soal arsitektur komputer


Normal
0

false
false
false

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

Tugas Arsitektur
Komputer

 

 

1. Soal Bab 7 no 7.7

In the VAX computer, user page tables are located at virtual
addresses in the system space. What is the advantage of having user page tables
in virtual rather than main memory? What is the disadvantage?

Jawabannya

Manfaatnya
: Dalam arsitektur VAX, setiap proses dapat memiliki virtual memory sampai 231
= 2 GByte. Dengan memakai 29 = 512 byte halaman, maka berarti akan
diperlukan sebanyak 222 entry page table per proses. Jelas, jumlah
memori yang disediakan ke page table itu sendiri akan sangat besar. Untuk
mengatasi masalah in, maka page table disimpan di virtual memory. Jadi itulah
manfaatnya.

Kelemahannya
: Karena page table terdapat di virtual memory maka akan dibutuhkan tambahan
waktu untuk melakukan swap in dan swap out terhadap page table sehingga waktu
penyelesaian proses menjadi lebih lama.

 

 

2. Soal Bab 8 no 8.5

Find the following differences using two’s complement
arithmetic:

a.    111000           b.   11001100              c.  111100001111       d.
11000011

   
 -110011                    101110                  110011110011        
11101000

 

Jawabannya

  1. 111000
    – 110011 = 000101

Bila diubah dalam bentuk desimal
maka operasi aritmatika di atas adalah

-8 – (-13) dan hasilnya adalah 5.

  1. 11001100
    – 101110 = 11001100 – 11101110 = 11011110

Bila diubah dalam bentuk decimal
maka operasi aritmatika di atas adalah

-52 – (-18) = -34

  1. 111100001111
    – 110011110011 = 001000011100

Bila diubah dalam bentuk decimal
maka operasi aritmatika di atas adalah

-241 – (-781) = 540

  1. 11000011
    – 11101000 = 11011011

Bila diubaha dalam bentuk decimal
maka operasi aritmatika di atas adalah

-61 – (-24) = (-37)     

 

3. Tugas merangkum artikel tentang desain komputer

 

Sumber :http://en.wikipedia.org/wiki/Addressing mode

Addressing Mode

Dalam programming addressing mode
merupakan pokok perhatian bagi penulis compiler dan programmer yang menggunakan
bahasa assembly. Addressing mode sangat berkaitan dengan desain CPU dan
arsitektur komputer.

Addressing mode membentuk
arsitektur set instruksi untuk beberapa tipe CPU. Beberapa bahasa mesin
memerlukan penunjuk ke alamat operand dalam memori. Addressing mode
mengkhususkan untuk menghitung alamat memori efektif dari operand dengan
menggunakan informasi yang terdapat pada register yang mengandung instruksi
mesin.

Perbedaan arsitektur yang semakin
banyak sekarang ini diantara penyebabnya adalah untuk menyediakan addressing
mode yang berbeda-beda. Arsitektur komputer yang menggunakan sedikit addressing
mode akan berbeda dengan arsitektur komputer untuk yang menggunakan banyak
addressing mode.

Addresing mode berdasarkan jenis
datanya terbagi menjadi dua yaitu addressing mode untuk kode instruksi dan
addressing mode untuk data. Berikut adalah addressing mode untuk kode
instruksi:

Absolute

   +----+------------------------------+
   |jump|    28-bit address            | 
   +----+------------------------------+

Pada mode pengalamatan ini
effective address = alamat yang diberikan dalam instruksi.

Program relative

   +------+-----+-----+----------------+
   |jumpEQ| reg1| reg2|  16-bit offset |    jump relative if reg1=reg2
   +------+-----+-----+----------------+

Pada mode pengalamatan in
effective address = offset plus alamat pada instruksi berikutnya.

Offset biasanya merupakan
bilangan yang terletak pada deret -32768 sampai +32767. Ini sangat bermanfaat
dalam kaitannya dengan jump kondisi, karena kita biasanya ingin pindah ke
instruksi yang berdekatan. Keuntungan lainnya adalah kode akan bersifat tidak
bergantun kepada posisi, yaitu kode dapat dimuatkan di mana pun dalam memori
tanpa perlu untuk mencocoki suatu alamat tertentu.

