ANALISIS PERUSAHAAN NINTENDO


Nama anggota kelompok :

1. 071402005 = Muhammad Romy Elmaco
2. 071402018 = Faisal Amri
3. 071402013 = Heldi Ramadhan
4. 071402019 = Ridha Apriani
5. 071402022 = Andreni Menovita Ginting
6. 071402017 = Fanindia

S.W.O.T ANALISIS PERUSAHAAN NINTENDO

Perusahaan Sejarah Singkat Nintendo

Nintendo Co., Ltd. berpusat di Kyoto, Jepang. Kini menjadi leader di dunia hiburan interaktif. Sampai saat ini Nintendo telah menjual lebih dari satu milyar video game ke seluruh dunia, menciptakan ikon-ikon di industri – siapa juga yang nggak kenal Mario, Donkey Kong, The Legend of Zelda, dan Pokémon? Perusahaan ini juga memproduksi dan memasarkan hardware sekaligus software untuk home video game system-nya yang populer, termasuk seri Game Boy yang menjadi the best-selling video game system di dunia.

Berikut ini perjalanan panjang yang telah dilalui Nintendo. Semulai perusahaan ini bernama Yamauchi Nintendo & Co, lalu berganti nama berkali-kali hingga akhirnya memiliki nama yang seperti sekarang.

1889 : Fusajiro Yamauchi memulai bisnis kecil-kecilan dengan memproduksi dan memasarkan mainan kartu homemade yang disebut Hanafuda. Permainan kartu ini lalu jadi populer di Kyoto dan lama-lama ke seluruh antero Jepang, hingga akhirnya diekspor ke luar negeri pada awal abad ke-20.

1950 : Hiroshi Yamauchi menggantikan kakeknya, Sekiryo Yamauchi (menantu Fusajiro Yamauchi), menjadi presiden di Yamauchi Nintendo & Co.

1953 : Perusahaan ini menjadi pelopor mainan kartu dari plastik pertama yang sukses di Jepang.

1959 : Bekerja sama dengan Walt Disney dalam memproduksi kartu-kartu bergambar karakter Disney, mainan kartu untuk anak-anak.

1963 : Nama perusahaan berubah menjadi Nintendo Co. Ltd. dan mulai mengembangkan game, disamping mainan kartu.

Akhir 1960-an : Nintendo bersaing keras dengan pabrik mainan baru, Bnadai dan Tomy.

1970 : Hiroshi Yamauchi meminta Gunpei Yokoi membuat mainan baru untuk Natal. Terciptalah The Ultra Hand, mainan Nintendo pertama yang laku keras. Selanjutnya Yokoi ‘menelurkan’ mainan-mainan lain, diantaranya puzzle Ten Billion Barrel. A Love Tester, Beam Gun Game, dll. Pada masa ini Nintendo merekrut Shigeru Miyamoto (kreator game-game ikonik Nintendo).

1977 : Berkolaborasi dengan Mitsubishi Electric mengembangkan video game yang dapat dimainkan di rumah. Terciptalah Color TV Game Machine.

1979 : Divisi Coin-operated Games mulai beroperasi. Game arcade pertama Nintendo: Computer Othello. Beberapa tahun kemudian dirilis Donkey Kong dan Mario Bros yang super ngetop.

1980 : Dibuka Nintendo of America Inc. di New York, Amrik. Mulai memasarkan produk baru: GAME & WATCH.

1983 : Berekspansi bisnis dengan mendirikan Nintendo Entertainment Centres Ltd. di Vancouver, Kanada yang mengoperasikan tempat hiburan keluarga. Pada bulan Juli merilis home video game console Famicom (Family Computer) di Jepang. Dalam dua bulan pertama laku terjual 500 ribu unit.

1985 : Famicom didistribusikan di Amrik dengan nama Nintendo Entertainment System (NES). Game-game yang menyertainya, Duck Hunt dan Super Mario Bros. Dua tahun kemudian konsol ini menjadi mainan paling top yang terjual di Amrik, sementara gamenya: The Legend of Zelda menjadi home video game generasi baru yang penjualannya mencapai satu juta kopi.

1988 : Untuk membantu promosi game-game baru, Nintendo menerbitkan majalah Nintendo Power.

1989 : Merilis konsol genggam Game Boy yang disertai game Tetris dan juga sekuel Famicom, Super Famicom.

