arah kanal transmisi server


Arah Kanal Transmisi

karya “:vasko edo minter gultom”:

Kanal transmisi di sini dapat diartikan sebagai sebuah pipa yang menghubungkan dua unit alat untuk mengirimkan datanya. Bagaimana sebuah kanal antar dua unit alat tersebut dapat mengirimkan informasi ditinjau dari arah yang dimungkinkan untuk digunakan pada saluran tersebut.

Dengan adanya kanal atau saluran antar dua unit perangkat, memungkinkan perangkat tersebut untuk berkomunikasi dengan satu arah atau dua arah. Arah transmisi pada kanal dikategorikan, sebagai berikut:

Simplex

Arah transmisi simplex ini disebut juga dengan istilah one way transmission, dimana dengan simplex ini transmisi hanya bisa dilakukan satu arah saja. Contoh penggunaan teknologi ini adalah dalam proses pengiriman sinyal yang dilakukan oleh stasion radio atau televisi.

Dengan teknologi arah transmisi simplex ini penerima hanya bersifat pasif dan tidak bisa memberikan respon terhadap siapa yang mengirimkan sinyal yang dia terima.

Half Duplex

Disebut juga dengan istilah either way transmission. Transmisi bisa dilakukan dalam bentuk dua arah, namun tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Fungsi mengirim dan menerima dari dua unit perangkat harus dilakukan secara bergantian. Walkie-talkie adalah contoh half duplex ini. Bila seseorang berbicara, dia tidak dapat berbicara sambil mendengarkan.

Full Duplex

Full duplex disebut juga dengan both way transmission. Merupakan komunikasi dua arah yang dapat dilakukan secara bersamaan. Pada saat komunikasi terjadi, masing-masing unit yang berkomunikasi dapat melakukan pengiriman dan penerimaan data sekaligus. Contoh penggunaan teknologi dengan full duplex ini adalah pada telpon yang anda gunakan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s