PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN TEKNIK DAN EKONOMI TIF-201 TUGAS BESAR


PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN TEKNIK DAN EKONOMI TIF-201
TUGAS BESAR
UMUM
mail me man :vaskotpl07@yahoo.com
 Tugas ini dikerjakan dalam bentuk kelompok yang terdiri dari 10 kelompok yang akan terbentuk.
 Tugas ini akan dikumpulkan pada tanggal 17 November 2008, di ruang kelas pada saat mata kuliah ini
berlangsung
 Tugas ini secara umum terdiri dari dua bagian besar, tugas dalam bentuk laporan dan presentasi laporan yang
dibuat.
 Tugas ini bersifat wajib, masing-masing mahasiswa yang tidak membuat tugas besar ini direkomendasikan
untuk tidak mengikuti ujian akhir.
 Tugas ini bernilai 25% dari total penilaian pada mata kuliah ini.
ISI TUGAS
Buatlah sebuah business plan (adalah suatu dokumen tertulis yang menggambarkan secara sistematis suatu
bisnis/usaha yang diusulkan) yang mungkin ataupun dapat dilaksanakan dalam kurun waktu 1 tahun dalam jenis
bisnis apapun, dan memiliki strategi bisnis selama 1 tahun ke depan berawal dari bisnis itu dimulai. Adapun isi dari
business plan tersebut adalah :
1. Executive Summary
 ringkasan yang menjadi titik perhatian (highlight) perencanaan bisnis. ditulis setelah dokumen perencanaan
bisnis selesai dibuat
 tujuan : memberikan gambaran perencanaan bisnis pengusul kepada ‘pembaca’.
 Harus jelas, tepat dan singkat (maks 2 hal)
 Mengungkapkan: mengapa direncanakan/bergelut di bidang ini, cara mengimplementasikan, dan
keinginan-keinginan yang hendak kita capai.
2. Peluang dan Tawaran
 Menggambarkan peluang yang ada dlm bisnis yg diusulkan :
o sebutkan permasalahan yang ada pada saat ini dan gambarkan produk/jasa yang berpeluang
untuk menjawab permasalahan tersebut.
 Menggambarkan daerah kegiatan (lokal, nasional, internasional) yang berpotensi/menjadi target disertai
alasannya
 Menjelaskan apa yang diharapkan dari investor/mitra kerja dan apa yang ditawarkan pada investor/mitra
kerja sebagai balasannya.
3. Produk / Jasa
 Deskripsi Produk :
o Memberikan penjelasan singkat mengenai ‘produk/jasa’ yang ditawarkan.
o Penjelasan sesederhana mungkin tetapi cukup jelas bagi orang awam, karena investor/mitra kerja
mungkin tidak memahami produk yang ditawarkan.
 Produk Features (Keunggulan Produk)
o Menjelaskan keunggulan produk yang ditawarkan dibandingkan dengan yang telah ada di pasaran.
 Penghargaan & Pengakuan
 Bukti nyata dari keunggulan produk/jasa yang ditawarkan, contoh :
o patent
o hasil uji coba oleh pihak ‘independent’ / perusahaan lain.
4. Latar Belakang Organisasi / Perusahaan
 Memperlihatkan organisasi yang akan menjalankan kegiatan/bisnis ini
 Memperkenalkan kapabilitas organisasi di bidang yang ditawarkan
 Konsep bisnis
o Gambarkan secara ringkas konsep kegiatan yang akan dijalankan, apa tujuan dan sasarannya
serta bagaimana mencapainya.
5. Analisa Kondisi/ Analisis Pasar
 Perlu dianalisa perubahan yang terjadi di pasar, para key players, leadership, harga dan biaya, atau
kompetisi yang terjadi dalam rencana kegiatan /bisnis ini. Analisis yang dilakukan harus selengkap mungkin
sehingga secera jelas memberikan gambaran pada pengusul sendiri / investor mengenai potensi dan
peluang pasar (potensial market, market niche) untuk produk yang ditawarkan.
 Analisis meliputi :
o Trend (Kecenderungan);
apa yg berubah dalam lingkungan sekitar?
bagaimana perubahan ini berdampak pada rencana kegiatan / bisnis ?
Bisa dilihat dari aspek :
 Politik/legalitas : Resiko politis; regulasi/ deregulasi
 Teknologi : Teknologi baru di bidang-bidang terkait
 Sosial : Nilai budaya, populasi dunia, usia pend. dll
 Ekonomi : Pertumbuhan ekonomi; perdagangan nasional/internasional ; globalisasi dll
 Lingkungan : sumber daya alam; migrasi flora-fauna; pemanasan global dll
o Market need (Kebutuhan Pasar);
 menggambarkan secara jelas kebutuhan pasar akan produk/jasa yang ditawarkan
 menggambarkan ‘market niche’ dari produk/jasa yang ditawarkan
o Peluang dan Potensi Pasar
 Potensi Pasar
Seberapa banyak produk/ nilai barang yang dibutuhkan pasar
 Peluang Pasar
Sesuatu yang lebih baik dibandingkan dgn ‘produk’ yang telah ada
o Competitor Analysis (Analisa Pesaing);
 Berapa pesaing yang ada?
 Apa kekuatan dan kelemahan mereka?
 Apa yang mendorong kompetisi?