1991 : Super NES 16-bit dan gamenya, Super Mario World dipasarkan di Amrik.

1992 : Gunpei Yokoi dan tim merencanakan pengembangan Virtual Boy.

1996 : Pada tanggal 23 Juni diluncurkan Nintendo 64, konsol 64-bit pertama di dunia.

1998 : Nintendo memperkenalkan Game Boy Color, Game Boy Camera dan Printer, plus merilis Pokémon, game yang sengaja dikonsepkan khusus untuk Game Boy. Beberapa hari menjelang rilis Game Boy Color di Jepang, Gunpei Yokoi tewas dalam kecelakaan mobil. Rilis game N64, The Legend of Zelda: Ocarina of Time menjadi “The Most Anticipated Video Game Ever”.

2001 : Mario dan Donkey Kong merayakan ultahnya yang ke-20. Nintendo meluncurkan Game Boy Advance (GBA). Pada akhir tahunnya dirilis GameCube (di Jepang: September dan di Amrik: November), yang menjadi the fastest-selling next generation hardware system di Amrik.

2002 : Setelah 52 tahun memimpin Nintendo Co., Ltd., Hiroshi Yamauchi menyerahkan jabatannya pada Satoru Iwata. Pada akhir tahun ini dilaporkan lebih dari 25 juta unit GBA terjual di seluruh dunia.

2003 : GBA ‘didandani’ lagi biar lebih stylish, dengan desain flip-top-nya dan baterai yang dapat di-charge ulang. Muncullah GBA SP. Rilis The Legend of Zelda: The Wind Waker menjadi GameCube tambah tenar. Produk baru Nintendo: GameCube Game Boy Player yang membuat gamer bisa memainkan game-game Game Boy dan GBA di GameCube.

2004 : Konsol genggam baru yang inovatif, dengan dual-screen, kontrol layar sentuh, fitur multiplayer nirkabel, dan kompatibel dengan game-game GBA, diluncurkan. Tahun ini Nintendo DS jadi the hottest item dalam industri game.

2005 : Peluncuran Nintendo Wi-Fi Connection, sehingga kamu bisa main bareng dengan gamer DS lain di seluruh dunia. Residet Evil 4 untuk GameCube terpilih menjadi “Game of the Year”. Membuka toko ritel pertama, Nintendo World, di Rockefeller Center, kota New York.

2006 : Tahun ini diawali dengan peluncuran versi baru DS, DS Lite, dengan layar yang lebih kecil namun tampilan gambar di layar lebih terang/jelas. Reggie Fils-Aime dipromosikan menjadu Presiden dan COO Nintendo of America, Inc. Sedangkan Presiden Tatsumi Kimishima diangkat menjadi Chairman of The Board sakaligus CEO. Membuka Nintendo Korea di Seoul, Korea Selatan. Pada bulan November merilis konsol next-gen terbarunya, Wii.

WII
Konsol generasi terbaru Nintendo ini baru setengah tahun usianya. Sejak dirilis, banyak game keren yang mensuportnya. Diantaranya adalah The Legend of Zelda: Twilight Princess. Menurut sang desainer, Shigeru Miyamoto, inilah game Zelda terbaik. Game ini menampilkan petualangan Link dan Princess Zelda dengan mekanisme gameplay yang baru. Kontroler Nintendo digunakan untuk manuver, target panah dan anak panah, serta gerakan pedang Link.

Red Steel, game FPS yang memanfaatkan Wii remote dan Nunchuck attachment semaksimal mungkin. Bersetting di, player harus menyelamatkan tunangannya yang diculik dan membalaskan dendam kematian calon mertuanya. Game ini menampilkan grafis yang mendetail sesuai dengan kemampuan konsolnya.

Player bertualang di dunia peri dengan magis dalam kisah epik Elebits. Fun banget. Di sini player membuka lemari, menggeser meja, sampai menggangkat rumah untuk mencari dan mengumpulkan mekhluk Elebit yang mungil, serta mengaktifkan mini-game dengan Wii-mote.

Game terbaik lain berasal dari genre racing, Excite Truck. Truk-truk monster yang gede saling mengadu balap. Kemudikan kendaraan ini dengan Wii-mote. Game ini menampilkan visualisasi yang lebih baik dibandingkan game-game racing Wii lain.

