristen Protestan
Koordinator : Ronald O.P.
Sekretaris : Agustina Manurung
Anggota : Maria Melisa Br. Sinuraya
Eunike Johana

 Bidang Agama Kristen Khatolik
Koordinator : Andreni Menovita Ginting

 Bidang Agama Budha
Koordinator : Maspin Sahputra

8. Divisi Bimbingan Konseling
Koordinator : M. Azwar Zulmi
Sekretaris : Rizky Hafiza Khor
Anggota : Lia Silviana
Roni Alamsyah Lubis
T. Radhy Fansa

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s