 Register indirect

   +-------+-----+
   |jumpVia| reg | 
   +-------+-----+

Pada mode pengalamatan ini
effective address = isi dari register

            Sedangkan
untuk addressing mode untuk tipe data ada beberapa jenis di antaranya adalah
sebagai berikut :

Register

   +------+-----+-----+-----+
   | mul  | reg1| reg2| reg3|      reg1 := reg2 * reg3;
   +------+-----+-----+-----+

Mode pengalamatan ini tidak
mempunyai effective address, dan tidak dianggap sebagai mode pengalamatan pada
beberapa komputer.

Dalam contoh ini, seluruh operand
berada dalam register-register, dan hasil ditempatkan dalam sebuah register.

Base plus offset, and variations

   +------+-----+-----+----------------+
   | load | reg | base|  16-bit offset | 
   +------+-----+-----+----------------+

Pada mode pengalamatan ini
effective address = offset plus isi dari base register.

Offset is biasanya berada dalam
range -32768 to +32767.

Jika offset nol, ini menjadi sebuah
contoh register indirect addressing; effective address hanya terletak dalam
base register.

Immediate/literal

   +------+-----+-----+----------------+
   | add  | reg1| reg2| 16-bit constant|    reg1 := reg2 + constant;
   +------+-----+-----+----------------+

Di dalam mode pengalamatan
ini  tidak mempunyai effective address,
dan tidak dianggap sebagai mode pengalamatan pada beberapa komputer.

Constant akan bertipe  signed (range -32768 to +32767) atau  unsigned (range 0 to 65535).

Walaupun menggunakan operand dari
memori, nilai operand di jaga juga dalam instrusksinya. Pada mesin DEC VAX ,
ukuran operand dapat  6, 8, 16, or 32
bit.

Di samping mode pengalamatan
untuk data tersebut di atas terdapat juga mode pengalamatan untuk data yang
lainnya di antaranya adalah sebagai berikut :

 

Absolute/Direct

   +------+-----+--------------------------------------+
   | load | reg |  32-bit address                      | 
   +------+-----+--------------------------------------+

Effective address = address yang
diberikan dalam instruksi.

Indexed absolute

   +------+-----+-----+--------------------------------+
   | load | reg |index|  32-bit address                | 
   +------+-----+-----+--------------------------------+

Effective address = address plus
isi dari index register.

Base plus index

   +------+-----+-----+-----+
   | load | reg | base|index| 
   +------+-----+-----+-----+

Effective address = isi dari base
register plus isi dari index register

Base plus index plus offset

   +------+-----+-----+-----+----------------+
   | load | reg | base|index|  16-bit offset | 
   +------+-----+-----+-----+----------------+

Effective address = offset plus
isi dari base register plus isi dari index register.

Scaled

   +------+-----+-----+-----+
   | load | reg | base|index| 
   +------+-----+-----+-----+

Effective address = isi dari base
register plus isi dengan skala dari index register.

Register indirect

   +------+-----+-----+
   | load | reg | base| 
   +------+-----+-----+

Effective address = isi base
register.

Register autoincrement indirect

   +------+-----+-----+
   | load | reg | base| 
   +------+-----+-----+

Effective address = isi of base
register.

Autodecrement register indirect

   +------+-----+-----+
   | load | reg | base| 
   +------+-----+-----+

Sebelum menentukan effective
address, niali dalam base register dikurangi dengan ukuran data item yang
diakses.

Effective address = isi dari base
register yang baru.

Kesimpulan :

1.     
Mode
pengalamatan (addressing mode) berdasarkan tipe datanya dibagi menjadi dua
yaitu addressing mode untuk kode instruksi dan addressing mode untuk data.

2.     
Terdapat
banyak mode pengalamatan pada komputer untuk data dan instruksi yang
masing-masing akan berbeda dalam segi memanfaatkan komponen/hardware sehingga
akan menimbulkan perbedaan dalam hal kecepatan proses.

3.     
Pengetahuan
tentang mode pengalamatan sangat penting terutama untuk hal-hal yang berkaitan
dengan desain CPU, arsitektur komputer, pembuatan kompiler, dan pemrograman
dengan bahasa assembly.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s