Trauma Center: Second Opinion di Wii melanjutkan kesuksesan dari versi DS-nya. Kamu mengontrol dr. Stiles, ahli bedah yang berjuang menyelamatkan nyawa pasien. Game ini mengikuti alur cerita dan misi dari game DS-nya, namun dengan grafis dan animasi yang lebih bagus.

GAMECUBE
Metroid Prime 2: Echoes, Tales of Symphonia, Resident Evil 4, Eternal Darkness: Sanity’s Requiem, dan Animal Crossing merupakan beberapa game terbaik yang dikembangkan untuk GameCube. Nintendo berhasil mengadaptasi game klasik NES dan SNES, Metroid Prime ke dalam versi GameCube berjudul Metroid Prime 2: Echoes. Alur ceritanya lebih menarik daripada game pertamanya, disertai gameplay bernuansa Dark Side.

Tales of Symphonia menampilkan grafis yang indah, gameplay yang panjang, dan plot yang ‘gelap’. Game RPG ini banyak disukai, layaknya serial Final Fantasy di PlayStation atau Fallout II dan Betrayal at Krondor di PC.

Serial yang satu ini memang salah satu jawaranya survival horror, tapi khusus versi GameCube-nya, Resident Evil 4, dinobatkan menjadi The Best Survival Horror di pasaran. Alur cerita yang seru, grafis keren, dan style yang unik.
Sama kayak game-game sebelumnya, Eternal Darkness menceritakan misteri. Tapi yang ini, Sanity’s Requiem, lebih dari sekedar misteri yang bikin takut gamer. Game ini membawamu dalam satu cerita dengan seabrek karakter dalam kurun waktu dua ribu tahun.

Animal Crossing: tanpa alur cerita, tanpa konflik. Kamu hanya harus mendekorasi rumah dan memancing ikan. Game ringan dan lucu! Uniknya, terdapat fitur musim yang riil, misalnya salju pada musim dingin, bunga berkembang pada musim semi, dsb.

N64
Pertengahan dekade 90-an Nintendo beken dengan konsol 64-bitnya, N64. Super Mario 64 merupakan salah satu game andalannya. Ini adalah debut 3D-nya Mario, bertepatan dengan rilisnya N64 tahun 1996. Berkat desainnya yang bagus serta sistem kamera 3D-nya, game ini menjadi Top 25 N64 Games sepanjang masa.

Sama kayak Super Mario 64, The Legend of Zelda: Ocarina of Time juga merupakan seri Zelda pertama dalam format 3D. Game ini digarap selama tiga tahun dengan tim yang beranggotakan lebih dari 200 orang. Memiliki 40 jam gameplay dalam dunia 3D yang memungkinkan player berinteraksi dengan karakter-karakter lain dan sekaligus wajib memecahkan puzzle.
Golden Eye 007 memberikan dampak yang luar biasa pada pengenalan Multiplayer Deathmatch di konsol. Aksi James Bond yang diperankan aktor Pierce Brosnan untuk pertama kalinya ini seru ditonton, asyik juga dimainkan di konsol N64. Pokoknya game ini cool, deh.

Game Action N64 yang keren abis selain Golden Eye 007, Perfect Dark. Game yang ditunggu-tunggu pada masanya (rilis tahun 1999). Sound, kontrol, jumlah opsi, grafis, bahkan framerate-nya di atas rata-rata. Alur cerita yang menarik didukung dengan voice-acting yang pas.

Excitebike 64 merupakan dirtbike racer. Menampilkan 20 trek, meliputi indoor dan outdoor course. Semua bike dan rider berlisensi. Game dengan four-player multiplayer mode dan grafis yang keren ini memang sesuai dengan harapan gamer saat itu.
NES
Serial Mario dan Zelda, yang menjadi ikon Nintendo, so pasti mendominasi di hampir setiap konsolnya. Termasuk Nintendo Entertainment System atau NES. Di Super Mario Bros, Princess Toadstool dari Mushroom Kingdom diculik Bowser, raja dari Koopas. Mario dan Luigi ditugaskan untuk menyelamatkan sang putri sekaligus menciptakan kembali suasana damai di kerajaannya.

Salah satu game yang disukai dan populer sepanjang sejarah game, The Legend of Zelda, mengisahkan penculikan Princess Zelda oleh Ganon. Hanya seorang hero bernama Link yang mampu menolongnya.