 Apa yang menjadi andalan mereka ?
o SWOT Analisis
o Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing);
Elemen-elemen keunggulan bersaing
 potensi keunggulan bersaing : keahlian, teknologi, sumber daya dll
 posisi keunggulan bersaing : kapan, dimana dan bagaimana kita bersaing
 kinerja yang dihasilkan : kepuasan, loyalitas, market share, keuntungan
6. Formulasi Stategi
 Dari hasil analisa situasi diatas, perlu diformulasikan suatu strategi yang akan dilakukan dalam bidang
pemasaran, produksi dan pembiayaannya yang dijabarkan dalam Rencana Pemasaran, Rencana Produksi
dan Pembiayaan.
 Perencanaan strategis dimulai dengan penentuan tujuan.
 Tujuan/sasaran menyatakan apa yang akan diraih & kapan hasil dapat diperoleh.
 Strategi menyatakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
7. Production Plan (Rencana Pengembangan & Produksi)
Memberikan penjelasan pemikiran bagaimana rencana pengembangan produk (dari saat ini) sampai ke tahap
produksi akan dilakukan.
8. Marketing Plan (Rencana Pemasaran)
Memberikan penjelasan bagaimana rencana produk dipasarkan, tahap apa yang akan dilakukan untuk
memasarkan produk, metoda yang dipakai dsb.
 Market size dan Struktur
 Target market
 Target Audience
 Future target market and Opportunities
 Promotional Plan & objectives
 Sales Forecast
9. Financial Plan
 Memberikan penjelasan mengenai kebutuhan modal, biaya produksi, biaya lain yang dibutuhkan, cash flow,
besarnya return (IRR), dan NPV dari pendanaan yang akan dikeluarkan.
 Harus dikemukakan asumsi-asumsi yang digunakan dalam perhitungan
 Perlu mempertimbangkan beberapa skenario kejadian (best, worst case, dll)
10. Analisa Resiko
 Resiko : Gambarkan resiko yang mungkin terjadi
 Penanggulangan resiko : sebutkan bagaimana resiko tersebut akan ditangani
11. Action Plan
 Menggambarkan secara sistematis kegiatan/usaha yang harus dilakukan (termasuk jadwal kerja dll)
 Harus diperhitungkan kebutuhan-kebutuhan yang perlu dipenuhi, mis :
o Technology; Personnel ; Resource (financial, distribution, promotion,etc); External (products/
services / technology required to be purchased outside company)
o Apa isu-isu penting yang harus diselesaikan
12. Dokumen Pendukung
 Sebutkan dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan
 Referensi
 Lampiran-lampiran
TATACARA LAPORAN
 Laporan tugas di ketik dalam word dengan ukuran kertas A4, font 10, jenis arial, variasi dapat dilakukan dengan
tidak mengurangi isi laporan. Laporan dianjurkan dilengkapi dengan foto-foto, bagan atau flow chart pendukung
isi.
 Laporan di bagi dalam berbagai bab, adapun minimal bab yang harus ada sebagai berikut:
o kata pengantar
o daftar anggota kelompok dan tanda tangan anggota
o daftar isi, gambar, table
o Executive summary
o bab isi (bab isi dapat terdiri dari beberapa bab sesuai dengan pembahasan yang ada diatas)
o bab penutup
o daftar pustaka
o lampiran (berisikan referensi dan sebagainya)
 Laporan di print di kertas A4 dan dijilid dengan plastik di muka dan di belakang.
 Laporan di burn dalam sebuah CD dan di lampirkan pada print-an laporan. Seluruh file-file yang ditampilkan
dalam print-an laporan harap dimasukkan ke CD.
TATACARA PENILAIAN
Adapun tatacara penilaian dapat dilihat di bawah ini:
1. Kesesuaian pemilihan kasus dengan dengan tugas yang diberikan
2. Bentuk dan tampilan laporan
3. Isi dan kedalamaan analisa tugas dalam laporan
4. Bentuk, isi dan tampilan presentasi laporan
5. tatacara dan isi presentasi dari para presenter
6. attitude, kekompakan dan sistem kinerja organisasi tim tugas baik dalam membuat laboran dan presentasi
1 2 3 4 5 6
5% 10% 50% 10% 20% 5%
total penilaian adalah 100 point
TATACARA PENGUMPULAN LAPORAN
 Tugas dikumpulkan pada tanggal 17 November 2008 di ruang kelas sesuai dengan ketentuan yang ada.
 Tugas yang dikumpulkan melebihi tanggal 18 November 2008, setiap harinya akan dikurangi 5 point setiap
harinya, misalnya jika tugas dikumpulkan pada tanggal 18 November 2008, akan dikurangi 5 point, jika tugas
dikumpulkan pada tanggal 19 November 2008 akan dikurangi 10 point.
TATACARA PRESENTASI
 Setelah presentasi, bahan presentasi harap dicopy-kan kepada dosen mata kuliah ketika presentasi
dilaksanakan.
 Presenter harus berpakaian rapi dan sopan, tidak menggunakan sandal.
 Kelas harus mempersiapkan seluruh pendukung presentasi seperti infocus, laptop dan materi presentasi dari
masing-masing kelompok yang telah di copy-an di sebuah laptop, diharapkan untuk tidak menggunakan laptop
terpisah untuk masing-masing kelompok untuk tidak mengurangi waktu presentasi yang ada.
 Masing-masing kelompok akan mempresentasikan bahan tidak lebih dari 10 menit, dalam presentasi tersebut
disediakan waktu kurang lebih 7 menit untuk mempresentasikan bahan yang ada dan 3 menit untuk menjawab
pertanyaan.
PENANGGUNGJAWAB TUGAS
M. ANGGIA MUKHTAR, ST, MMIT

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s