Samus Aran dalam Metroid memulai debutnya di konsol ini. Merupakan salah satu game yang pertama kali menggunakan sistem password yang memungkinkan player melanjutkan permainan lagi setelah konsol dimatikan.

Serial Final Fantasy ngetop di kalangan gamer RPG PlayStation, tapi jangan salah game pertamanya muncul di NES. Ceritanya dalam, areanya pun luas untuk dijelajahi. Para hero berkelana melewati pegunungan, berada di kapal selam, stasiun luar angkasa, sampai menembus waktu.

Game buat iseng-iseng, Bubble Bobble. Menyenangkan plus menantang. Lari kesana kemari sambil melompat dan menembaki dinosaurus dalam gelembung udara.

DS
Kart race Mario yang populer di SNES, N64, dan GBA dibuat versi barunya untuk konsol genggam Nintendo terbaru yang stylish banget, DS. Mario Kart DS merupakan online multiplayer mode, didesain agar bisa diakses melalui koneksi wi-fi DS-to-DS atau koneksi nirkabel ke internet. Tahun lalu game edukatif Brain Age: Train Your Brain in Minutes a Day membuat penjualan DS tambah laris manis. Game berisi soal matematika, puzzle, latihan membaca, dan latihan kecerdasan lainnya ini bermanfaat untuk mengasah otak.

Siapa bilang nggak bisa main game misteri di konsol genggam? Hotel Dusk: Room 215 yang dirilis awal tahun ini adalah game mystery adventure yang dipuji banyak gamer. Gamer berperan sebagai mantan polisi, Kyle Hyde, yang pergi ke Los Angeles untuk menemui temannya, yang terakhir kali terlihat di kamar nomor 215.

DS heboh juga ketika Nintendogs pertama kali dirilis tahun 2005. Game simulasi memelihara anjing ini memiliki tiga versi: Nintendogs: Dachshund and Friends, Nintendogs: Chihuahua and Friends dan yang terbaru Nintendogs: Dalmatian and Friends. Tinggal pilih aja mau anjing ras mana.

Game RPG juga asyik dimainkan di DS, apalagi kalo mainin Etrian Odyssey. Map-nya didesain dengan menggunakan stylus, jadi player bisa menggambar dinding, memberi tanda di layar sentuh untuk menandai peti harta karun, pintu, tangga, dll.

GBA
Ini dia konsol genggam paling laris sepanjang sejarah industri game. Beberapa game favorit yang mendukung GBA adalah Wario Ware Twisted, Advance Wars, Final Fantasy VI, Pokémon Ruby/ Sapphire, dan Tony Hawk’s Pro Skater 2.

Wario Ware Twisted wajib dimiliki gamer GBA. Game ini menggunakan teknologi dalam cartridge yang menjadi cikal bakal di Wii Remote. Cartridge game ini memuat sensor yang mampu mengubah GBA menjadi kontroler yang dapat berputar.
Game strategi Famicom Wars di Jepang akhirnya dirilis juga di Amrik, tapi dengan judul Advance Wars dan untuk GBA. Menawarkan strategic gameplay dengan banyak karakter, situasi, dan customization.

Dari beberapa game FF versi GBA, FF III-lah yang merupakan adaptasi terbaik dari versi SNES ke GBA. Tapi, FF VI yang digarap ulang berdasarkan game PlayStation-nya hampir sepuluh tahun lalu, memiliki grafis yang luar biasa indah, soundtrack-nya pun jauh lebih baik, namun gameplay tradisionalnya tetap ada.

Serial Pokémon menjadi ikon gamenya GBA, walaupun belakangan muncul di berbagai platform. Genre-nya pun macam-macam, mau yang RPG, Action, Puzzle, Strategi, Adventure, Racing, lengkap deh. Pokémon Ruby/Sapphire yang paling cool buat gamer GBA.

Tony Hawk’s Pro Skater 2 benar-benar mampu menyajikan look and feel dari game skateboarding action. Sangat mengesankan bagi pengguna handheld, khususnya GBA. Walaupun udah lama dirilis (2001), masih banyak orang suka dan memainkannya.
NINTENDO ICONIC CHARACTERS
Cerita Si Tukang Ledeng

Apa yang muncul di benakmu saat mendengar kata Nintendo?Mario….jelas itu. Ada lagi sejumlah karakter yang identitasnya melekat erat dengan Nintendo. Makanya mereka tepat deh disebut sebagai ikonnya Nintendo. Yuuuuk! (yuli)
Mario
Si tukang ledeng ini pertama kali muncul di game Donkey Kong tahun 1981 dalam konsol NES. Waktu itu masih 2D sprites, sekarang mah Mario udah cakepan. Bersama kakaknya Luigi bertualang di negeri Mushroom Kingdom, meski akhirnya nama Mario jauh lebih terkenal. Dengan tinggi badan 155cm, Mario emang pendek banget untuk ukuran orang bule. Tapi ini toh tak menghalanginya untuk melawan King Bowser yang kerapkali menculik Princess Peach.

Saat muncul di Donkey Kong, doi belum punya nama selain julukan Jumpman. Baru deh dikasih nama Mario sewaktu ia sudah pindah ke arcade. Nama Mario sendiri diambil dari CEO Nintendo of America pada waktu itu, Mario Segale. Penampilan pertamanya saat diciptakan Shigeru Miyamoto juga nggak jauh berubah dari penampilannya sekarang ; pake topi merah, kumis tebal, pipi tembem dan pake celana model overall. Bajunya berubah pertama kali di Super Mario Bros 2, kalo sebelumnya overallnya warna merah dengan kaos biru, berubah menjadi overall biru dengan kaos merah, sampai sekarang. Tadinya nih Miyamoto nggak mau tuh Mario pake topi, tapi beliau kesulitan menggambar gaya rambut yang pas buat Mario. Ya udah daripada susah-susah dipakein topi aja.

Serial game Mario sudah terjual lebih dari 190 juta copy, membuat Mario menjadi the most famous character dalam sejarah video game, sekaligus sebagai best-selling video game sepanjang masa. Tidak hanya muncul dalam game, tapi juga film teve, komik, film layar lebar yang diperankan oleh Bob Hoskins, dalam sejumlah merchandise, iklan mulai permen sampai sampoo. Sebuah survey yang diterbitkan tahun 1990 menyatakan sebuah hasil yang cukup mengejutkan pada waktu itu, bahwa anak-anak di seluruh dunia jauh lebih mengenal dan menyukai Mario dibanding Mickey Mouse. Wow!!! Mario lah karakter game pertama kali yang diberi kehormatan untuk dibuat patung lilinnya di Hollywood Wax Museum tahun 2003. Mario resmi menjadi official mascot of Nintendo sejak tahun 1982.

Pokemon
Setelah Mario, barangkali Pokemon yang menandai kesuksesan besar untuk Nintendo serta menjadi game yang paling fenomenal di dunia.Diciptakan oleh Satoshi Tajiri sekitar tahun 1995, aslinya dirilis untuk bermain antar GameBoy, sampai akhir 2006 kemaren, penjualan game Pokemon mencapai 155 juta kopi. Selain game, Pokemon muncul dalam berbagai bentuk, ada film, anime dan Manga

Pokemon berasal dari kata Pocket Monster karena memang player mesti mengumpulkan beratus jenis spesies monster. Namun sebenernya kalo diterjemahin yang asli artinya adalah “Gotta catch ’em all!,”.

Pokemon sudah sampai generasi yang keempat nih. Generasi pertama berjudul Pokemon Red and Green untuk GameBoy, rilis hanya di Jepang. Pokemon pertama kali rilis untuk luar Jepang baru bulan September 1998 dengan judul Pokemon Red and Blue. Pokemon Diamond and Pearl adalah generasi ke empat rilis tahun 2006 di Jepang untuk Nintendo DS dan baru bulan April 2007 lalu rilis untuk versi Amerika. Dalam generasi terbaru ini membawa 107 spesies baru, dimulai dari Turtwiig berakhir dengan Arceus, jadi total semuanya ada 493 monster. Oh ya kalo ngomogin Pokemon, pasti deh orang-orang berpikir Pikachu. Padahal kan Pikachu adalah salah satu monster dari 493 jenis yang ada dalam Pokemon tapi justru dialah yang paling terkenal.

Meskipun Pokemon banyak menuai kritik, apalagi ada kasus tahun 1997 dimana hampir 600 anak di Jepang terkena serangan epilepsi mendadak akibat menonton Pokemon yang memancarkan sinar berpola biru dan merah. Namun Pokemon terlanjur menjadi sebuah fenomena besar, bahkan dianggap salah satu ikon budaya pop masa kini.

The Legend of Zelda
Begitu liat judul game itu, pasti langsung deh ke satu tokoh karakter utamanya, yaaa yaaa si Link. Satu lagi karakter ciptaan pak Miyamoto. Beliau terinspirasi dengan seorang anak muda yang tinggal di perbukitan di sekitar rumah masa kecilnya Miyamoto di Kyoto.Beliau bercerita salah satu kenangan yang paling tak terlupakan adalah petualangannya menyusuri gua-gua di dalam hutan di desanya dengan penerangan lampu. Kenangan inilah yang dituangkannya dalam Zelda. Perhatiin deh, Link memang banyak bereksplorasi gua.

Sementara nama Zelda sendiri diambil dari istri F.Scott Fitzgerald (novelis terkenal dari Amerika). Menurut Miyamoto nama tersebut terdengar menyenangkan. Dalam serial Legend of Zelda, tugas Link boleh dibilang hampir selalu menyelamatkan Princess Zelda. Digambarkan meskipun Link masih muda, tapi ia sangat berani, rendah hati, aktif dan energik. Uniknya, Link ini kidal.

Sampai serial terakhir yang rilis November 2006 lalu, The Legend of Zelda : Twilight Princess, secara keseluruhan serial Legend of Zelda terjual 47 juta kopi di seluruh dunia. Angka yang cukup hebat kan. Serial terbaru The Legend of Zelda : Phantom Hourglass akan rilis tahun ini untuk Wii.
Summary
Nintendo adalah pelopor konsol 8 bit pertama di dunia yang akrab kita kenal dengan sebutan NES(Nintendo Entertainment System) / SPICA. Kepopuleran game Super Mario Bros(karakter utamanya Mario sekarang telah menjadi maskot Nintendo ) seolah – olah menyihir seluruh anak di dunia untuk beranggapan Nintendo adalah barang elektronik wajib di setiap rumah mereka. Perilisan game Legend of Zelda semakin memperkuat posisi Nintendo sebagai pemimpin di dunia konsol game. Game lain yang juga menjadi hits di masa keemasan konsol NES diantaranya adalah Pikmin, Contra, dan Final Fantasy(yang kini telah menjadi game JRPG terpopuler di seluruh dunia). Konsol Nintendo berikutnya kita kenal sebagai SuperNES(Super NINTENDO) dan menjadi predikat konsol 16 bit pertama di dunia. Ketenangan Nintendo mulai terganggu saat konsol buatan SEGA yaitu Sega Genesis yang tengah naik daun diantara kalangan gamer mulai mengancam posisi Nintendo sebagai pemimpin di dunia konsol game rumahan. Strategy Nintendo untuk memikat pasar anak – anak dengan game pokemon mereka sekali lagi mengukuhkan posisi mereka sebagai pemimpin di dunia konsol game walaupun mereka tidak menang mutlak kali ini dari competitor mereka SEGA. Posisi Nintendo semakin goyah ketika di tahun 1994 Sony memutuskan merilis konsol 32 bit game 3 Dimensi pertama di dunia yang pertama kali menggunakan CD(Compact Disc sebagai medianya) dan kali ini Nintendo terpaksa tersingkir dari singgasananya digantikan oleh Sony Playstation. Nintendo mencoba merebut posisinya kembali di tahun 1996 dengan meluncurkan Nintendo 64 yang diklaim sebagai konsol 64 bit pertama di dunia(Mempunyai kemampuan 2x lipat dibandingkan dengan Sony Playstation) namun masih menggunakan cartridge yang mempunyai kapasitas penyimpanan lebih rendah dari CD yang pada akhirnya gagal mengambil kembali posisi mereka sebagai pemimpin di dunia konsol game. Pada tahun 2002 Nintendo merilis Nintendo Gamecube sebagai tandingan Sony Playstation 2 yang diluncurkan 1 tahun lebih dulu dari Gamecube. Kemampuan Gamecube yang 2x lipat lebih hebat dari PS2 nampaknya masih kurang mampu menarik perhatian para gamer di seluruh dunia dan hal ini terbukti dengan Gamecube yang menduduki posisi 3 sesudah Microsoft XBOX dan Sony PS2. Angin segar mulai mendatangi Nintendo dimulai saat peluncuran konsol game genggam Nintendo DS pada tahun 2004 yang Inovatif dengan 2 layar + fitur touchscreen dan mampu menarik pasar game casual dan non gamer untuk memainkannya, Nintendo DS adalah berkah tak ternilai bagi Nintendo dan NDS masih memimpin sebagai konsol genggam nomor satu di dunia sampai saat ini di dunia. Ditahun 2006 Nintendo mengeluarkan konsol Next Gen pertamanya di dunia yang di sebut Nintendo Wii sebagai respon mereka terhadap perilisan PS3 dan XBOX 360. Revolusi controller dengan fitur motion sensing yang mampu menerjemahkan gerakan controller kedalam game mampu menyedot pasar game casual secara pasti dan mulai membuka jalan bagi Nintendo untuk mengambil kembali posisi mereka sebagai nomor satu. Satu tahun peluncuran Wii Nintendo akhirnya berada di posisi 1 sebagai pemimpin di dunia konsol game rumahan dengan Wii dan konsol genggam dengan NDS nya.

Strength

1. Nintendo memiliki hak eksklusif game 1st party mereka seperti Mario series, Zelda Series, Pokemon Series, dan Pikmin yang selalu dinanti perilisan sekuelnya. Empat game ini seolah – olah sudah dipastikan menjadi hits.
2. Salah satu pelopor konsol game rumahan paling laris di dunia sehingga lebih mudah dipercaya oleh consumer baru.
3. Wii memiliki fitur motion sensing controller dimana bisa menerjemahkan gerakan tangan yang mengendalikan Wiimote dan Nunchuck(Controller Wii) kedalam game.Game Wii sports menjadi the hottest game of the year tahun 2006.
4. Nintendo DS memiliki fitur 2 layar dan fitur touchscreen yang sebelumnya hanya ada di PDA. Tak disangka penambahan ini malah membuat gameplay game DS menjadi lebih sederhana dan menarik. Brain Age adalah judul game yang mampu menyedot gamer dari kalangan anak – anak samapai kakek dan nenek.
5. Wii adalah konsol next gen dengan harga paling murah di banding kompetitornya.
6. DS juga dijual dengan harga yang terjangkau di kelasnya

Weakness

– Sebagai konsol Next-Gen, Grafis Wii tergolong kalah dibanding para pesaingnya sehingga kurang cocok bagi gamer kalangan hardcore.
– Nintendo DS lebih banyak memiliki game – game untuk anak – anak dan pasar casual sehingga kualitas graphic dikesampingkan.
– Tingkat penjualan software game 1st Nintendo yang lebih laku dari software 3rd party seperti Super Mario Bros, Zelda, dan Pokemon menutup jalan untuk penjualan developer game 3rd party yang ingin menembus pasar game. Hal ini berdampak dengan banyaknya developer 3rd party yang berhenti mengembangkan game pada platform Nintendo.

Oppurtunity

Nintendo membidik pasar casual gamer yang lebih luas dengan Nintendo DS dan Nintendo Wii mereka.

Gamer dibagi menjadi 3 macam:

1. Hardcore gamer, jenis gamer yang selalu mengejar kepuasan batin dengan selalu mengikuti perkembangan konsol game terbaru dan kesempurnaan grafik.
2. Mainstream gamer, jenis gamer yang membeli konsol game apabila sudah banyak yang membelinya.
3. Casual gamer, jenis gamer yang memainkan game apabila ada waktu senggang dan teman di sampingnya hanya untuk fun.

Nintendo membidik gamer nomor tiga sebagai pasarnya dan jumlahnya paling banyak diantara ketiganya.

Threats

Saat ini ada tiga raksasa konsol game yaitu Nintendo, Microsoft XBOX, Sony.

PS3 saat ini masih menyandang predikat sebagi konsol next gen termahal. Namun XBOX 360 semakin menyempurnakan hardware mereka sehingga efisiensi komponen bisa lebih di minimalisir yang membuat harga XBOX 360 semakin turun dari tahun ke tahun. Dengan kemampuan high definition dan harga yang sudah di taraf $ 300 dan ditahun 2009 direncanakan akan sampai ketaraf $199 bisa dipastikan posisi Wii akan diganggu oleh ancaman ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s